MRT Jakarta Lakukan Perjanjian Kerja Sama Pemanfaatan Informasi dan Peringatan Dini dengan BMKG

0

Pada Rabu (5/2), PT. MRT Jakarta (Perseroda) menjajaki kerjasama dengan Balai Besar Metrologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah Tangerang Selatan II. Kerjasama ini bertujuan untuk Pemanfaatan Informasi dan Peringatan Dini bencana alam dalam pengoperasian MRT Jakarta.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan di Kantor MRT Jakarta di bilangan Bundaran HI, Jakarta Pusat. Dilaksanakan oleh Direktur Operasional dan Pemeliharaan MRT Jakarta, Muhammad Effendi dengan Kepala Balai Besar Metrologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah Tangerang Selatan II, Hendro Nugroho, dan dihadiri oleh Kepala BMKG, Prof. Dwikorita Karnawati, serta Direktur Utama PT. MRT Jakarta, William Sabandar.

“Melalui kerja sama ini, kita bisa mendapatkan informasi dan melakukan langkah-langkah antisipasi serta mitigasi dalam kaitan dengan operasi MRT Jakarta, termasuk konstruksi fase 2 dan selanjutnya,” jelas William Sabandar. “Dengan data yang lebih dini dan valid tersebut kita bisa mengetahui gejala alam yang kemungkinan berdampak terhadap keamanan, keselamatan, serta layanan MRT Jakarta,” jelas ia. Direncanakan perjanjian ini akan berlaku hingga tiga tahun ke depan.

“Dengan kerja sama ini, informasi yang selama ini sudah bisa diperoleh melalui gawai dan situs web, akan meningkatkan kecepatan informasi yang diterima tersebut. Akan melalui sistem server to server. Selain itu juga, tahun ini BMKG sedang menyiapkan observasi kondisi kegempaan di Jakarta dengan mengumpulkan data-data agar kita lebih waspada dan hati- hati,” ujar Dwikorita.

Advertisement Inline

Cemplus Newsline by KAORI Nusantara

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.