BAGIKAN
(Foto: Halimun Muhammad)

Sebagai salah satu seri komik dan anime yang telah terus berlanjut dalam waktu yang lama, Detektif Conan juga telah rutin dihadirkan di layar lebar setiap tahun sejak 1997. Film-film Detektif Conan juga telah tayang resmi secara reguler di bioskop-bioskop Indonesia sejak 2014 dengan filmnya ke-18, Dimensional Sniper (Ijigen no Sniper). Dan di tahun 2019, film terbaru Detektif Conan yang kali ini berjudul The Fist of Blue Sapphire (Konjou no Fist) juga mulai tayang di bioskop Indonesia sejak tanggal 24 Juli (ulasan filmnya dapat dibaca di sini).

Menyambut tayangnya film terbaru ini, salah satu komunitas penggemar Detektif Conan di Indonesia, yaitu Conan Fans Club kembali mengadakan acara nonton bareng yang kali ini diadakan di tujuh kota/daerah yang berbeda, yaitu Yogyakarta, Jabodetabek, Surabaya, Makassar, Bandung, Semarang/Surakarta, dan Medan. Di daerah Jabodetabek sendiri acara nonton bareng ini diadakan di bioskop CGV D’Mall Depok pada hari Minggu tanggal 28 Juli 2019.

Advertisement Inline

Acara nonton bareng di daerah Jabodetabek ini berhasil menjadi acara yang ramai, dengan tiket yang tersedia telah terjual habis (sold out) hanya dalam waktu empat hari sejak pre-order dibuka. Mendekati waktu meja penukaran tiket dibuka oleh panitia pada pukul 10.15, peserta nonton bareng mulai datang dalam rombongan ke lounge bioskop. Para peserta dari berbagai usia banyak yang datang dengan berbagai pernak-pernik Detektif Conan seperti kaos, jaket, tas, dan boneka. Dapat dilihat juga peserta yang mengenakan pernak-pernik bergambar anime lainnya seperti Attack on Titan hingga yang mengenakan hoodie Umaru. Ada juga peserta yang cosplay sebagai karakter Detektif Conan dengan pilihan kostum yang cukup casual. Sebagian besar peserta tentu saja datang dari kota-kota Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi. Namun Ketua panitia dari Conan Fans Club, Alfaridzi, menyebutkan ada beberapa peserta yang mendaftar dari Tasik.

Antrean peserta nonton bareng saat meja penukaran tiket baru dibuka (foto: Halimun)

Setelah peserta menukarkan tiket, pada pukul 11.05 kegiatan-kegiatan dimulai di area yang telah disediakan di lounge bioskop. Perwakilan komunitas-komunitas yang menjadi partner acara ini, yaitu Detectives ID, INA FANDUB, Tangerang Otaku Community, dan DMKFI, mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan komunitas masing-masing. Panitia juga menghadirkan beberapa cosplayer sebagai karakter-karakter yang muncul di film kali ini, yaitu Maziri sebagai Kaito Kid, Sei Harutsuiki sebagai Shinichi Kudo, Yuzu Kitami sebagai Ran Mouri, Amami sebagai Sonoko Suzuki, dan Regha Castor sebagai Makoto Kyogoku. Setelah itu, panitia memulai kuis tebak karakter berdasarkan pose khas beberapa karakter Detektif Conan yang diperagakan oleh panitia. Dua peserta yang berhasil menebak dengan benar mendapatkan hadiah dalam sesi kuis kali ini.

Area lounge bioskop yang disediakan untuk kegiatan Conan Fans Club (foto: Halimun)

Setelah jeda untuk istirahat salat dan makan siang, para peserta mulai memasuki ruangan teater yang digunakan untuk nonton bareng. Tidak lupa sebelum pemutaran film peserta diingatkan untuk menjaga ketertiban dan tidak meninggalkan sampah makanan dan minuman di ruang teater. Setelah Maziri sebagai Kaito Kid yang merupakan tokoh penting dalam film kali ini memberikan sambutan, film pun dimulai. Sepanjang pemutaran film, para penonton dapat terdengar merasa terhibur oleh aksi-aksi para tokoh maupun momen-momen antar karakter, misalnya saat Kid bertemu Kyougoku. Tidak lupa, penonton juga sangat antusias ketika teaser film Conan untuk tahun berikutnya ditampilkan setelah credit roll berakhir.

Sang pencuri peran utama film (Foto: Halimun)

Setelah film berakhir, tiba waktunya untuk pemberian doorprize di mana penonton dengan nomor kursi yang dipilih secara acak dapat memperoleh beberapa hadiah seperti novel Conan dan Arsene Lupin atau poster resmi film The Fist of Blue Sapphire. Penonton yang tidak beruntung mendapatkan hadiah dari doorprize juga berkesempatan mendapatkan hadiah lainnya dalam kuis mengenai film yang baru saja ditonton. Acara ditutup dengan pengambilan foto bersama di dalam ruang teater, sebelum kemudian peserta keluar dan dapat berfoto dengan cosplayer di lounge bioskop.

(Foto: dokumentasi Conan Fans Club)

Sebagaimana diceritakan oleh Alfaridzi, Conan Fans Club telah mengadakan acara nonton bareng sejak pertama kalinya film Detektif Conan tayang di bioskop Indonesia di tahun 2014. Namun baru sejak 2018 acara nonton bareng juga diisi dengan kegiatan-kegiatan. Lokasi di CGV Depok untuk daerah Jabodetabek tahun ini dipilih karena urusan birokrasi dengan manajemennya untuk mengadakan kegiatan lebih mudah, sehingga biaya tiket untuk peserta bisa lebih murah dibandingkan dengan kandidat lokasi lainnya di Jakarta. Syarat yang disampaikan dari pihak manajemen hanyalah agar tidak ada kegiatan berjualan sesuatu. Faktor kemudahan birokrasi itu juga yang menjadikan Teraskota Tangerang dipilih sebagai lokasi nonton bareng di tahun sebelumnya. Namun ia juga tidak menutup kemungkinan untuk Conan Fans Club mengadakan acara nonton bareng di bioskop di Jakarta jika birokrasi dengan manajemennya bisa lebih kooperatif.

Para cosplayer yang turut meramaikan acara nonton bareng (foto: dokumentasi Conan Fans Club)

Secara keseluruhan, acara nonton bareng tahun ini terbilang cukup lancar. Jika ada hal yang dapat ditingkatkan, sebenarnya akan menarik jika cosplayer dapat dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan yang lebih interaktif selain berfoto dengan peserta, misalnya dengan memandu acara kuis. Akhir kata, semoga tahun depan Conan Fans Club dapat kembali mengumpulkan penggemar-penggemar Conan untuk menonton film berikutnya dengan meriah dan dengan kegiatan yang lebih variatif.

Intip ulasan KAORI terhadap film Detective Conan: The Fist of Blue Sapphire berikut ini:

Ulasan Film Detective Conan: The Fist of Blue Sapphire: Butuh Lebih Banyak Momen Antara Kid dan Kyogoku

KAORI Newsline | Liputan oleh Halimun Muhammad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.