BAGIKAN

Pada perhelatan Comic Frontier 13 atau Comifuro 13 yang digelar pada 8-9 September lalu, kami berkesempatan untuk ngobrol-ngobrol singkat dengan Kang Sudwi Karyadi, selaku Penanggung Jawab acara unjuk gigi para insan kreatif tersebut. Kami banyak mengobrol perihal venue acara serta melihat ke belakang penyelenggaraan Comifuro sendiri yang sudah banyak berganti-ganti tempat bernaung.

“Comic Frontier 4, Gelangang Remaja, Jakarta Timur.”

Event Comifuro sendiri awalnya digelar bersama dengan Gelar Jepang UI di Pusat Studi Bahasa Jepang Universitas Indonesia, kemudian berpindah ke Gelangang Remaja Otista di daerah Jakarta Timur, lalu gedung Smesco dengan ciri khas kubah putihnya, pergi meluncur ke atas langit di Integrity Convention Center (ICC), Kemayoran dan kembali membumi di Balai Kartini Kartika Expo Centre.

Apakah Comifuro akan mengikuti jejak Ennichisai yang lokasi penyelenggaraannya dipastikan akan pindah? Lalu, akan ke mana lagi Comic Frontier membawa para penggiat acara jejepangan? Apakah Balai Kartini masih sanggup menampung antusiasme para pengunjung dan pengisi stand setelah yang kelima kalinya? Simak wawancara kami di bawah ini.

Advertisement Inline

* Transkrip wawancara telah diubah untuk keperluan jurnalistik.

Pertama-tama, boleh memperkenalkan diri dulu, Kang?

“Saya Sudwi Karyadi, dari Comifuro selaku penanggung jawab acara Comifuro.”

Melihat pertumbuhan pengunjung dan perkembangan para exhibitor tiap tahun. Ada rencana gak Comifuro ingin pindah venue?

“Ada sih rencana untuk pindah venue.”

Faktor apa sih yang jadi pertimbangan utama untuk rencana pindah ini?

“Dari pengunjung dan tempatnya juga mulai semakin kurang bisa menampung, circle atau tempat jualan untuk para exhibitor itu gak bisa nambah lagi.”

Comic Frontier 13 Comifuro 13
“Comic Frontier 13, Balai Kartini Kartika Expo Center.”

Kalau begitu apakah ada pendataan untuk menghitung berapa banyak circle yang tidak bisa atau kehabisan tempat?

“Kalau itu gak ada sih, paling kita melihat dari waktu pendaftarannya. Kalau dulu bisa sebulan lebih baru slot pendaftarannya penuh, sekarang tiga minggu saja sudah penuh. Dari sana bisa kami bisa menarik kesimpulan kalau demand-nya semakin tinggi.”

Kalau misalkan wacana pindah ini benar ingin dilaksanakan, sudah ada rencana ingin ke mana?

Kita sudah survei beberapa tempat. JCC sudah, JIExpo sudah, ICE BSD sudah. Atau kita sewa dua hall di depan Kartika Expo (tempat istirahat pengunjung dan kumpul para cosplayer, red.) jadi jualannya bisa di sana atau stage di sana. Tetapi itu baru kemungkinan karena kami masih di proses survei.

Bagaimana menurut Anda? Apakah penyelenggaraan Comic Frontier lebih baik pindah atau tetap di tempatnya saat ini di Balai Kartini? Tulis pendapatmu di kolom komentar!

KAORI Newsline

 

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.