BAGIKAN
KONCOF3ST

Akhir-akhir ini, banyak orang yang mengatakan bahwa event pop kultur Jepang di Indonesia, khususnya di Yogyakarta, mengalami penurunan kualitas dan pengurangan jumlah acara per tahunnya. Penyebabnya berakar dari berbagai masalah yang kerap muncul di acara itu sendiri, seperti harga tiket yang dirasa tidak terjangkau, kecurangan di kompetisi cosplay, rekrutmen volunteer yang hanya mengambil teman dekat, drama-drama baik di dunia nyata dan dunia maya, dan lain sebagainya. Namun, permasalahan-permasalahan tersebut seringkali hanya berakhir sebagai bahan pembicaraan pribadi, yang kemudian menimbulkan rasa penasaran kepada para pengunjung event mengenai apa yang sebenarnya terjadi dibalik fenomena menurunnya animo event Jejepangan.

Pengunjung memadati tempat acara.

Untuk mengupas hal itu semua, diadakanlah forum yang mempertemukan antara pengunjung dari beragam kalangan dan orang-orang yang berada di balik layar event organizer dalam acara Koncofest: Special Talkshow & Panel Discussion dengan tema “Tren Matinya Event Jejepangan.” Acara ini berlangsung pada Selasa (16/7) dimulai dari pukul 18.00 WIB dan bertempat di Koping Jogjatronik Mall lt.2, Yogyakarta.

Diskusi antar pembicara berlangsung dengan seru dan jenaka

Pembicara yang diundang berasal dari beberapa EO acara pop kultur Jepang, yaitu Alan G.B. (Project Director Japan Culture Daisuki, Malang), Konnichi K. (Stage Director Ennichisai dan CLAS:H, Jakarta), Pijar M. W. (CEO Imoutou Group, Surabaya) dan Eldibo L. (“Sesepuh” event jejepangan di Yogyakarta). Acara ini dipandu oleh MC Fina dan disertai dengan beberapa bintang tamu penghibur.

Seorang pengunjung bertanya kepada pembicara
Advertisement Inline

Banyak hal yang dibahas dalam diskusi panel Koncofest, seperti faktor-faktor penentu ­guest star yang diundang, penyebab dari harga tiket acara-acara Jejepangan yang sering dianggap mahal oleh sebagian pengunjung, apa yang terjadi di balik layar penjurian kompetisi cosplay, dan sebagainya. Diskusi berlangsung dengan nuansa menghibur dan seringkali diiringi dengan gelak tawa penonton kala para pembicara membeberkan beberapa rahasia di balik berjalannya acara-acara Jejepangan yang pernah mereka ampu. Di sela-sela acara, juga ada pembagian doorprize bagi pengunjung yang beruntung.

Dua orang staf KAORI juga ikut beruntung mendapatkan doorprize

Diskusi panel diakhiri dengan kesimpulan dari pembicara dan harapan-harapan dari pengunjung untuk event Jejepangan yang lebih baik kedepannya. Setelah itu ada juga penampilan dari bintang tamu The Gift Dragon yang membawakan lagu dagelan yang sontak mengundang gelak tawa penonton.

Penampilan dari bintang tamu The Gift Dragon

Penasaran seperti apa diskusi panel di Koncofest? Intip melalui video berikut ini:

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.