Penandatanganan MOU antara LRTJ dan TJ | Foto: Fasubkhanali

Pada Jumat (26/7), PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dan PT LRT Jakarta (LRTJ) melakukan kick-off layanan terintegrasi. Layanan terintegrasi di sini yaitu terintegrasi secara fisik, rute dan pembayaran.

Untuk integrasi secara fisik, penumpang LRTJ maupun penumpang Transjakarta dapat berpindah moda dari Stasiun LRT Velodrome menuju Halte Pemuda Rawamangun dan sebaliknya menggunakan skybridge. Integrasi dengan skybridge ini memudahkan para penumpang berpindah moda dengan aman dan nyaman.

Dengan terintegrasinya kedua moda ini secara fisik, maka terintegrasi juga rutenya. LRTJ yang memiliki rute dari Stasiun Pegangsaan Dua sampai Stasiun Velodrome sepanjang 5,8 km akan terintegrasi rutenya dengan berbagai rute bus Transjakarta di Halte Pemuda Rawamangun. Halte Pemuda Rawamangun sendiri melayani 1 koridor dan 7 rute sehingga mampu mengantarkan penumpang LRTJ ke berbagai tujuan. Targetnya, masyarakat dapat menuju Sudirman dari Kelapa Gading hanya ditempuh selama 50 menit atau kurang dari 1 jam perjalanan.

Advertisement Inline

Integrasi pembayaran juga dilakukan di kedua moda ini. Dimulai sejak kick-off integrasi ini, pengguna LRTJ dapat langsung menggunakan skybridge dengan melakukan tap out di gate Stasiun Velodrome yang menuju skybridge. Penumpang cukup melakukan satu kali tap untuk keluar dari Stasiun Velodrome dan langsung masuk ke area Transjakarta. Dengan satu kali tap ini, penumpang sudah membayar dua moda transportasi sekaligus.

Gate integrasi di depan Skybridge dari Stasiun Velodrome menuju Halte Pemuda Rawamangun | Foto: Fasubkhanali

Pada uji coba integrasi pembayaran ini, pengguna LRTJ akan dikenakan pemotongan saldo sebesar Rp2000. Pemotongan saldo ini akan diganti oleh LRTJ. Penumpang yang hendak tap-in menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE), dapat mengambil voucher dan menukarkan kembali voucher tersebut saat tap out. Petugas akan mengganti voucher tersebut dengan uang tunai sebesar Rp2000. Sistem integrasi ini mengharuskan penumpang LRTJ yang ingin menuju Halte Transjakarta melalui skybridge melakukan tap in dengan KUE sejak awal perjalanan.

Penumpang dapat menggunakan 5 jenis KUE yaitu Flazz (Bank BCA), TapCash (Bank BNI), Brizzi (Bank BRI), E-Money (Bank Mandiri) dan JakCard (Bank DKI). Selain itu, masyarakat juga masih dapat menggunakan kartu Journey Trip dengan menunjukkan identitas diri di loket stasiun.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.