BAGIKAN

Bagi Anda penggemar novel visual, siapa yang tidak kenal dengan studio minori? Beberapa karyanya yang terkenal antara lain ef Series yang sebelumnya diadaptasi menjadi anime sebanyak dua season oleh studio Shaft (Puella Magi Madoka Magica, Monogatari Series), yaitu Ef: A Tale of Memories dan Ef: A Tale of Melodies. Atau bahkan novel visual yang berjudul “eden*” yang terkenal dengan ceritanya yang menyedihkan dan menyentuh hati.

Eden* (© minori)

Kali ini kita mendapatkan kabar bahwa studio minori akhirnya akan tutup dan berhenti produksi mulai tanggal 28 Februari 2019. Hal ini disampaikan langsung oleh perwakilan dari studio ini,  Nobukazu Sakai atau yang dikenal sebagai nbkz melalui website resminya (harus diakses melalui alamat IP Jepang). Info ini disertai dengan pengumuman terakhir mereka yang berjudul “Sono Hi no Kemono ni wa” telah selesai dikerjakan pada 25 Februari lalu.

Kabar mengejutkan mengenai tutupnya studio novel visual ini menjadi trending topic di linimasa twitter Jepang. Bahkan Hitomi Harada dan Makoto Shinkai selaku dua orang yang pernah bekerja sama dengan minori ini mengucapkan terima kasih dan rasa sedihnya atas hal yang terjadi dengan studio ini.

Tampilan pengumuman penutupan studio minori (sumber: http://www.minori.ph)
Advertisement Inline

Berikut adalah sejumlah alasan ditutupnya Minori:

  • Janji mereka kepada para pelanggan tidak bisa dipegang, mengingat ada suatu kejadian di mana mereka mengundur jadwal rilis mereka dan akhirnya mereka merasa pantas untuk mendapatkan konsekuensi karena hal tersebut.
  • Konsep minori yang berbeda dengan kebutuhan atau keinginan para pemain atau konsumen. Karena tuntutan para pemain, belakangan ini pasar novel visual mengalami perubahan yang cukup signifikan sehingga dalam beberapa tahun tersebut mereka sangat kesusahan memenuhi kebutuhan atau keinginan para pemain.
  • Dalam beberapa waktu ini, para staf studio ini juga aktif di tempat lain.

Dan di dalam pesannya, nbkz juga menambahkan bahwa minori adalah hasil kerja keras para staf mulai dari awal hingga sampai sekarang ini, karenanya tidak perlu untuk membuat lagi tim minori yang baru. Ada kekesalan dibalik tutupnya operasi minori ini, tetapi nbkz menambahkan info kembali bahwa minori akan hadir pada acara Character 1 yang akan digelar pada akhir April 2019 sebagai ucapan perpisahan dari mereka.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.