BAGIKAN

Anime dengan tokoh utama overpower memang sudah sangat umum bahkan sangat digemari oleh penonton, baik di dunia maupun tanah air. Seseorang yang memiliki bakat terpendam, usaha keras, ataupun kekuatan pemberian dari orang lain merupakan contoh-contoh dari permulaan seorang tokoh utama yang akan berkembang menjadi yang terkuat di serinya. Jenis tokoh utama seperti ini sering kita jumpai pada seri yang bergenre shonen. Namun, tentu saja tidak semua seri shonen memiliki tokoh utama yang kuat. Beberapa di antaranya ada seri yang memiliki tokoh utama yang biasa-biasa saja atau bahkan sangat lemah. World Trigger adalah salah satu contoh dari anime shonen yang tokoh utamanya adalah orang lemah namun tetap berusaha menjadi kuat dan berguna bagi orang-orang disekelilingnya.

© DAISUKE ASHIHARA/SHUEISHA, TOEI ANIMATION

World Trigger merupakan anime garapan studio Toei Animation (One Piece, Dragon Ball) yang diadaptasi dari manga karya Daisuke Ashihara. Anime ini telah tayang di Jepang pada bulan Oktober 2014 hingga April 2016 dengan total 73 episode. Manganya sendiri masih berlanjut hingga sekarang dan pernah mengalami hiatus panjang (sekitar 2 tahun) akibat kondisi kesehatan pengarangnya.

Premis Cerita

© DAISUKE ASHIHARA/SHUEISHA, TOEI ANIMATION

World Trigger menceritakan tentang Jepang di dunia alternatif di mana sebuah portal menuju dimensi lain tiba-tiba terbuka di Kota Mikado dan muncul “Neighbor”, sekumpulan monster dengan kemampuan kebal terhadap berbagai persenjataan tradisional yang datang menjajah dan menculik umat manusia. Menanggapi kedatangan mereka, sebuah organisasi pertahanan bernama “Border” dibentuk untuk melawan ancaman Neighbor menggunakan teknologi khusus yang disebut “Trigger”. Trigger hanya dapat dikendalikan dengan energi atau mana yang disebut “Trion”, dan tidak semua manusia memilikinya. Hanya para manusia terpilih yang tergabung ke dalam Border bisa mendapatkan Trigger.

© DAISUKE ASHIHARA/SHUEISHA, TOEI ANIMATION
Advertisement Inline

Osamu Mikumo, tokoh utama dari cerita ini adalah seorang agen Border Rank C atau peringkat agen Border terendah. Meskipun lemah, Osamu memiliki keinginan kuat untuk melindungi semua umat manusia. Suatu ketika, Osamu bertemu dengan seorang siswa pindahan misterius bernama Yuuma Kuga. Mereka berdua kemudian terlibat dalam suatu insiden dengan Neighbor dan ternyata Yuuma memiliki kekuatan tidak terduga yang dapat mengalahkan Neighbor dalam sekali serang. Secara mengejutkan, Yuuma mengaku bahwa dirinya adalah seorang Neighbor yang datang ke Jepang karena sebuah alasan. Dimulailah perjuangan Osamu dan Yuuma untuk menjadi agen Border kelas atas dan menyelamatkan umat manusia.

Karakter

© DAISUKE ASHIHARA/SHUEISHA, TOEI ANIMATION

Cerita ini berpusat kepada Osamu Mikumo dan dua orang rekannya, Yuuma Kuga dan Chika Amatori. Yuuma Kuga adalah seorang Neighbor manusia yang sudah berpengalaman di medan tempur di dunianya. Diketahui dunia Neighbor yang disebut Neighborhood adalah dunia di mana perang terjadi di mana-mana. Sedangkan Chika Amatori adalah teman masa kecil dari Osamu, seorang gadis cilik yang memiliki kapasitas Trion diatas rata-rata sehingga selalu menjadi incaran Neighbor. Ketiganya kemudian membentuk regu yang bertujuan untuk mencapai agen Border Rank A agar dapat ikut serta dalam misi ekspedisi Neighborhood untuk menyelamatkan kakak Chika dan manusia yang ditangkap dan dibawa ke dunia mereka.

Selain menceritakan perlawanan Border terhadap Neighbor, seri ini juga berfokus kepada rivalitas para agen Border. Dengan jumlah agen Border yang cukup banyak, Rank A sebanyak 30 orang, Rank B 100 orang, dan Rank C lebih dari 400 orang, tentunya banyak sekali karakter yang muncul dengan motivasinya masing-masing untuk menjadi agen Border papan atas. Menariknya, dengan banyaknya karakter yang telah muncul tersebut, masing-masing karakter tersebut memiliki aspek keunikannya masing-masing dan cukup memiliki andil yang besar di dalam ceritanya dan dikembangkan dengan cukup baik. Sedikit kekurangannya, karena karakter yang banyak tersebut, beberapa karakter memiliki kemiripan desain yang cukup mirip meskipun tidak sama persis.

© DAISUKE ASHIHARA/SHUEISHA, TOEI ANIMATION

Sistem Ranking

Saya pribadi sangat menyukai suatu seri yang didalamnya terdapat sistem peringkat untuk menentukan tingkat kemampuan karakter mereka seperti yang dilakukan seri One-Punch Man, Toaru Series, Shokugeki no Souma, dan sejenisnya. Meskipun pada kenyataannya peringkat yang dimiliki oleh suatu karakter tidak benar-benar menjamin kekuatan seseorang, tapi dengan adanya sistem peringkat ini dapat memberikan hirarki dan gambaran awal mengenai dinding yang harus ditempuh dan memberikan tujuan tambahan bagi para karakter utama.

Sistem peringkat ini juga diterapkan oleh organisasi Border untuk menentukan tingkat kemampuan agen-agennya. Tidak hanya ranking individu, tapi juga terdapat ranking regu agar suatu agen dapat naik jabatan menjadi ranking papan atas. Untuk menentukan peringkat agen Border ini, akan ada pertarungan peringkat antar agen yang disebut Rank Battle Solo dan Rank Battle Team.

Protagonis yang Hanya Orang “Biasa”

Jika pada umumnya tokoh utama adalah seseorang yang memiliki latar belakang khusus seperti masa lalu yang tragis atau keturunan dari orang berbakat, namun tidak pada kasusnya Osamu Mikumo. Selain dari identitas Ayah yang masih belum diungkap, sebelum bergabung dengan Border, Osamu hanyalah seorang siswa biasa yang rajin belajar dan jarang berolahraga yang menyebabkan lemahnya kekuatan fisik Osamu. Serta dengan hanya memiliki kapasitas Trion yang sedikit, sempurnalah dia menjadi Agen Border lemah tanpa bakat maupun kekuatan terpendam.

Meskipun lemah, dia memiliki sikap seperti tokoh utama pada umumnya yang selalu naif, terlibat dengan masalah orang lain dan berusaha menolongnya, serta memiliki semangat untuk berjuang keras dan pantang menyerah. Meskipun tidak bisa dibilang cerdas, tapi ia sadar dengan kelemahannya dan selalu mencari cara atau strategi untuk menutupi kelemahan tersebut. Osamu menjadi agen Border yang dikenal dengan strateginya dan berperan sebagai support untuk rekan timnya dalam memenangkan pertarungan peringkat. Walaupun masih menjadi agen Border yang relatif lemah, Osamu mampu merepotkan lawan-lawan yang lebih kuat darinya. Namun tetap saja bila bertarung satu lawan satu dengan agen lain, Osamu akan tetap kalah hanya dalam satu atau dua kali serang.

Ulasan anime World Trigger bersambung ke halaman selanjutnya.

7 KOMENTAR

  1. Menurut saya, hal yang paling menari pada seri ini adalah sistem kekuatannya, Power sistem di seri ini adalah yang paling stabil dari anime2 shounen lainnya, dengan pengecualian terhadap beberapa karakter (Yuma,Para Neighbor, Tamakoma 1, dan Para pengguna Black Trigger), pada dasarnya kekuatan karakter tidak hanya bergantung pada bakat dan kerja keras, namun pilihan dan tekad dari karakter tersebut. sederhananya, loe bisa pake set yang sama persis dengan orang lain, tapi belum tentu loe bisa menang atau imbang dengan karakter tersebut (contohnya Yuma vs Midorikawa) Penguasaan senjata, Medan, strategi, dan Pengalaman bisa jadi penentu kemenang disamping senjata atau kapasitas Trion yang loe punya.

    • nah bener banget nih
      dan ini salah satu anime shonen yang sistem hirarki nya sangat jelas dan ranking sistem yang menarik..

  2. Knp animenya g lanjut dan manganya keluar sebulan sekali.. dari manga dan anime saya sudah ikut sejak awal dan alurnya menarik dan tdk biasa.. Penokohan antar tokoh sangat kuat.. Dan ceritanya jelas tdk berbelit belit.. Berharap manga nya lebih cepat dan animenya segera digarap kembali..

  3. Sejauh ini, seri world trigger yang paling menggambarkan “oasis” bagi saya. Saya tidak sengaja menemukan judul ini di tahun 2016 dan langsung tertarik.

    Tapi ada satu arc yang gak ada di manganya yang membuat saya kurang suka, karena saya merasakan gaya ceritanya dibikin kayak shounen pada umumnya. Kalau tidak salah setelah serangan Aftokraktor.

    Setelah episode 73 menyatakan tamat, saya jadi agak sedih, apa lagi pas dengar manganya juga hiatus karena pengarangnya sakit.

    Sekarang sih sudah mulai lagi serial manganya, semoga pengarangnya tetap sehat.

  4. Gue pribadi sangat suka ini anime.. Sampe rela baca komik nya karena penasaran lanjutan cerita nya..

  5. Jadi kangen World Trigger setelah baca artikel ini hahaha.. sampai saat ini anime World Trigger memang benar-benar bagus, susah nyari yang kaya model World Trigger. Sayang ga ada season lanjutannya.. well, selama mangaka nya selalu sehat nyari komiknya tetap bakal gampang.

  6. Saya yang mengikuti komik dari awl keluarnya di tahun 2014 ,,dan saya sangat suka komik ini walaupun dulu masih sedikit yang membaca komiknya tapi sebetulnya ini series komik yang (menurut saya) paling menarik ceritanya serta komedi yang di barengin serta artnya yang menurut saya pas dengan komedi nya … Saya sudah mengikuti semua hal tentang world trigger dari game,komik,sampe anime nya dari tahun 2014 sampe sekarang pun menjadi fans setia nya dan menunggu komik yang masih late rilis nya dan anime nya yang masih belum ada kejelasan kelanjutannya ….
    Ganbatte Ashihara daisuke ,,kalo bisa tolong buku komik nya bisa dijual ditoko buku di indonesia karna cover bukunya bgs waktu sya liat di internet :’)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.