BAGIKAN

Touhou Soccer adalah salah satu gim doujin Touhou yang cukup ngetop di era keemasan Touhou dulu. Dibuat oleh Hachimitsu Kuma-san dan dirilis tanggal 31 Desember 2006, Touhou Soccer berhasil meraih kesuksesan sehingga dirilislah Touhou Soccer Moushuuden 2 atau yang lebih dikenal dengan sebutan Touhou Soccer 2. Sulit untuk membeli gim originalnya (harganya 1000 yen atau sekitar 130000 rupiah per CD) saat ini di internet. Spesifikasi komputer yang diperlukan untuk bermain gim ini tentunya tidaklah sulit untuk zaman sekarang ini. Cukup siapkan komputer dengan minimal memori sekitar 600 MB.

Touhou Soccer 2 memiliki konten main scenario yang sama dengan Touhou Soccer 1, tetapi dengan penambahan sub-scenario untuk beberapa karakter, Travel Mode dan All-Star Mode. Bagi kalian yang sudah pernah memainkan gim Captain Tsubasa Vol II: Super Striker, gameplay Touhou Soccer bisa dibilang serupa dengan gim tersebut. Gim lain yang terbilang sama absurdnya dengan Touhou Soccer adalah Super Shoot Soccer.

Advertisement Inline

Pengangguran Berjamaah

Cerita Touhou Soccer mengambil latar tempat di dunia Touhou yaitu Gensokyo. Gensokyo dihuni oleh berbagai makhluk mistis (youkai) yang kebanyakan bisa menggunakan kekuatan sihir, mulai dari vampir, peri, hingga boneka hidup. Keberadaan makhluk-makhluk berkekuatan super ini tentunya membahayakan jiwa manusia sehingga Gensokyo disegel dan dipisahkan dari dunia manusia modern di luar sana. Detil lebih lanjut dari Touhou dapat dibaca lebih lanjut di sini.

Gim dibuka dengan scene di mana Reimu Hakurei, Marisa Kirisame, dan Hong Meiling sedang nganggur di Kuil Hakurei. Mereka bertiga tidak sengaja bertemu dengan seorang manusia bernama Maribel yang membawa sebuah bola sepak. Tiba-tiba saja bola tersebut bercahaya dan munculah seorang coach (pelatih) yang entah darimana asalnya lalu mengajak mereka untuk bermain sepak bola. Berhubung mereka sedang suntuk, tidak ada yang protes ketika diajak untuk bermain sepak bola. Berita tentang permainan sepak bola dengan sangat cepat menyebar ke seluruh penjuru Gensokyo dengan bantuan Aya Shameimaru, salah seorang tengu wartawan yang hidup di Gensokyo. Penghuni Gensokyo yang sebagian besar memang tidak ada kerjaan tentunya dengan senang hati berpartisipasi dalam pertandingan sepak bola.

Ini semua tentunya hanyalah awal dimulainya segala kegilaan sepak bola di dunia Gensokyo.

Beda Tipe Permainan, Beda Jalan Cerita

Pada Touhou Soccer 2, tersedia 4 tipe permainan yang dapat dipilih yaitu:

“Tampilan Menu Utama” (© Hachimitsu Kuma-san)
  1. Main Scenario: Disarankan untuk memainkan ini terlebih dahulu untuk lebih mengetahui jalan ceritanya. Karakter utama di sini adalah Reimu Hakurei. Terdapat 21 pertandingan dan akan ada karakter-karakter yang ikut bergabung di dalam tim Reimu seiring berjalannya cerita.
  2. Sub Scenario: Bisa dibilang semacam sidequest untuk mendapatkan skill karakter tertentu. Ada 11 scenario dengan masing-masing scenario untuk 1-2 karakter. Tidak wajib dikerjakan, tetapi akan sangat membantu dalam tipe permainan lainnya. Setiap sub scenario terbilang cukup pendek yaitu sekitar 5 pertandingan saja.
  3. Travel Mode: Kalian dapat membuat tim sendiri di sini dan mengembangkannya dengan lebih bebas. Ada 25 pertandingan yang akan dihadapi dan setiap 5 pertandingan, kalian akan berhadapan dengan VIVIT dari gim tetangga yaitu Seihou. Jalan ceritanya akan berbeda tergantung kalian menang atau kalah. Lawan terakhirnya itu… sesuatu sekali…
    Sistem toko hanya bisa digunakan di Travel Mode.
    4. All Star Mode: Di sini kalian dapat latihan bertanding melawan AI ataupun pemain lain secara online.

Mengatur Tim Sebelum Bertanding

Sebelum pertandingan, kalian akan diberi kesempatan untuk mengatur tim dalam Briefing. Kapten tim akan memberitahu kekuatan dan kelemahan tim lawan, juga menjelaskan target apa yang harus dicapai untuk dapat melanjutkan jalan cerita. Tidak semua target dapat tercapai hanya dengan mencetak gol.

Salah satu menu yang paling penting untuk diatur di Briefing adalah Team Data. Di Team Data kalian dapat mengganti anggota tim, mengganti equipment (mantep bener main sepak bola tapi menunya seperti gim RPG), mengganti formasi tim, mengganti strategi pergerakan AI tim sendiri saat bola ada di karakter lain, dan juga Marking.

“Pengaturan Formasi dan Lain-Lain “(© Hachimitsu Kuma-san)

Perintah di Tengah Pertandingan

Satu pertandingan normal memakan waktu satu setengah jam waktu dalam gim, kurang lebih sekitar 20 menit di dunia real. Kalian akan mengendalikan siapapun yang memegang bola (kecuali musuh tentunya) dan menggerakannya secara manual dengan menggunakan tombol atas, bawah, kiri, kanan pada keyboard. Bila kalian tidak menggerakan karakter kalian, musuh juga tidak akan bergerak.

Tergantung kondisi dan letak karakter yang sedang membawa bola, perintah yang dapat kalian berikan akan berbeda-beda sebagai berikut:

    1. Saat sedang berlari membawa bola tanpa ada hambatan:
      -Pass: Mengoper bola ke rekan satu tim, bola bisa saja direbut oleh pemain lawan.
      -Dribble.
      -One-Two: Bisa digunakan bila ingin sedikit membingungkan pihak lawan yang ada di depan pembawa bola.
      -Shoot: Menembak ke gawang, kemungkinan besar bola akan bisa direbut lawan karena letak karakter terlalu jauh dari gawang. Kemungkinan besar masuk bila menggunakan kemampuan spesial.

      “Tampilan saat Dribble biasa” (© Hachimitsu Kuma-san)
    2. Saat menerima operan bola dari teman di area lawan:
      -Pass.
      -Trap: Menerima bola, bisa saja berebut dengan tim lawan yang juga berusaha merebut bola.
      -Dummy: Mengecoh penjaga gawang dengan membiarkan bola diterima oleh rekan satu tim yang lainnya.
      -Shoot3. Saat menerima operan bola teman di area kita sendiri:
      -Pass.
      -Trap.
      -Clear: Mengoper bola secara random, bisa jatuh ke tim lawan.

      4. Saat berhadapan 1vs1 dengan penjaga gawang lawan:
      -Pass.
      -Dribble: Berusaha membawa bola melewati penjaga gawang musuh.
      -Feint: Mengecoh penjaga gawang lawan.
      -Shoot.

      “Siluet orangnya sesuatu sekali” (© Hachimitsu Kuma-san)

      5. Saat menahan tim lawan yang membawa bola:
      -Intercept: Berusaha untuk menggagalkan tembakan atau pass tim lawan.
      -Tackle: Berusaha untuk merebut bola.
      -Do Nothing.
      -Danmaku: Memakai Danmaku (serangan sihir) untuk menahan musuh, bisa menyebabkan Foul.

      6. Saat musuh mengoper bola di area musuh:
      -Intercept: Berusaha merebut bola sebelum bola jatuh ke tim lawan yang dioper.
      -Follow: Mengikuti tim lawan yang menerima bola.
      -Do Nothing.
      -Challenge: Menantang tim lawan yang menerima bola. Kedua pihak bisa sama-sama gagal mendapat bola.

      “Ga gitu juga tampangnya, mbak” (© Hachimitsu Kuma-san)

      7. Saat musuh mengoper bola di area kita sendiri:
      -Intercept.
      -Follow.
      -Do Nothing.
      -Clear.

      8. Saat menjaga gawang dari tembakan musuh (hanya untuk penjaga gawang):
      -Punch: Meninju bola, bisa terlempar ke tim lawan.
      -Catch: Menangkap bola.
      -Special: Menghentikan tembakan musuh dengan kemampuan spesial.

      9. Saat penjaga gawang berada di dekat musuh yang akan menerima operan bola (hanya untuk penjaga gawang):
      -Jump: Berusaha merebut bola, dapat menyebabkan penjagaan gawang kosong bila gagal.
      -Stay.

      10. Saat penjaga gawang berhadapan dengan tim musuh yang membawa bola di tanah (hanya untuk penjaga gawang):
      -Anticipate Dribble: Berjaga-jaga apabila tim musuh berusaha dribble melewati penjaga gawang.
      -Anticipate Shot: Berjaga-jaga mengantisipasi tembakan musuh. Bila musuh menembak dengan kemampuan spesial, kemungkinan besar tetap tidak akan tertahan
      -Special.

Pakai Sihir? Sah-Sah Saja Tuh

Berhubung semua partisipan bisa menggunakan sihir dan kemampuan-kemampuan lain yang di luar akal sehat, tentunya mereka mempunyai kemampuan spesial yang dapat digunakan dalam bermain sepak bola. Kemampuan tersebut tidak hanya terbatas untuk menembak, tetapi juga dapat digunakan pada saat dribble, pass, ataupun tackle. Bagi yang familiar dengan seri sepak bola ala Kapten Tsubasa tentunya juga akan melihat adanya kemampuan kombinasi antara dua orang pemain. Semua kemampuan spesial karakter memiliki animasi pendek keren yang digarap dengan sangat apik.

“Status Karakter” (© Hachimitsu Kuma-san)

Untuk membatasi pemain (dan meningkatkan tingkat kesulitan gim ini), setiap karakter dibatasi dengan status yang bernama GUTS. GUTS atau bisa dibilang sebagai stamina akan berangsur berkurang saat karakter berlari di lapangan dan menggunakan kemampuan spesialnya. Harap diingat bahwa AI musuh tidak mempunyai GUTS sehingga mereka bisa dengan bebas menggunakan kemampuan spesialnya terus menerus sepanjang pertandingan.

Status lainnya yang ada di gim ini adalah Trap, Pass, Shoot, Fake, Power, Technique, dan lain-lain. Bila status karakter lebih rendah dibanding karakter lawan, biasanya yang lebih lemah akan terpental. Ya, terpental. Biasanya karakter akan terpental ketika musuh menggunakan tembakan spesialnya. Kurang lebih 4 sampai 5 diperlukan sebagai “tumbal” bila ingin penjaga gawang kita dapat menangkap tembakan spesial musuh. Status karakter akan naik bila level karakter tersebut ditingkatkan.

“CHENNNNNN!!!!!!” (© Hachimitsu Kuma-san)

Gim Ini Sungguh Absurd

Menghentikan waktu, menembak bola dengan laser, menebas bola dengan pedang, hingga menghancurkan satelit. Semua kegilaan ini bisa kalian temui saat bermain Touhou Soccer. Saya tidak tahu bagaimana penonton di stadium tempat mereka bertanding masih bisa hidup. Touhou Soccer adalah gim bertema olahraga kedua yang saya mainkan setelah Klonoa: Beach Volleyball di konsol Sony Playstation. Berhubung dulu saya adalah salah satu fans berat Touhou yang sedang rajin-rajinnya mencari berbagai doujin Touhou baik berupa manga ataupun gim, maka saya pun tidak sengaja menemukan gim gila ini.

“Main bola pun bawa-bawa pedang” (© Hachimitsu Kuma-san)

Dari sekian banyak gim doujin Touhou yang pernah saya mainkan seperti Touhou Labyrinth dan Touhouvania, Touhou Soccer adalah gim doujin Touhou termudah yang pernah saya mainkan. Awal-awal bermain Touhou Soccer sangatlah mudah, tetapi tentunya gim ini tidak akan semudah dan sesimpel  itu. Pertama kali saya menghadapi penjaga gawang yang memiliki kemampuan spesial, saya sampai harus mengulang beberapa kali untuk dapat menjebol gawang musuh. Di sini penjaga gawang benar-benar merupakan kunci utama kemenangan yang lebih penting daripada pemain penyerang. Sebagian besar pertandingan dengan tingkat kesulitan tinggi disebabkan oleh penjaga gawang dengan kemampuan menahan bola yang  luar biasa sakti. Jangan heran kalau ada penjaga gawang yang bisa ikut maju sampai ke area musuh. They are just THAT dangerous.

“Bukan penjaga gawang, tapi dia layak mendapat honorable mention” (© Hachimitsu Kuma-san)

Touhou terkenal dengan karakternya yang berjumlah sangat banyak dan sebagian besar adalah perempuan. Untuk kaum awam tentunya gim ini akan membuat kalian “gagal paham” dengan kejadian gila dan lawakan-lawakan aneh ala Touhou. Dengan mengesampingkan banyaknya karakter-karakter unik dan cerita yang “Touhou banget”, gameplay Touhou Soccer sangatlah mudah dipahami. Saya pikir gim doujin ini dapat menjadi makanan pembuka untuk kaum awam yang ingin mencicipi Touhou tetapi tidak cocok dengan gim originalnya yang bergenre Bullet Hell.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.