BAGIKAN

Merupakan sebuah impian dari penggemar kereta api (KA) untuk dapat membeli segala sesuatu yang berbau KA, termasuk juga memiliki rumah yang pastinya bernuansa KA. Kini impian tersebut dapat menjadi nyata karena di Inggris terdapat sebuah bangunan bekas stasiun KA yang dijual untuk umum.

Stasiun yang bernama Stasiun Rippingale ini dijual seharga  £600,000 atau sekitar Rp11,5 Miliar. Harga tersebut ternyata tidak hanya untuk bangunannya saja, tetapi sudah termasuk 1 buah lokomotif uap beserta jalur di stasiunnya. Lokasi stasiun ini berada di wilayah Rippingale, Lincolnshire, Kerajaan Inggris.

(Untuk koordinat Google Maps bisa diakses disini)

Advertisement Inline

Stasiun yang dibangun pada tahun 1872 tersebut telah diubah menjadi sebuah rumah dengan 5 ruang resepsionis, 4 ruang ganti dan 3 kamar tidur. Stasiun ini sebelumnya beroperasi untuk angkutan penumpang dan barang. Namun pada tahun 1930 stasiun ini berhenti melayani angkutan penumpang yang selanjutnya disusul pemberhentian layanan angkutan barang pada tahun 1964.

Interior dari salah satu ruangan yang ada di dalam bangunan bekas stasiun KA ini | Foto: Darren Garwood
Interior dari salah satu ruangan yang ada di dalam bangunan bekas stasiun KA ini | Foto: Darren Garwood

John Scholes selaku pemilik dan seorang penggemar kereta api dan istrinya, Sheila memutuskan untuk membeli bangunan stasiun ini pada tahun 1991 setelah mereka pensiun dari pekerjaannya. Pasangan ini memiliki 2 orang putra dan 2 orang cucu. Saat ini mereka berencana untuk berhemat dan pindah ke tempat yang lebih dekat dengan anak-anaknya.

“Kami sangat beruntung ketika stasiun ini berhenti beroperasi, seorang petani membelinya dan menggunakannya untuk keperluan pribadi petani tersebut. Berarti bangunan bekas stasiun KA ini masih layak huni,” ucap Sheila.

Interior Stasiun Rippingale | sumber: telegraph.co.uk
Interior Stasiun Rippingale | sumber: telegraph.co.uk

Setelah rumah tersebut dibeli, John mengundang 30 teman-temannya yang merupakan penggemar kereta api untuk datang ke rumahnya. Mereka diajak untuk menikmati bangunan stasiun dan rel yang masih ada. Sebelumnya rel tersebut merupakan jalur GNR Bourne-Sleaford yang digunakan untuk membawa buah Ribena ke pabrik.

Stasiun Rippingale dengan lokomotif uap dan relnya | sumber: telegraph.co.uk
Stasiun Rippingale dengan lokomotif uap dan relnya | sumber: telegraph.co.uk

Para penggemar kereta api yang ingin membeli rumah ini juga berkesempatan untuk memboyong lokomotif uap buatan 1924 yang diberi nama “Elizabeth” itu sebagai bagian dari pembelian.

Bagaimana, apakah anda berminat?

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.