Kembangkan Kereta Cepat Di Texas
Kereta cepat Shinkansen seri N700, nantinya kereta cepat Texas akan menggunakan kereta yang berbasis dari N700. | Sumber: Wikipedia.

Central Japan Railway Company (JR Central) yang merupakan sebuah perusahaan operator kereta api (KA) di Jepang akan mengepakkan sayapnya di kancah dunia. Baru-baru ini mereka mengumumkan akan membentuk sebuah anak perusahaan di Dallas, negara bagian Texas, Amerika Serikat (AS). Tujuan pembentukan anak usaha ini ialah untuk kembangkan dan membangun kereta api (KA) cepat di Texas.

Koei Tsuge, CEO dari perusahaan yang juga dikenal dengan nama JR Tokai dalam konferensi pers pada Senin (16/5) menyatakan bahwa pihaknya sudah mengirim 20 tenaga ahli untuk memberikan bantuan teknis kepada Texas Central Partners (TCP), perusahaan yang mengerjakan proyek tersebut.

Tsuge mengatakan bahwa JR Tokai akan menawarkan semua bantuan teknis kepada TCP melalui anak usahanya yakni High-Speed-Railway Technology Consulting Corp (HTeC).

Advertisement Inline

Anak usaha JR Tokai itu sendiri akan mulai bekerja membantu TCP untuk urusan teknis pengoperasian kereta, perawatan sarana dan prasarana dan pelatihan staf dan teknisi pada Agustus 2016. HTeC sendiri dibekali modal sebesar 1,5 Juta Dollar.

Proyek kereta cepat di negara bagian Texas sendiri akan membentang sepanjang 385 km, menghubungkan dua kota terbesar di Texas, Houston dengan Dallas dengan waktu tempuh satu setengah jam saja. Kereta yang akan digunakan berbasis dari kereta rel listrik (KRL) kecepatan tinggi, Shinkansen seri N700. Rencananya jalur kereta cepat di Texas ini akan beroperasi pada 2021 mendatang.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.