BAGIKAN
Yuru Camp - Sora Yori mo Tooi Basho
© Afro · Houbunsha / Yurucamp Partners / YORIMOI PARTNERS

April Mop atau April Fools’ Day selalu diperingati setiap tanggal 1 April, di mana pada peringatan ini orang-orang bebas untuk saling melempar lelucon maupun candaan satu sama lain, dapat juga berupa sebuah kejahilan maupun tipuan. Tidak terlepas dari itu, sering kali peringatan April Mop juga jadi kesempatan bagi sebuah perusahaan untuk memasarkan produk mereka atau memberikan exposure lebih baik pada perusahaannya.

Pada kesempatan sekali dalam setahun ini, kolaborasi Yuru Camp dengan Sora yori mo Tooi Basho (YoriMoi) adalah salah satu contoh yang memanfaatkan momen hari April Mop dengan baik. Tak tanggung-tanggung, dua anime yang mengusung tema cerita yang hampir sama ini ternyata berkolaborasi dengan cara yang “tidak biasa”!

Melalui website resmi mereka, Yuru Camp memasukan karakter-karakter dari seri Sora yori mo Tooi Basho ke dalam poster yang mereka buat dan mengganti judulnya menjadi Sora Camp. Di poster ini, Kimari dan kawan-kawan tampak berpose asik di depan tenda kemah-nya Nadeshiko dan kawan-kawan.

© Afro · Houbunsha / Yurucamp Partners / YORIMOI PARTNERS
Advertisement Inline

Begitu juga sebaliknya, Sorayori membuat poster berisikan karakter dari seri Yuru Camp dan mengganti judulnya menjadi Yamanashi Yori mo Haya! Basho (YamaYori) bersamaan dengan mengubah tagline poster dengan “A Story that leads to the Yamanashi“. Di mana Yamanashi adalah nama prefektur yang menjadi tempat cerita anime Yuru Camp. Di poster ini Nadeshiko dan kawan-kawan berpose di tengah dinginnya dataran Antartika. Tak ketinggalan Nadeshiko juga mengenakan seragam jaket ekspedisi Antartika yang dipakai Kimari dalam anime aslinya.

“Tersasar sampai Antartica!” © Afro · Houbunsha / Yurucamp Partners / YORIMOI PARTNERS

Meskipun dibuat hanya untuk merayakan April Mop yang jatuh pada 1 April, antusiasme dari para fans kedua seri anime ini sangat positif. Banyak harapan kolaborasi antara kedua seri anime ini dapat terwujud lebih jauh lewat media anime maupun manga.

Kolaborasi Yuru Camp dan YoriMoi ini sepertinya tidak akan pernah terwujud tanpa andil Kaori Kimura (Produser) dan Mitsuhiro Sakakibara (Planning) dari Sony Music Communications yang di mana keduanya masuk dalam jajaran komite produksi kedua anime tersebut. Sony Music Communications sendiri banyak menangani masalah promosi komersial, di mana mereka berdua menangani perencanaan promosi dan pembuatan website masing-masing animenya.

Kolaborasi Sora Camp dan YamaYori ini kembali mengingatkan kita bahwa bagian penting dalam industri anime bukan hanya studio maupun rumah produksi saja, tetapi juga orang-orang di jajaran meja eksekutif yang notabene juga berjasa dalam pendanaan produksi dari anime itu sendiri. Bagaimana akhirnya dua buah serial anime yang berbeda dapat hadir dalam bentuk kolaborasi, tentu hal ini adalah hasil dari persetujuan setiap anggota komite produksi dari masing-masing franchise animenya.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.