BAGIKAN
Comic Frontier 13

Comic Frontier hadir untuk membangun industri kreatif di Indonesia. Mempertemukan para insan kreatif yang terus berkarya, perhelatan ini  menjadi ajang untuk unjuk karya para kreator muda Indonesia. Menghadirkan berbagai kreasi komik dan animasi karya para kreator kreatif dalam negeri, kehadiran acara ini selalu dinanti oleh para penikmat budaya populer. Antusiasme yang luar biasa tersebut, akhirnya mewujudkan perhelatan Comic Frontier 13 pada September mendatang.

Sejak pertama kali dilaksanakan, Comic Frontier telah hadir sebagai wadah bagi para kreator lokal untuk unjuk karya kreatif kepada para pengunjung dan sesama kreator yang hadir. Acara Comic Frontier 13 ini menghadirkan lebih dari 500 insan kreatif yang akan bergabung dan menambah semarak meriah yang ada di acara ini. Comic Frontier 13 membuka kesempatan untuk terjadinya kolaborasi kepada seluruh insan kreatif yang hadir dalam perhelatan ini. Tidak hanya itu, acara ini juga menjadi ajang berkumpul bagi para penggemar karya kreatif untuk bertemu dengan para kreator yang mereka kagumi.

Menyemarakkan semangat kreativitas yang ada di Comic Frontier 13, dalam acara ini juga akan diadakan beberapa workshop yang membahas mengenai pengembangan karya kreatif. Salah satu workshop yang ada di acara ini adalah tentang “Etika Membangun Circle” yang dibawakan oleh Afdhal Gamalsyah Putra, founder dari Creatrip. Selain itu lembaga kursus bahasa Jepang dan manga Ikuzo! juga akan mengadakan workshop tentang profesionalisme dalam berkarya.

Advertisement Inline

Comic Frontier 13

Ada beragam cara yang bisa dilakukan oleh para kreator untuk menunjukkan karyanya di Comic Frontier 13. Dalam acara ini pengunjung juga bisa menunjukkan bakatnya dalam Utattemita Session yang diadakan di panggung utama. Utattemita Session adalah sesi khusus selama 2 jam (dari jam 10.00-12.00) di mana seluruh pengunjung bisa berkaraoke dan bahkan melakukan live dubbing. Untuk mengikuti Utattemita Session ini para pengunjung diharuskan melakukan registrasi karena slot yang dibuka terbatas.

Perhelatan Comic Frontier ke-13 juga dimeriahkan oleh berbagai insan kreatif, salah satunya adalah Nanairo Symphony. Grup vokal yang beranggotakan 7 penyanyi berbakat ini menyanyikan berbagai lagu anime di berbagai perhelatan pop kultur di Indonesia. Nanairo Symphony juga aktif merilis karya pada kanal YouTube resmi mereka yang beralamat di https://www.youtube.com/nanairosymphony.

Comic Frontier 13 Nanairo Symphony

Selain itu, Comic Frontier 13 juga disemarakan oleh grup orkestra Waltzio Edutainment. Dikenal sebagai grup orkestra yang sering memainkan lagu soundtrack dari film karya studio animasi Ghibli seperti My Neighbor Totoro, membuat mereka dikenal di kalangan penggemar animasi Ghibli. Kepopuleran yang dimiliki juga membuat mereka diundang menjadi bintang tamu pada eksibisi khusus film animasi karya studio animasi Ghibli yang dilaksanakan di Jakarta. Selain itu, grup orkestra ini juga dikenal sering memainkan lagu soundtrack dari berbagai game JRPG klasik.

Terakhir, Comic Frontier yang selalu menghadirkan aksi penutup dari DJ untuk mengajak para pengunjung mengguncang panggung pada akhir perhelatan ini. Kini, Comic Frontier 13  akan mengundang seorang DJ asal Jepang, yaitu DJ Sunamori dan DJ Misawa. yang dikenal sebagai DJ yang khusus membawakan berbagai musik dan lagu bernuansa Pop Culture. Tentu saja, kehadiran DJ Sunamori akan menjadi puncak kesemarakan acara Comic Frontier 13.

Sebagai perhelatan yang menghadirkan berbagai insan kreatif, Comic Frontier 13 ini, turut menghadirkan dua kreator web comic berbakat asal Indonesia. Keduanya akan berbagai pengalaman mereka kepada para pengunjung yang hadir. Tidak hanya itu, para pengunjung juga dapat berinteraksi secara langsung dengan kedua kreator web comic tersebut dalam perhelatan ini.

Kreator pertama adalah pengarang web comic berjudul He is Gynophobic. Diterbitkan di platform Ciayo, web comic ini bercerita tentang seorang remaja pria bernama Afrizky Budiutomo yang selalu menjauh dari perempuan. Tanpa disangka, dirinya malah bertemu dengan seorang gadis bernama Oksa yang terobsesi dengan dirinya. Bagi yang ingin bertegur sapa dengan kreator, kalian dapat langsung menuju ke laman resmi yang beralamat di https://www.facebook.com/heisgynophobic/ dan https://www.instagram.com/heisgynophobic/.

Komikus kedua adalah Kreator dari web comic berjudul Rika Si Preman Sekolah yang saat ini juga diterbitkan di platform Ciayo. Rika si Preman Sekolah merupakan web comic yang menceritakan petualangan absurd Rika bersama dengan teman-temannya di sekolah yang dipenuhi oleh kejadian menarik serta mengundang tawa dari para pembaca. Kalian juga bisa bertegur sapa dengan kreator dari Rika si Preman Sekolah melalui laman resminya di https://www.facebook.com/rikappuchino/ dan https://www.instagram.com/rikappuchino/.

Perhelatan Comic Frontier 13 akan diselenggarakan pada 7 – 8 September mendatang di gedung Kartika Expo Center, Balai Kartini, Jakarta Selatan. Lokasi ini telah menjadi tempat penyelenggaraan Comic Frontier sejak 2017 hingga saat ini. Tiket masuk acara dijual dengan harga Rp 30.000 melalui loket tiket yang dibuka di lokasi acara dilaksanakan. Loket tiket mulai beroperasi sejak pagi hari untuk mengantisipasi antrian panjang dari para pengunjung yang sangat antusias menyambut ajang yang mempertemukan insan kreatif ini.

Sekilas tentang Comic Frontier

Comic Frontier merupakan acara ekshibisi kreatif yang telah rutin diselenggarakan setiap tahun. Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012. Saat pertama kali diselenggarakan Comic Frontier hanya menampung 35 lingkar kreatif untuk bergabung. Seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, Comic Frontier telah menjadi sebuah gerakan kreatif yang mampu menghimpun ratusan kreator dalam satu event.

Acara ini diselenggarakan dengan harapan agar Comic Frontier bisa menjadi sebuah event yang memberikan ruang baru kebebasan berekspresi dalam industri kreatif tanpa adanya batasan stigma dari masyarakat. Event ini juga diharapkan mampu menjadi penggerak industri kreatif Indonesia dengan menghimpun berbagai kalangan mulai dari kreator independen, komunitas, hingga kreator profesional. Memberikan yang terbaik bagi seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini tanpa harus meninggalkan siapapun adalah hal yang diperjuangkan dalam event ini.

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.