Ada banyak kegembiraan di Comic Frontier (Comifuro). Acara pasar komik kawakan ini sejatinya menjadi ajang perkumpulan dan tempat mempererat tali silaturahmi sembari berbelanja. Tetapi Balai Kartini adalah kawasan perkantoran, jadi tidak ada pilihan nyaman untuk kongkow di sekitar venue. Lalu bagaimana bila setelah selesai menunaikan ibadah atau tujuan di Comifuro tapi masih mau lanjut nongkrong lagi? Kelapa Gading bisa jadi alternatif menarik.

Daerah Kelapa Gading terkenal sebagai kawasan kuliner. Berbagai macam makanan dan tempat hang-out dari berbagai level budget tersedia di sini. Dari restoran cepat saji sampai fine dining, kumpul komunitas atau kencan, semua bisa dilakukan di Kelapa Gading. Not to mention kehadiran toko mainan kenamaan yang letaknya persis di depan Mal Kelapa Gading.

Menuju Kelapa Gading

LRT di Stasiun Velodrome (KAORI Nusantara/Farouq Adhari)

Daerah ini sebelumnya sulit diakses dengan transportasi umum. Tetapi sejak LRT Jakarta dibuka, akses ke Kelapa Gading jadi sangat mudah. Hanya perlu biaya Rp8.500 dari halte busway Transjakarta Kuningan Timur ke stasiun Boulevard Utara.

Advertisement Inline

Caranya, naik bus rute 4H Ragunan – Pulogadung, kemudian turun di halte Pemuda Rawamangun. Di halte ini, tersedia skybridge yang langsung menghubungkanmu ke stasiun LRT Jakarta Velodrome. Pastikan masing-masing memiliki kartu karena berbeda dari Transjakarta, berlaku aturan satu orang satu kartu untuk naik LRT Jakarta.

Perjalanan dengan LRT menuju Boulevard Utara ditempuh hanya 10 menit saja. Tanpa terasa, kereta tiba di stasiun Boulevard Utara.

Rekomendasi Restoran

Mau halal atau non-halal, pilihannya ada di kamu. Bila memutuskan turun di stasiun Boulevard Utara namun bingung mau makan apa, kamu bisa nongkrong di KFC Kelapa Gading. KFC dengan dua lantai ini menghadirkan suasana cozy untuk berleyeh-leyeh atau sekadar menghabiskan senja dengan paket Double Down.

Tidak jauh dari KFC, ada Multi Toys & Cafe. Salah satu toko hobby tertua di Kelapa Gading ini kini membuka kedai kopi dan makanan ringan, di mana kamu bisa nongkrong dengan ditemani berbagai macam mainan dan figur. Harganya tidak terlalu mahal; segelas roasted coffee dapat dinikmati dengan harga 20 ribuan dan Indomie goreng/telor dengan harga 15 ribu rupiah saja.

Bila tidak puas, menyeberanglah ke Mal Kelapa Gading. Foodcourt-nya menawarkan berbagai kedai yang beragam. Ramen Ippudo? CoCo Curry? Padang Merdeka? Semuanya ada di sini.

Kembali Ke Rumah

Bus angkutan malam hari (Amari) Transjakarta oleh Bianglala Metropolitan (BMP). (Foto: M Harits)

Hari sudah gelap dan badan pasti sudah lelah, diforsir dari event sampai malam. Tetapi pulang tidak lagi menakutkan. LRT Jakarta keberangkatan terakhir pukul 22:24 dari stasiun Boulevard Utara siap membawamu kembali ke rumah. Untuk menuju halte transit Harmoni Central Busway, turun di stasiun Pulomas dan bersambung dengan Transjakarta Koridor 2 Pulogadung – Harmoni. Sedangkan bagi kamu yang hendak pulang ke Bogor, Bekasi, atau Lebak Bulus, turunlah di stasiun Velodrome.

Kembali melewati skybridge, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan Transjakarta Koridor 4 Pulogadung – Tosari menuju tengah kota dan bersambung dengan KRL Jabodetabek (stasiun Manggarai atau Sudirman) atau MRT Jakarta di stasiun Dukuh Atas. Bagi yang rumahnya terjangkau Transjakarta, 11 rute utama beroperasi 24 jam dan siap menemanimu pulang larut malam.

Jadwal Keberangkatan Terakhir KRL dan MRT

ModaTujuanJam
MRT Jakarta (Stasiun Bundaran HI)Lebak Bulus Grab23:31
KRL (Stasiun Manggarai)Bogor00:09
KRL (Stasiun Manggarai)Bekasi00:14
KRL (Stasiun Manggarai)Duri, Tangerang23:18

Jadwal dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Rute Transjakarta Beroperasi 24 Jam

NomorRute (p.p)Halte utama yang dilewatiTransit antar koridor (halte)
M1Blok M – KotaBundaran Senayan, Dukuh Atas 1, Tosari, Bundaran HI, Sarinah, Monas, HarmoniM2, M3, M6, M7, M8 (Harmoni), M4 (Tosari)
M2Pulogadung 1 – HarmoniMonas, Gambir, Senen, Cempaka Timur, ASMI, PulomasM1, M3, M6, M7, M8 (Harmoni), M5 (Senen), M10 (Cempaka Timur)
M3Harmoni – KalideresSumber Waras, Grogol 1, Indosiar, Dispenda, Sumur BorM1, M2, M6, M7, M8 (Harmoni), M9 (Grogol 1)
M4Pulogadung 2 – TosariTU Gas, Pemuda Rawamangun, UNJ, Pramuka BPKP, Matraman 2, Manggarai, Pasar Rumput, HalimunM10 (Pramuka BPKP), M5 (Matraman 2), M1 (Tosari)
M5PGC 1 – AncolGunung Sahari Mangga Dua, Jembatan Merah, Senen, Salemba Carolus, Matraman 1, Kebon Pala, Kampung Melayu, Bidara Cina, Cawang Otista, BNN, Cawang UKIM2 (Senen), M4 (Matraman 1), M7, M9, M10 (Cawang UKI)
M6Ragunan – HarmoniSMK 57, Pejaten, Duren Tiga, Mampang Prapatan, Kuningan Timur, Karet Kuningan, Setiabudi AINI, Sarinah, MonasM9 (Kuningan Timur), M1, M2, M3, M7, M8 (Harmoni)
M7Kampung Rambutan – HarmoniFlyover Raya Bogor, Pasar Induk, PGC 1, Cawang UKI, BNN, Cikoko Stasiun Cawang, Pancoran Tugu, Kuningan Barat, Semanggi, Karet Sudirman, Bundaran HI, Sarinah, MonasM1, M2, M3, M6, M8 (Harmoni), M5, M9, M10 (Cawang UKI)
M8Lebak Bulus – HarmoniPondok Indah 1, Pasar Kebayoran Lama, Permata Hijau, Kedoya Green Garden, Indosiar, Jelambar, Grogol 1, Sumber WarasM1, M2, M3, M6, M7 (Harmoni)
M9Pinang Ranti – PluitCawang UKI, BNN, Pancoran Tugu, Kuningan Barat, Semanggi, Slipi Petamburan, S Parman Podomoro City, Grogol 2,M5, M7, M10 (Cawang UKI), M6 (Kuningan Barat), M1 (Semanggi), M3, M8 (Grogol 2)
M10PGC 2 – Tanjung PriokCawang UKI, Penas Kalimalang, Stasiun Jatinegara, Pemuda Pramuka, Cempaka Putih, Cempaka Mas, Sunter Kelapa Gading, Walikota Jakarta UtaraM4 (Pemuda Pramuka), M2 (Cempaka Mas), M5, M7, M9 (Cawang UKI)
M11Pulogebang – PulogadungWalikota Jakarta Timur, Buaran, Pasar PulogadungM2, M4 (Pulogadung)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.