BAGIKAN
KA Komuter Metra saat berada di Stasiun (Railway Gazette)

Operator Kereta Api (KA) Komuter di Amerika Serikat, Metra, memutuskan untuk melakukan peremajaan dan merehabilitasi lokomotif barang seri SD70MAC menjadi lokomotif komuter. Kontrak sebesar 70,9 juta dolar ini telah ditandatangani bersama dengan Progress Rail pada Rabu (20/2). Kontrak tersebut berisi kesepakatan untuk merehab 15 lokomotif dengan klausul tambahan yang menyebutkan jumlah lokomotif yang direhab akan ditambah 12 unit menjadi total 27 unit lokomotif jika keuangan perusahaan mencukupi.

Lokomotif yang akan dibuat ini akan diberi seri SD70MACH. Semua komponen lokomotif akan diperbaiki, ditingkatkan, dan diganti dengan yang baru. Lokomotif ini juga direncanakan akan memiliki standar emisi EPA Tier 3. EPA sendiri merupakan tingkatan emisi yang digunakan di Amerika Serikat pada kendaraan bermesin diesel dengan membandingan keluaran tenaga dengan gas buang sisa pembakaran Diperkirakan lokomotif ini akan memiliki biaya operasi dan perawatan yang lebih rendah daripada lokomotif Metra yang beroperasi saat ini.

2 Lokomotif SD70MAC milik TFM (I Am Nash/Wikipedia)

Metra mengatakan bahwa 70% dari 147 armadanya saat ini berada dalam kondisi yang bemasalah bahkan buruk. Pengadaan lokomotif tahun ini dimulai dengan membeli lokomotif bekas milik Amtrak. Pembelian ini akan mengurangi jumlah armada yang bermasalah menjadi 45%, ditambah rehabilitasi lokomotif barang juga akan mengurangi jumlahnya menjadi 14% pada 2023 nenti.

Advertisement Inline

Direktur Eksekutif dan CEO Metra menuturkan, tujuan dari konversi lokomotif barang ini adalah untuk menaikkan fleksibilitas dan memperbaiki perawatan dalam sistem Metra itu sendiri. Lokomotif hasil konversi tersebut nantinya akan menggantikan sejumlah armada lama yang sudah menurun kehandalannya.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.