BAGIKAN
Odakyu Railway, salah satu operator KA yang rencananya juga akan menghentikan layanan KA-nya sementara waktu (KAORI Nusantara/Farouq Adhari)
Odakyu Railway, salah satu operator KA yang rencananya juga akan menghentikan layanan KA-nya sementara waktu (KAORI Nusantara/Farouq Adhari)

Kabar datangnya badai topan super “Hagibis” yang akan menerjang sebagian wilayah Jepang, membuat sejumlah operator kereta api (KA) di timur Jepang khawatir. Setelah sebelum East Japan Railway Company (JR East) telah mengumumkan akan menghentikan sementara operasional KA-nya pada Kamis (10/10), sejumlah operator KA lainnya juga ikut mengumumkan kemungkinan penghentian sementara layanan pada sejumlah KA. 

Operator KA seperti Central Japan Railway (JR Tokai), JR East, dan Odakyu Electric Railway (Odakyu) telah mengumumkan bahwa mereka akan menutup sementara beberapa layanan KA-nya.

Pihak JR East melalui laman resminya mengabarkan kemungkinan penghentian sementara seluruh operasional KA-nya mulai dari kereta konvensional hingga Shinkansen pada tanggal 12 – 13 Oktober 2019. Sementara itu, JR Tokai telah menginformasikan bahwa mereka akan mengurangi atau bahkan menghentikan sementara layanan kereta cepatnya yaitu Tokaido Shinkansen pada saat datangnya badai Topan tersebut. Dua perusahaan yang berada di bawah naungan Japan Railway Group ini  mengatakan akan terus memperbarui situasi terkait operasionalnya selama badai Topan Hagibis melewati wilayah Jepang.

Shinkansen Nozomi
Operator KA Cepat, JR Tokai berencana akan menghentikan sementara layanan Tokaido Shinkansen terkait datangnya Topan Hagibis
Advertisement Inline

Baca Juga: Topan Hagibis Dekati Jepang, JR East Pertimbangkan Hentikan Sementara Operasional Keretanya

Selain dua perusahaan JR Group, Odakyu juga mengumumkan akan memberhentikan sementara layanan Romance Car-nya sepanjang tanggal 12 Oktober 2019. Layanan Romance car ini merupakan layanan KA yang menghubungkan antara Stasiun Shinjuku dan area wisata seperti Hakone dan Izu. Tak ketinggalan, layanan kereta regulernya mungkin juga akan dihentikan sementara dari Sabtu (12/10) hingga Minggu (13/10) pagi.

Odakyu Railway (KAORI Nusantara/Farouq Adhari)

Operator KA lainnya, Seibu Railway melalui rilis resminya juga menginformasikan akan menghentikan sejumlah operasional KA-nya mulai Sabtu (12/10) siang. Sementara itu, Tokyu melalui aplikasinya juga mengabarkan bahwa mereka akan mengurangi jumlah perjalanan KA-nya di semua jalurnya pada hari Sabtu (12/10) mulai jam 9 pagi waktu setempat.

Depo kereta Nagatsuta milik Tokyu Electric Railway (KAORI Nusantara/Farouq Adhari)

Hagibis yang dikategorikan oleh Badan Perkiraan Cuaca milik Militer Amerika Serikat sebagai badai topan kategori 5 ini tengah dalam perjalanannya menuju wilayah Jepang. Badai dengan kategori 5 pada Skala Saffir-Simpson merupakan badai topan dengan kekuatan tertinggi dengan kecepatan angin yang bisa mencapai 252 km/jam. Topan Hagibis ini diperkirakan akan mencapai wilayah Tokyo pada hari Sabtu (12/10) malam. Topan ini ditakutkan akan membuat kerusakan yang sama seperti wilayah Chiba yang diterjang oleh badai topan no. 15 pada  9 September lalu.

Cemplus Newsline by KAORI 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.