BAGIKAN
KRL Seri SR1 milik Shinano Railway sebagai KRL Biasa (Shinano Railway)

Kamis (28/2), operator kereta api (KA) daerah Shinano, Shinano Railway, mengumumkan desain dari kereta baru yang akan diberi kode seri SR1. Kereta Rel Listrik (KRL) yang dipesan untuk menggantikan seri 115 ini sendiri mengambil dasar dari seri “Sustina” seperti KRL seri JR E129 milik JR East. KRL yang diberi nama “Shinano Railway 1” berarti “Awal dari sejarah baru” dan “Original”. KRL ini memiliki 2 model yaitu Standar dan Liner.

Interior KRL Seri SR1 milik Shinano Railway sebagai KRL Biasa (Shinano Railway)

Desain KRL ini ditentukan dalam sebuah kompetisi. Pada desain rangkaian biasa, KRL ini memiliki livery merah yang melambangkan semangat dan kehangatan dari karyawan ke penumpang. Lalu livery-nya juga dilengkapi dengan garis emas berarti sikap yang baik dan tantangan yang akan dihadapi di masa depan. Warnanya ini diwarisi dari seri 115. Bagian interiornya sendiri memiliki warna abu-abu atau merah dengan corak di permukaannya serta warna kayu tipis di dinding kereta.

KRL Seri SR1 milik Shinano Railway sebagai KRL Liner (Shinano Railway)

Sedangkan di kereta “Liner”, desainnya menggambarkan angin Shinshu dan pemandangan dari daerah Shinano. Warna eksteriornya terdiri dibalut warna Biru Royal dan Emas Sampanye yang menunjukan kemewahan bagi wisatawan yang menaiki kereta ini. Kereta ini juga memiliki 4 garis emas yang terdapat di samping kereta. Interiornya sendiri terdapat kursi yang dapat diubah menjadi kursi panjang seperti KRL biasa maupun berkonfigurasi 2-2 seperti kereta liner pada umumnya. Corak kursi dari KRL ini pun menggambarkan apel sebagai produk utama dari Shinshu, ditambah lantainya berwarna cokelat kayu. Selain itu juga terdapat logo yang melambangkan 11 kota dari Prefektur Nagano yang terdapat di depan maupun di samping kereta.

Interior KRL Seri SR1 milik Shinano Railway sebagai KRL Liner (Shinano Railway)
Advertisement Inline

Fasilitas seperti toilet, pintu otomatis, informasi perjalanan pun tersedia lengkap dengan tambahan Bahasa Inggris. Namun, fasilitas tambahan seperti kursi reclining, WiFi, stopkontak, dan meja kecil hanya tersedia di rangkaian Liner.

Logo KRL Seri SR1 milik Shinano Railway sebagai KRL Liner (Shinano Railway)

Produksinya sendiri ditangani oleh J-TREC dan ditargetkan sebanyak 26 rangkaian kereta (52 kereta) yang mulai diproduksi dari tahun ini sampai tahun 2026. Tiga set “liner” di antaranya akan ditampilkan tahun dan akan dijadikan set awal untuk membantu promosi pariwisata daerah. Sedangkan set kereta biasa akan ditampilkan pada Maret 2020 dan akan terus bertambah sampai dengan tahun 2026. Pada pagi dan sore hari, kereta ini akan direncanakan berjalan sebagai komuter sekolah seperti “Shinano Sunrise” dan “Shinano Sunset”. Dan pada waktu liburan akan direncanakan beroperasi sebagai “Karuizawa Liner Resort” untuk pariwisata.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.