BAGIKAN

Nama Multi Toys sudah tidak asing lagi bagi para penikmat hobi, maupun kolektor mainan. Jaringan toko hobby yang satu ini memang seringkali menjadi rujukan bagi para pecinta maupun kolektor mainan, maupun merchandise bermutu tinggi, dari berbagai pengembang mainan ternama seperti Good Smile Company, Banpresto, Bandai, Hot Toys, Takara Tomy, Kotobukiya, Tamashi Nations, dll. Dan bukan cuma berbelanja saja, namun gerai-gerainya yang tersebar di sejumlah kawasan di Jakarta maupun Bandung, Banten, hingga Surabaya seolah sudah menjadi “museum mainan” tempat ajang “cuci mata”.

This slideshow requires JavaScript.

Siap khilaf di Multi?

Advertisement Inline

Memasuki tahun 2019, Multi Toys kali ini hadir dengan konsep baru, berupa hadirnya Multi Cafe. Sebagaimana namanya, Multi Cafe adalah sebuah kafe di dalam gerai Multi Toys (kali ini disebut juga sebagai Multi Toys & Cafe) yang menjajakan berbagai kudapan yang bisa disantap, sembari menikmati koleksi mainan yang tersaji di sini. Ya, kali ini mereka membawa konsep baru, bukan cuma berupa tempat membeli mainan, namun juga tempat nongkrong-nongkrong sembari ngopi dan ngemil, serta melihat-lihat “pameran” mainan sebelum khilaf. Bukan itu saja, gerai mereka kali ini juga hadir dengan tampilan baru, sembari ditambahkan fitur kafe.

This slideshow requires JavaScript.

Turut dilengkapi dengan sejumlah patung peraga dari seri-seri terkenal. AWAS! DEPAN PINTU ADA T-REXNYA!

Menanggapi hadirnya konsep baru ini, KAORI Nusantara sempat berbincang-bincang dengan owner Multi Toys & Cafe, Kokcai Johannes dan Erik Thianto. Saat diwawancarai oleh KAORI dalam acara pembukaan Multi Toys & Cafe di bilangan Kelapa Gading pada 9 Maret 2019 lalu, pihak owner mengakui bahwa dihadirkannya konsep kafe ini adalah untuk membuat para konsumen semakin nyaman untuk berkunjung dan berbelanja di toko mereka, sekaligus juga memberikan “servis” bagi insan-insan yang sebenarnya bukan penggemar mainan, tetapi “terpaksa” harus berkunjung. “Sekarang Multi ada tempat buat nongkrong. Dulu banyak kolektor ke toko, sudah tahu mau belanja, jadi datang, beli, pulang. Kadang mereka bawa teman, bawa keluarga, bawa pasangan. Nah kadang dia happy sendiri, tapi pasangannya boring karena nggak tahu mau ngapain. Jadi kami membawakan konsep kafe, supaya pasangan atau teman-temannya bisa duduk santai sambil lihat mainan. Di sini juga ada kursi dan meja. Kalau dulu misal bertiga, yang hobi mainan Cuma 1, yang lainnya bingung mau ngapain. Sekarang sudah ada kafe dan kursi. Yang cari mainan bisa muter-muter, lihat-lihat satu jam, setengah jam sementara temannya bisa duduk-duduk ngopi,” kata bapak Kokcai Johannes selaku owner Multi Toys & Cafe ketika menjelaskan konsep baru Multi Toys ini.

Owner Multi Toys & Cafe, Kokcai Johannes (kiri) dan Erik Thianto (kanan)

Toko mainan plus cuci mata, dengan kafe buat ngongkrong mengopi dan mengemil? Tentu saja konsep seperti ini akan menarik bagi para komunitas-komunitas pegiat hobi sebagai salah satu alternativ untuk tempat gathering mereka. Dan dengan konsep baru ini, memang pihak Multi juga mengincar komunitas-komunitas pegiat hobi maupun kolektor mainan untuk berkunjung dan berkumpul bersama di gerai mereka. “Kami sangat welcome dengan komunitas. Bahkan untuk komunitas kita juga memberi diskon 30% untuk kafe. Tinggal datang ke barista kita, bilang dari komunitas mana, kalau bisa share logonya ke kita. Nanti kita bisa bantu taruh logo. Kita selama ini memang welcome banget sama komunitas. Ini tempat sudah ada. Kita bahkan juga ada event BOTT (Battle of the Toys). Oh ya, kita juga memberi diskon untuk mainan, tergantung komunitasnya apa, produk itu ada diskon 10%. Seperti misalnya kalau anda datang bersama komunitas Gundam, maka kalian akan mendapat diskon sebesar 10% untuk produk-produk Gundam. Kalau komunitas die cast, maka ada diskon 10% untuk produk die cast. Kecuali untuk hot toys diskonnya 5%. Jadi kalian bisa berkumpul bersama komunitas, datang ke gerai kami, dan silahkan menongkrong bersama, ngopi-ngopi, mengemil, dan belanja. Tentu saja kami juga menyiapkan sejumlah tempat duduk dan meja untuk berkumpul bersama” kata bapak Kokcai Johannes. Bahkan bagi yang membeli barang dengan jumlah nominal tertentu, bisa mendapat bonus kopi.

This slideshow requires JavaScript.

Mau nongkrong bareng, bahkan syuting buat youtuberpun bisa!

Tentu saja yang namanya kafe, pasti ada sejumlah makanan dan minuman. Ya, di Multi Toys & Cafe, pengunjung akan disuguhkan sejumlah kodapan ringan seperti roti croissant maupun pastry dengan sejumlah rasa. Tak lupa pula dengan sejumlah minuman dingin maupun manas yang bisa dipesan untuk menemani “petualangan khilaf” di Multi. Ke depannya rencananya juga akan ada sejumlah tambahan menu seperti makanan nasi di microwave, tapi masih pertimbangan. Tentu saja yang menjadi andalan di Multi Cafe adalah kopinya, seperti hot capuccino. Adapun untuk andalannya? Baik Bapak Kokcai maupun Bapak Erik sama-sama untuk mencoba kopi salted caramel mereka.

This slideshow requires JavaScript.

Berbagai kudapan yang menggugah selera

Dengan adanya konsep baru berupa kafe ini, pihak Multi berharap bahwa Multi Toys & Cafe ini bisa menjadi lebih sukses lagi, di mana kini mereka bukan cuma berjualan mainan, namun juga jualan kudapan, terutama kopi, sehingga pengunjung juga bisa bersantai. Tentu saja mereka juga berharap kopi racikan mereka juga bisa sukses dan digemari konsumen. Dan benar saja, sejak kafe ini dibuka, mulai banyak yang berkunjung ke toko mereka, terutama di akhir pekan. Dan bukan cuma kolektor, namun banyak juga keluarga yang datang mencari mainan, dan juga ada yang datang-lihat-lihat sambil ngopi.

This slideshow requires JavaScript.

Selamat atas dibukanya Multi Toys & Cafe!

Saat ini Multi Toys memiliki 4 gerai di Jakarta, 1 gerai di Tangerang, 1 gerai di Bandung, dan 1 gerai di Surabaya. Akan tetapi konsep kafe yang baru ini baru ada di 1 gerai tertua Multi Toys yang terletak di Boulevard Kelapa Gading. Ke depannya, mereka akan mencoba membawa konsep kafe ini ke gerai mereka yang terletak di Bandung. Hal ini dikarenakan mengingat gerai tertua mereka di Boulevard Kelapa Gading, maupun gerai di Bandung tidak terletak di dalam pusat perbelanjaan ataupun Mall, melainkan berada di gedung tersendiri, sehingga konsep kafe ini lebih mudah dijalankan ketimbang gerai yang berada di dalam Mall. Meskipun begitu, bila kafe di di Boulevard Kelapa Gading maupun Bandung sukses, bukan tidak mungkin mereka juga akan mencoba konsep kafe mereka di gerai lainnya. Yang menarik, gerai pertama Multi Toys & Cafe yang terletak di Boulevar Kelapa Gading sendiri terletak tak jauh dari layanan moda angkutan umum LRT Jakarta. Karenanya, dengan akan dibukanya layanan LRT Jakarta dalam waktu dekat, baik Bapak Kokcai maupun Bapak Erik berharap semakin banyak orang-orang yang berkunjung ke Multi Toys & Cafe. “Sekarang ini kan kondisi jalanan di sekitar kacau parkir susah dan sempit, walau akhir-akhir ini sudah agak longgar. Nah dengan adanya LRT Jakarta, kita harap pengunjung bisa lebih ramai, karena tinggal jalan saja!” Meskipun begitu, ketika ditanya apakah Multi Toys juga menyediakan model-model kereta api bagi para penghobi kereta, pihak Multi mengakui bahwa saat ini memang tidak menyediakan pernak-pernik yang bisa memuaskan para penghobi kereta. Mereka mengakui bahwa di masa lalu, para penghobi kereta yang berkunjung ke Multi cukup banyak, namun belakangan jumlahnya berkurang. Jadi daripada tidak fokus, jumlah produk-produk yang berkaitan dengan kereta memang dikurangi.

“Tapi dengan akan dibukanya LRT maupun MRT sebagai alternativ layanan transportasi di Jakarta, harusnya ada lagi ini produk atau penghobi kereta/LRT/MRT ke Multi!” Begitulah harapan dari owner Multi.

Tertarik mengunjungi Multi Toys & Cafe? Kunjungi saja gerai mereka di Jalan Boulevard Kelapa Gading Blok LB1 No 31 – 31, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara (depan Mall Kelapa Gading). Multi Toys & Cafe buka pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB. Hati-hati khilaf!

KAORI Newsline | Teks oleh Dody Kusumanto | Foto oleh Dody Kusumanto & Maulana Mahardika

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.