BAGIKAN
Rikka Takarada, heroine dari anime SSSS.Gridman yang langsung meledak popularitasnya di kalangan fans anime (ⒸTsuburaya Pro Ⓒ2018 TRIGGER・Tetsu Amemiya/"GRIDMAN" Production Committee)

Popularitas suatu serial anime yang sedang atau telah ditayangkan tentu tidak terlepas dari keberadaan berbagai produk derivatif alias doujinshi yang dibuat dan dijual oleh para fansnya, mulai dari fan-art, aksesoris, hingga manga khusus dewasa (alias R-18). Masuk dalam wilayah “abu-abu”, dalam beberapa kesempatan pihak kreator resminya memberi himbauan dan peringatan seputar pembuatan dan penjualan doujin kepada para fansnya. Salah satu anime terbaru yang tampaknya kembali memancing perbincangan karena hal ini adalah SSSS.Gridman.

Diumumkan tepat pada hari Natal (25/12), situs resmi Melonbooks, toko yang menjual berbagai doujin di Jepang, mengumumkan mereka tidak akan lagi menjual berbagai doujin SSSS.Gridman di tokonya. Selain itu, toko ini juga akan menarik berbagai doujin anime tersebut yang sebelumnya telah dijual. Melalui rilis resminya, hal ini terpaksa dilakukan untuk memenuhi permintaan dari pihak pemegang hak ciptanya.

(ⒸTsuburaya Pro Ⓒ2018 TRIGGER・Tetsu Amemiya/”GRIDMAN” Production Committee)

Kontroversi seputar penjualan doujin SSSS.Gridman sebenarnya berawal pada November lalu. Salah satu fan-artist yang cukup populer di linimasa Twitter Jepang, Pija, mengaku ditegur langsung oleh pihak Tsuburaya untuk segera menarik doujin SSSS.Gridman yang ia rilis melalui situs Pixiv Fanbox dan Fantia. Kedua situs tersebut memiliki fitur di mana fans dapat mendukung sang kreator dengan memberikan sejumlah uang per bulan dan berkesempatan mendapatkan konten bonus eksklusif dari sang kreator langsung.

Setelah memancing perbincangan di media sosial, akhirnya tim komite produksi anime SSSS.Gridman akhirnya memperbolehkan para fan-artist membuat dan menjual doujin buatannya dengan sejumlah syarat. Beberapa di antaranya yaitu tidak boleh memakai atau “meniru” (tracing) berbagai aset yang digunakan di animenya (seperti gambar, video, musik, dan naskah cerita) dan melanggar kebijakan publik dan hak orang lain. Satu hal yang cukup krusial (namun samar) dari pengumuman ini adalah kegiatan penjualannya “tidak boleh melampaui batasan aktivitas pembuatan doujin.”

Apakah penarikan berbagai produk doujin SSSS.Gridman yang dijual di toko Melonbooks ada kaitannya tentang poin pembatasan aktivitas penjualan yang disinggung dalam pengumuman tersebut? Sayangnya sampai saat ini masih belum ada keterangan pasti dari kedua pihak mengenai hal ini.

SSSS.Gridman
(ⒸTsuburaya Pro Ⓒ2018 TRIGGER・Tetsu Amemiya/”GRIDMAN” Production Committee)

SSSS.Gridman adalah serial anime yang diproduksi oleh studio Trigger dan terinspirasi dari salah satu seri tokusatsu milik Tsuburaya Production, Denkou Choujin Gridman, yang dirilis di Jepang pada 1993-1994 lalu (dan juga pernah ditayangkan di Indonesia). Anime sebanyak 12 episode ini telah selesai ditayangkan pada musim gugur 2018 ini.

KAORI Newsline | Sumber: ANN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.