Bunuh Diri Di Jepang Tahun 2019 Tercatat Terendah Sepanjang Sejarah, Mayoritas Dilakukan Remaja

0
bunuh diri
Gambar hanyalah ilustrasi @ Sion Sono / Omega Project

Jepang tercatat menjadi negara dengan tingkat bunuh diri nomor 5 terbesar di dunia, setelah Korea Selatan dan Amerika.  Namun pada tahun 2019, Jumlah kasus bunuh diri di Jepang mencatatkan rekor terendah sejak tahun 1978, ketika Jepang mengalami lonjakan peningkatan ekonomi terbesar. Hal tersebut menjadi kabar mengejutkan di tengah usaha pemerintah untuk menekan fenomena depopulasi di negara sakura tersebut.

Dilansir dari JapanTimes, angka bunuh diri pada tahun 2019 tercatat sebanyak 20.169 Jiwa, atau turun sebesar 3,7 % dari tahun sebelumnya. Pada tingkat persentase dengan populasi masyarakat Jepang tercatat terdapat 16 jiwa, yang melakukan bunuh diri dari 100.000 jiwa. Hal tersebut menorehkan rekor terbesar dalam upaya mengurangi tingkat bunuh diri di Negara G7 (Negara yang tercatat 7 ekonomi terbesar di dunia).

Advertisement Inline

Meskipun telah tercatat terendah sepanjang sejarah, namun tingkat bunuh diri telah bergeser kepada kelompok usia yang lebih muda. Jumlah remaja dalam pendidikan dan kelas pekerja muda yang melakukan bunuh diri naik sebesar 60 jiwa dari tahun sebelumnya menjadi 659 jiwa. Penyebab bunuh diri saat ini mayoritas disebabkan oleh perudungan dan intimidasi yang dilakukan oleh teman dan senior di linkungan kerja maupun sekolah.

Dahulu beberapa kasus bunuh diri di Jepang seringkali didasari oleh tekanan pekerjaan dan kehormatan yang diemban oleh masyarakatnya. Namun melihat fenomena yang terjadi saat ini, tentu saja menjadi perhatian khusus oleh pemerintah Jepang untuk menekan kasus bunuh diri yang menyerang kelas usia produktif. Sebelumnya, seorang anak di Jepang melakukan bunuh diri yang disebabkan oleh perundungan oleh teman – teman nya.

KAORI Newsline

Pemberitahuan:  Artikel ini tidak bertujuan menginspirasi tindakan bunuh diri.

Pembaca yang memerlukan layanan konsultasi masalah kejiwaan, terlebih terbersit keinginan melakukan percobaan bunuh diri, jangan ragu bercerita, konsultasi atau memeriksakan diri ke psikiater/psikolog di rumah sakit yang memiliki fasilitas layanan kesehatan jiwa.

Berbagai saluran telah tersedia bagi pembaca untuk menghindari tindakan bunuh diri, salah satunya adalah menghubungi kesehatan jiwa di rumah sakit terdekat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.