BAGIKAN

Bagi mereka yang sudah sering menyambangi perhelatan Comic Frontier, pasti sudah tidak asing dengan istilah fandom. Fandom dapat diartikan sebagai sekumpulan orang atau komunitas yang berbagai ketertarikan yang sama pada suatu hal. Tentu sebuah fandom pun seringkali mengalami pasang surut, terkadang dapat muncul musiman ketika anime dari suatu IP sedang tayang atau bahkan dapat juga menghilang karena perubahan minat pasar pada IP tertentu.

Touhou Project untungnya menjadi salah satu IP dengan fandom komunitas yang cukup sehat dan secara konsisten selalu hadir di acara eksibisi Comifuro. Salah satu doujinka/komikus indie yang cukup aktif berkarya dan ikut dalam komunitas ini adalah izha.

“Temukan Aku” © izha / Duo Desimal

Mengawali karya di acara BIJAC pada tahun 2016, izha terhitung sudah pernah membuat empat judul komik. Dua diantaranya yang ikut meramaikan eksibisi Comic Frontier 12 lalu adalah “Korek Api Hitam” dan juga “Temukan Aku“. Anda bisa melihat karya-karya lainnya di fanspage berikut.

Advertisement Inline

izha terkenal di kalangan penggemar Touhou dengan karya komiknya yang memiliki pengkarakteran tokoh yang dalam dan selalu berhasil dalam menyampaikan emosi yang ada bersamaan dengan twist yang tidak diduga-duga.

© izha / Duo Desimal

Izha mengatakan dia membuat karya demikian karena dia melihat banyak potensi cerita di gim ini yang bagus jika diulik lebih dalam lagi, seperti rivalitas antara Reimu dan Marisa misalnya.

Selain itu, izha juga cukup aktif di komunitas Touhou Indonesia Comic Creator (THICC). Menurut penuturannya, “Di THICC itu lebih kepada tempat untuk kreator komik Touhou yang ingin saling berkolaborasi maupun saling tukar pikiran.”

© Touhou Indonesia Comic Creators/THICC

THICC sendiri pada Comifuro 12 lalu merilis karya antologi “Touhou Fan Guidebook, Pengantar Proyek Timur” hasil kolaborasi para anggota THICC itu sendiri. Dengan konten yang cocok untuk pembaca awam sampai menengah, diharapkan buku antologi ini dapat menjadi buku pedoman bagi mereka penggemar Touhou maupun kreator komik atau mereka yang baru ingin mengenal serial gim ini.

touhou indonesia comic creators - comic frontier
© Touhou Indonesia Comic Creators/THICC

Izha sendiri berpesan juga bagi mereka yang baru akan memulai membuat komik unttuk “coba-coba aja dulu, karena bikin komik itu susah dan mulai belajar bikin komik itu justru pada saat kita membuatnya, jadi kalau gak mulai bikin jadi gak belajar-belajar.”

Dunia per-fandom-an memang sering kali pasang surut, maka dari itu adalah sebuah hal yang wajar bagi sebuah fandom atau komunitas penggemar untuk membuat lingkungan yang sehat. Dengan interaksi antar penggemar yang baik, saling berkolaborasi dan juga memberikan sebuah karya yang dapat diingat oleh para penikmatnya.

Diharapkan komunitas Touhou dan juga izha dapat menjadi role model bagi komunitas lain dan juga para insan kreatif yang ingin fandom-nya terus hadir di perhelatan besar seperti Comifuro. Grup Discord Touhou Indonesia Comic Creator juga dibuka bagi mereka yang ingin mulai belajar membuat komik dan tentunya berfokus pada dunia dari Touhou Project itu sendiri.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.