Semangat dan Kerja Keras Saja Tidak Bisa Menentukan Hasilnya

© DAISUKE ASHIHARA/SHUEISHA, TOEI ANIMATION

Yang sangat saya sukai dari seri ini adalah proses perkembangan karakter yang sangat realistis. Hanya bermodal pantang menyerah untuk berkerja keras penuh semangat sampai titik darah penghabisan tidak akan membuat orang yang tadinya lemah menjadi sangat kuat untuk dapat melampaui lawan-lawannya. Dalam seri ini sangat ditekankan bahwa, “Jika kamu hanya berlatih keras terus-menerus, tentu saja orang lain juga melakukan hal yang sama. Karena orang lain juga tidak hanya diam di tempat, walaupun kamu berlatih lebih keras dan lebih sering dari orang lain, akan tetap membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menyaingi dan melampaui mereka. Jika tujuanmu hanyalah untuk memenangkan suatu pertandingan, maka selain mengembangkan kekuatanmu, kamu harus memikirkan suatu rencana lain agar dapat mendukung rekan-rekanmu dan menciptakan peluang untuk menang”. Selain semangat dan kerja keras, tentunya sangat dibutuhkan juga penguasaan senjata, medan, strategi, dan pengalaman bertarung yang mumpuni. Berdasarkan pertimbangan apa saja yang dimiliki dan dapat dilakukan oleh Osamu saat ini, membuat Osamu akhirnya menjadi supporter yang mendukung dan menciptakan strategi untuk membuat rekan regunya power up.

Cerita di anime World Trigger berbeda dari seri-seri shonen pada umumnya, khususnya seri yang bergenre olahraga. Dimana setelah kekalahan pertama pada debutnya, hanya dengan bermodalkan usaha yang lebih keras dan lebih ekstrim dari orang lain, tim sang protagonis langsung dapat menyaingi lawan-lawannya dan memenangkan kejuaran berikutnya kurang dari setahun setelah mereka debut. Terlalu fantastis dan kurang realistis menurut saya pribadi.

Musik dan Animasi

Kualitas dari musik dan animasi dari anime World Trigger kurang lebih mirip dengan seri One Piece yang tayang bersamaan pada waktu itu. Format penampilan lagu temanya pun mirip dengan One Piece, di mana animenya hanya menampilkan lagu openingnya saja tanpa lagu ending. Desain karakter dan art pertarungan yang ditampilkan tidak dibuat dengan maksimal sehingga tidak ada epic battle yang dapat dikenang.

Kesimpulan

© DAISUKE ASHIHARA/SHUEISHA, TOEI ANIMATION

Jika digambarkan secara umum, anime World Trigger menceritakan perjuangan seorang manusia biasa yang penuh kelemahan serta dikelilingi oleh teman-teman berbakat. Meski begitu, ia selalu berusaha untuk menutupi kelemahannya dengan kerja keras dan strategi agar dapat mendukung teman-temannya dan membantu banyak orang.

Dilihat dari kualitas gambar dan animasi yang kurang memuaskan, tokoh utama yang sangat lemah, serta tempo cerita yang cukup lambat, mungkin inilah yang menyebabkan anime ini menjadi seri yang underrated di mata penikmat anime kebanyakan. Namun, bagi Anda yang jenuh dengan seri-seri yang memiliki tokoh utama yang overpower, World Trigger ini bisa menjadi oasis bagi Anda. Unsur komedi yang ditampilkan juga cukup menghibur meskipun intensitasnya tidak banyak. Selain itu, perkembangan kemampuan dan karakter yang ada di seri ini cukup realistis bagi saya, sehingga mendapatkan nilai lebih dibanding seri lainnya.

KAORI Newsline

8 KOMENTAR

  1. Menurut saya, hal yang paling menari pada seri ini adalah sistem kekuatannya, Power sistem di seri ini adalah yang paling stabil dari anime2 shounen lainnya, dengan pengecualian terhadap beberapa karakter (Yuma,Para Neighbor, Tamakoma 1, dan Para pengguna Black Trigger), pada dasarnya kekuatan karakter tidak hanya bergantung pada bakat dan kerja keras, namun pilihan dan tekad dari karakter tersebut. sederhananya, loe bisa pake set yang sama persis dengan orang lain, tapi belum tentu loe bisa menang atau imbang dengan karakter tersebut (contohnya Yuma vs Midorikawa) Penguasaan senjata, Medan, strategi, dan Pengalaman bisa jadi penentu kemenang disamping senjata atau kapasitas Trion yang loe punya.

    • nah bener banget nih
      dan ini salah satu anime shonen yang sistem hirarki nya sangat jelas dan ranking sistem yang menarik..

  2. Knp animenya g lanjut dan manganya keluar sebulan sekali.. dari manga dan anime saya sudah ikut sejak awal dan alurnya menarik dan tdk biasa.. Penokohan antar tokoh sangat kuat.. Dan ceritanya jelas tdk berbelit belit.. Berharap manga nya lebih cepat dan animenya segera digarap kembali..

  3. Sejauh ini, seri world trigger yang paling menggambarkan “oasis” bagi saya. Saya tidak sengaja menemukan judul ini di tahun 2016 dan langsung tertarik.

    Tapi ada satu arc yang gak ada di manganya yang membuat saya kurang suka, karena saya merasakan gaya ceritanya dibikin kayak shounen pada umumnya. Kalau tidak salah setelah serangan Aftokraktor.

    Setelah episode 73 menyatakan tamat, saya jadi agak sedih, apa lagi pas dengar manganya juga hiatus karena pengarangnya sakit.

    Sekarang sih sudah mulai lagi serial manganya, semoga pengarangnya tetap sehat.

  4. Gue pribadi sangat suka ini anime.. Sampe rela baca komik nya karena penasaran lanjutan cerita nya..

  5. Jadi kangen World Trigger setelah baca artikel ini hahaha.. sampai saat ini anime World Trigger memang benar-benar bagus, susah nyari yang kaya model World Trigger. Sayang ga ada season lanjutannya.. well, selama mangaka nya selalu sehat nyari komiknya tetap bakal gampang.

  6. Saya yang mengikuti komik dari awl keluarnya di tahun 2014 ,,dan saya sangat suka komik ini walaupun dulu masih sedikit yang membaca komiknya tapi sebetulnya ini series komik yang (menurut saya) paling menarik ceritanya serta komedi yang di barengin serta artnya yang menurut saya pas dengan komedi nya … Saya sudah mengikuti semua hal tentang world trigger dari game,komik,sampe anime nya dari tahun 2014 sampe sekarang pun menjadi fans setia nya dan menunggu komik yang masih late rilis nya dan anime nya yang masih belum ada kejelasan kelanjutannya ….
    Ganbatte Ashihara daisuke ,,kalo bisa tolong buku komik nya bisa dijual ditoko buku di indonesia karna cover bukunya bgs waktu sya liat di internet :’)

  7. Anime yang bagus namun sayang tidak ada lanjutannya, maupun kabar rilis terbaru nya padahal saya sangat menyukai anime ini, dari jalan cerita dan Action nya cukup memukau dan tidak kalah dengan anime Naruto, maupun One Piece. Adakah yang tahu kenapa anime ini tidak di lanjutkan?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.