BAGIKAN

Dua komikus Indonesia lintas generasi, Beng Rahadian dan Mansjur Daman berkolaborasi satu sama lain dalam membuat sebuah komik novel grafis berjudul Sokasrana Syndrome. Novel grafis ini dirilis secara terbatas, langsung melalui Beng Rahadian.

This slideshow requires JavaScript.

Sokasrana Syndrome diangkat dari dua bersaudara karakter pewayangan, Bambang Sumantri dan Bambang Sukrasana. Namun di sini diceritakan bahwa kisah keduanya  terus berlangsung hingga di jaman modern. Tragedi perseteruan kakak beradik yang dengan dingin memisahkan udara dan darah dalam takdirnya sebagai saudara demi ego.

Advertisement Inline

Sokasrana Syndrome adalah komik kolaborasi dari Beng Rahadian, salah seorang aktivis komik dan penggerak komunitas komik Akademi Samali, bersama dengan Mansjur Daman atau yang lebih dikenal sebagai MAN, komikus 5 dekade lintas generasi yang telah banyak menerbitkan komik-komik di Indonesia, dengan salah satu karyanya yang terkenal adalah serial komik silat Mandala, dan juga Fajareka Setiawan yang menangani bagian tone/effectnya. Sokasrana Syndrome diterbitkan secara independen dan terbatas oleh penerbit asal Depok Komikita, dan terbit setebal 120 Halaman/Grayscale. Pengerjaan novel grafis ini sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2012 lalu, dan baru saja diterbitkan di tahun 2019.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.