Komik Si Kancil: Koalisi Pengangguran Permanen

0

POPCON0

Popcon Asia 2014 merupakan perhelatan yang dipenuhi oleh berbagai macam karya kreatif. Bermacam-macam produk kreatif karya anak bangsa mulai dari Komik hingga animasi dipamerkan di acara ini.

Salah satu karya kreatif yang diperkenalkan ke publik pada perhelatan ini adalah komik terbaru dari Cendana Art Media. Komik dengan judul Si Kancil : Koalisi Pengangguran Permanen ini diluncurkan pada hari Jumat, 19 September 2014 di panggung utama Popcon Asia 2014.

Komik yang bergenre komedi dengan tema kehidupan sehari-hari perkotaan ini mengisahkan tokoh bernama Kancil. Meski bernama kancil, namun ia bukanlah hewan melainkan seorang pemuda yang dikenal sebagai seorang pengangguran. Namun meskipun pengangguran, ia mengisi waktu luang nya dengan berjualan gorengan. Menyandang nama pengangguran tak lantas membuat Kancil menjadi seorang yang pasif, meskipun ia terus dihina dan diejek, ia tetap menunjukkan sisi produktif nya untuk menampik semua ejekan tersebut.

Rizki Goni, sang penulis komik ini yang lekat dengan logat Sundanya menyatakan bahwa komik ini terinspirasi dari dongeng si kancil. Unsur yang ia angkat dari dongeng tersebut adalah sikap cerdik si kancil yang melekat pada tokoh pengangguran yang produktif ini.

Rizki berharap dengan komik ini ia mampu menggali khazanah kebudayaan lokal dan ingin agar karya nya terus bertahan mewarnai perkembangan dunia komik Indonesia.

Beng Rahadian, selaku pihak penerbit dari Cendana Art Media memaparkan bahwa komik karya Rizki Goni ini merupakan sindiran halus terhadap kondisi pemuda saat ini. Di era modern ini, banyak pemuda yang lebih gemar menganggur dan tidak produktif. Melalui komik ini, diharapkan dapat menjadi penyemangat bahwa dalam kondisi bagaimanapun, seorang pemuda masih harus tetap produktif.

Komik ini memiliki salah satu daya tarik khusus terutama dari gaya gambar. Banyak yang mengatakan bahwa gaya gambar Rizki Goni memiliki ciri khas tersendiri. Ketika ditanya mengenai inspirasi, ia mengakui mendapat banyak inspirasi dari seniman Bandung, dan untuk gaya gambar ia mendapat pengaruh dari beberapa aliran seperti Disney, Cartoon Network, dan juga gaya Jepang, untuk inspirasi dari komik lokal sendiri Goni mengakui mendapat inspirasi dari komik Pendekar Bambu Kuning.

Goni mengakui bahwa untuk menggambar, pria lulusan jurusan seni ini tidak terlalu bisa menggambar. Setiap kali mencoba menggambar suatu karakter, selalu dianggap tidak pernah mirip. Namun ia menyatakan bahwa ia menggambar karena ia senang akan hal itu.

Komik Si Kancil : Koalisi Pengangguran Permanen ini dibanderol dengan harga Rp35.000. Menurut pengakuan Goni, ke depannya akan ada pengembangan lebih lanjut dari komik ini.

KAORI Newsline | Rafly Nugroho

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.