Dampak Virus Corona, Comiket Musim Panas 2020 Dibatalkan

0

Menyusul pengumuman penundaan Olimpiade 2020, perhelatan rutin tahunan pasar komik Comic Market (Comiket) untuk musim panas ini dibatalkan.

Jepang mulai mengikuti negara lain dalam hal tanggap darurat Covid-19 (virus corona). Seharusnya, Comiket 98 diselenggarakan selama 4 hari dari tanggal 2 sampai 5 Mei 2020. Dalam pengumuman yang dirilis resmi, pihak komite produksi Comiket menyatakan bahwa mereka telah mengikuti perkembangan dari tim khusus yang dibentuk oleh Kementerian Kesehatan Jepang, dan memutuskan untuk membatalkan perhelatan ini.

Comic Market, atau yang lebih lazim disingkat Comiket, adalah acara pasar kreatif di mana penggemar dan kreator bisa saling berbagi dan mengekspresikan dirinya di sini. Berbagai produk derivatif dari karya-karya terkenal (doujin) berbentuk komik, aksesoris, poster, maupun cosplay muncul di sini. Acara ini berlangsung dua kali setahun, yaitu edisi musim panas yang biasanya digelar bulan Agustus, dan edisi musim dingin yang digelar pada akhir Desember. Dalam setiap penyelenggaraannya, acara ini berhasil menarik sekitar 600 ribu pengunjung.

Comiket 98 semula dijadwalkan menjadi Comiket terakhir yang dilangsungkan di dua tempat sekaligus, yaitu di Tokyo Big Sight dan di Aomi Exhibiton Hall. Setelah Olimpiade berakhir, Comiket akan kembali dilangsungkan di satu tempat di Tokyo Big Sight. Namun dengan penundaan Olimpiade ke tahun 2021, perkembangan ke depannya masih belum dapat diprediksi.

Advertisement Inline

Setelah membatalkan Comiket 98, panitia akan mengumumkan penyelenggaraan Comiket 99 (edisi musim dingin) pada kesempatan berikutnya.

KAORI Newsline | oleh Kevin W

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.