BAGIKAN

Tasokare Hotel adalah sebuah gim smartphone bertema Escape Adventure Novel Game yang dirilis oleh SEEC Inc. pada Januari 2019. Gim ini tidak hanya novel visual yang sekedar membaca cerita dan opsi berganda, namun Anda juga diharuskan untuk berpikir dan memecahkan suatu kasus agar Anda bisa melanjutkan ke cerita selajutnya. Gim dengan ukuran 94MB ini dapat Anda unduh dan mainkan secara gratis di platform Andoird maupun iOS dengan beberapa item dan extra story yang berbayar.

©SEEC

Sinopsis

“Ketika terbangun, aku tiba-tiba berdiri seorang diri di tengah cakrawala. Tidak ada bangunan maupun manusia seorang pun. Aku terus berjalan di tengah cakrawala itu, dan tiba-tiba muncul sebuah bangunan hotel di depanku.

Advertisement Inline

Seorang gadis bernama Neko Tsukahara adalah karakter utama dari Tasokare Hotel ini. Dia tiba di Hotel Tasokare pada suatu senja tanpa mengehatui bahwa dirinya hidup atau mati setelah ditikam seseorang dan tidak sadarkan diri.

Hotel Tasokare terletak di antara kehidupan dan kematian. Semua pelanggan yang datang ke hotel ini adalah roh-roh yang berkeliaran di antara kehidupan dan kematian. Menjadi tempat peristirahatan sementara mereka untuk kembali ke dunia nyata atau ke akhirat.

Neko akhirnya menjadi karyawan hotel ini dan membantu mengembalikan ingatan pelanggannya supaya dapat melanjutkan tujuan hidup mereka selanjutnya. Sampai akhirnya dia mengetahui rahasia tertentu yang membuatnya tertarik untuk memecahkan berbagai masalah di hotel ini.

©SEEC

Karakter

Neko TsukaharaHeroine pada kisah ini. Siswi SMA yang mulai bekerja di Hotel Tasokare. Seoarang gadis yang aktif meskipun dia selalu memiliki mata yang tidak termotivasi.
Haruto AtoriAnggota staff dari Hotel Tasokare dan Senpai dari Neko. Meskipun dia terlihat seperti seorang playboy, tapi dia selalu bekerja dengan serius.
Hotel ManagerManajer dari Hotel Tasokare yang berbadan macho. Meski begitu, dia sedikit kekanakan dan malas saat bekerja.
KirikoPelanggan reguler di bar hotel yang misterius. Selalu menatap ke arah luar jendela menggunakan teleskopnya.
Masaki OsotoSalah satu tamu di Hotel Tasokare. Seorang detektif mahasiswa yang cool & calm.
MenowHostess Bar di Hotel Tasokare. Dia selalu tersenyum, namun akan sangat menakutkan ketika dia marah.
RuriAnggota staff dari Hotel Tasokare. Seorang koki yang imut dan tsundere.
©SEEC

Fitur

Fitur yang tersedia pada gim Tasokare Hotel ini cukup menarik dan terbagi ke dalam beberapa macam. Secara umum, gim ini terdiri dari main games dan mini games. Untuk main games-nya sendiri, gim ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Novel Part, Search Part, dan Interrogation Part.

©SEEC

Novel Part adalah bagian permainan yang seperti novel visual pada umumnya. Kita dapat melanjutkan ceritanya dengan berbicara dengan para anggota staff dan para tamu di hotel.

Search Part adalah bagian di mana kita diharuskan mencari item-item kenangan di suatu ruangan untuk menemukan ingatan para tamu sebelum datang ke Hotel Tasokare.

Interrogation Part adalah bagian dimana kita melakukan interogasi kepada para tamu berdasarkan item-item yang telah kita temukan dan pecahkan pada bagian search part untuk mengungkapkan rahasia mereka.

©SEEC

Sedangkan untuk mini games-nya  berupa membersihkan sesampahan di ruangan kita yang disebut My Room untuk mendapatkan EXP dan coin yang dibutuhkan dalam permainan ini. EXP yang didapat dari mini games ini dibutuhkan untuk membuka story pada chapter lanjutan, karena dibutuhkan sejumlah EXP yang cukup untuk membuka beberapa chapter.

Ulasan

Tasokare Hotel menggunakan sistem cerita linier dengan ending bercabang di setiap chapternya. Pada setiap chapter, terdapat another end, bad end, dan true route. Supaya Anda dapat melanjutkan ke cerita berikutnya, tentu saja Anda harus memilih pilihan dan langkah yang tepat pada saat berinteraksi di novel part sehingga ada bisa mendapatkan true route dan lanjut ke tahap berikutnya.

©SEEC

Escape Adventure Novel Game ini ternyata jauh lebih menyenangkan dibanding yang saya kira. Selain dari segi cerita di mana kita disuguhkan dengan cerita-cerita yang membuat kita penasaran beserta plot twist-nya, search part dan interrogation part-nya sangat berperan besar untuk membuat game ini menjadi lebih menantang. Search part pada chapter pertama memang sederhana karena kita hanya diharuskan mencari item-item yang terlihat. Namun semakin cerita berjalan, item-item yang dicari semakin sulit untuk ditemukan dan juga Anda diharuskan memecahkan berbagai macam kode dan puzzle untuk dapat membuka kunci item yang dibutuhkan. Karena tingkat kesulitan yang tinggi tersebut, saya sendiri pun sampai menyerah pada segmen search part di suatu chapter. Untungnya disediakan fitur Answer yang memberikan kita bocoran tips dan trik untuk menyelesaikan segmen tersebut.

Ada dua hal yang tidak saya sukai dalam gim ini. Pertama yaitu adanya sistem ticket yang membatasi kita untuk bermain secara maraton. Satu ticket hanya bisa digunakan untuk satu story, dan dalam sehari hanya disediakan 5 ticket saja, sehingga akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan gim ini. Yang kedua yaitu adanya iklan yang muncul saat kita menggunakan fitur-fitur tertentu seperti gacha dan answer. Durasi iklannya pun cukup lama, berkisar antara 15 sampai 30 detik. Sehingga mengurangi keasyikan saat bermain.

Kesimpulan

©SEEC

Tasokare Hotel adalah salah satu gim yang sangat saya rekomendasikan untuk dinikmati, khususnya untuk para penikmat novel visual dan bermain secara mobile kapanpun dan di manapun. Memecahkan berbagai macam kode dan puzzle tentunya yang menjadi daya tarik utama, serta cerita yang menarik dengan beberapa plot twist yang membuat kita ketagihan untuk membaca kelanjutnya.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.