© Minori

Pada akhir bulan Februari 2019 lalu, industri novel visual Jepang sempat dihebohkan dengan kabar ditutupnya studio minori. Studio yang terkenal dengan karya-karya novel visual seperti ef Series hingga eden* telah resmi ditutup dan berhenti produksi pada tanggal 28 Februari 2019 lalu, akibat sejumlah masalah.

Melalui akun Twitternya, sutradara anime ternama Makoto Shinkai turut angkat bicara mengenai ditutupnya minori. Ia menyampaikan rasa terima kasih dan rasa sedihnya atas hal yang terjadi dengan Minori.

Advertisement Inline

Makoto Shinkai yang terkenal dengan film-film anime seperti 5 Centimeters Per Second hingga your name. sendiri sebelumnya memang sebelumnya pernah bekerja bersama minori. Selama bekerja bersama Minori, ia turut andil dalam menggarap video pembuka dari sejumlah novel visual minori seperti Bittersweet Fools, Haru no Ashiato, ef – the first tale, hingga ef – the latter tale. Studio minori pernah jadi bagian dari CoMixWave dan memutuskan untuk berpisah pada 2007. Seri ef yang pertama ini dirilis pada 22 Desember 2006.

Baca juga:

Ini Dia Lima Proyek Makoto Shinkai yang Jarang Dikenal Orang

Studio minori sendiri hingga tahun 2007 pernah menjadi bagian dari CoMixWave, tempat Makoto Shinkai kini bernaung. Oleh karenanya bagi Makoto Shinkai, pengalamannya bersama minori merupakan pengalaman yang sangat berharga, dan membuatnya bisa melakukan berbagai macam eksperimen yang tak bisa ia lakukan dalam film berdurasi panjang.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.