Lebih dari 200 Game Tercipta dalam Ajang “Ayo Bikin Game di Rumah Aja”

0
bersama melawan covid-19

Sampai saat ini, kita masih belum tahu kapan pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) akan berakhir. Pun dengan kebijakan-kebijakan pemerintah seperti Work From Home dan Study From Home masih terus berlangsung hingga saat ini. Namun hal tersebut tidak menyurutkan antusiasme publik untuk terus berkarya dan beraktivitas. Salah satunya dalam ajang cipta game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” yang digelar selama empat hari, mulai tanggal 2 April hingga 5 April 2020 kemarin.

Ajang cipta game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” adalah sebuah inisiatif dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan Clevio, serta didukung oleh Garena, Maingame.com dan Telkomsel. Mengusung tema “Mari Bersama Melawan Covid-19: Hidup Bersih, Sehat, dan Seru”, ajang ini bertujuan untuk membantu sosialisasi bagaimana melawan, mencegah, dan meminimalisir pandemi ini melalui sebuah media interaktif yang bisa diakses siapa saja, yaitu video game. Diharapkan video game hasil dari ajang cipta game ini bisa menjadi komplemen dari media konvensional untuk mensosialisasikan cara-cara pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19 ini.

Ajang ini sendiri dibagi menjadi beberapa kategori, Junior (untuk siswa SD, SMP dan SMA/SMK) dan Mahasiswa/Umum. Masing-masing peserta diharuskan untuk membentuk tim dan bekerja sama selama empat hari untuk menghasilkan sebuah purwarupa game yang bisa dimainkan. Dan untuk mendukung gerakan #dirumahaja yang digaungkan pemerintah, semua aktivitas dan komunikasi dilakukan secara online, tanpa harus keluar rumah.

Lebih dari 200 Game Tercipta, Voting Game Terfavorit Mulai Dibuka

Selama empat hari pelaksanaan, tercatat total ada 238 karya tercipta dari kedua kategori tersebut. Rinciannya ada 131 karya dari kategori umum dan 107 karya dari kategori junior. Semuanya merepresentasikan tema yang diusung, serta membawa pesan edukasi penanggulangan Covid-19 yang informatif. Dan karena berbentuk media interaktif video game, tentunya disajikan dengan cara yang menyenangkan.

Advertisement Inline

Ajang ini benar-benar menarik antusiasme dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tercatat, peserta termuda dari ajang ini adalah seorang anak kelas 2 SD berusia 7 tahun. Lalu pesertanya juga tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari ujung barat Langsa di Banda Aceh hingga Malili di Luwu Timur. Bahkan ada juga seorang mahasiswa Indoensia peserta kategori umum yang tengah menempuh pendidikan di kota Kitakyushu, Jepang ikut serta membuat game di acara ini.

Selanjutnya, voting untuk menentukan karya terfavorit sudah dibuka untuk publik. Untuk memberikan voting bisa langsung melalui Instagram dengan memberikan like di unggahan yang menggunakan hashtag #ayobikingame dan #dirumahaja. Akun Instagram AGI dan Clevio juga akan rutin me-repost​ game-game peserta di Instagram Story selama masa voting berlangsung.

Voting dibuka mulai tanggal 6 April 2020 dan akan ditutup pada tanggal 10 April 2020 pukul 12.00 WIB. Game dengan jumlah like terbanyak akan dinobatkan sebagai game terfavorit, dan akan diumumkan pada tanggal 13 April 2020 bersamaan dengan pengumuman game-game terbaik pilihan juri.

Informasi lebih lanjut mengenai Ajang Cipta Game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” bisa langsung mengunjungi halaman resminya di https://agi.or.id/ayobikingame.​

KAORI Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.