One Piece, siapa yang tidak mengenal komik karya Eiichiro Oda ini? Komik bertemakan bajak laut yang satu ini memang begitu terkenal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Bahkan komik ini sempat didapuk sebagai komik Jepang yang paling merepresentasikan era Heisei, dan bahkan menginspirasi mantan pengguna narkoba yang juga mengidap HIV-AIDS, untuk merubah hidupnya menjadi pribadi yang lebih baik.

Serial komik One Piece yang diterbitkan sejak tahun 1997, dan sudah diadaptasi menjadi anime, bahkan akan diadaptasi menjadi live action ini memang begitu digemari penggemarnya di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan kisahnya yang mendebarkan, lengkap dengan taburan tokoh-tokoh yang beragam dan memiliki karakteristiknya tersendiri yang unik dan memiliki ciri khas. Salah satu tokoh yang juga cukup terkenal adalah Jacky.

Siapakah Jacky? Bagi yang mengenal One Piece melalui komiknya, ataupun menonton animenya lewat entah dari mana, namun berbahasa Jepang, atau bahasa apapun selain Indonesia mungkin asing dengan nama ini. Namun bagi sudah yang menonton anime One Piece dengan berbahasa Indonesia melalui RCTI, Global TV, ataupun Space Toon, nama Jacky tak lain dan tak bukan adalah nama hasil lokalisasi versi Indonesia dari karakter Shanks di episode-episode awal One Piece.

Advertisement Inline

Jacky alias Shanks, alias Jacky si Rambut Merah, alias Red-Haired Shanks, alias Akagami no Shanks adalah pemimpin dari Bajak Laut Rambut Merah, yang juga satu dari satu dari keempat Yonko yang berkuasa di New World. Sosok yang juga adalah mantan anggota dari Bajak Laut Gold Roger ini merupakan orang yang menginspirasi Monkey D Luffy, sang karakter utama One Piece untuk memulai perjalanannya sebagai bajak laut. Bahkan topi jerami yang kini menjadi ciri khas Luffy awalnya adalah topi milik Jacky, yang awalnya juga adalah topi milik sang bajak laut legendaris, Gold Roger.

Momen saat Luffy menerima topi jerami dari Jacky
(C) Ei Eiichiro Oda / Shueisha · Fuji Television · Toei Animation

Karakter Jacky atau Shanks ini diperankan seorang seiyuu kawakan asal Jepang, Shuichi Ikeda. Sementara di Indonesia sendiri, Jacky diperankan oleh Wiwied Kazao. Siapakah seiyuu asal Indonesia bernama Wiwied Kazao ini, dan sejauh mana kiprahnya sebagai seorang seiyuu? Mari mengenal lebih lanjut dengan seiyuu Jacky ini!

Widiyanto Utomo alias Wiwied Kazao adalah seiyuu Indonesia yang memulai debutnya sebagai seorang seiyuu sejak tahun 1995. Nama julukan Wiwied Kazao ini sendiri terinspirasi dari karakter Kazao alias Toru Kazama yang merupakan karakter yang juga ia mainkan dalam serial anime Crayon Shinchan. Karakter Kazao ini memang merupakan karakter terfavorit yang pernah ia perankan. Karenanya ia menambahkan nama Kazao dalam nama panggungnya sendiri.

Sosok Kazao yang merupakan karakter terfavorit hingga namanya dipakai langsung oleh Wiwied Kazao
Copyright© tv asahi All rights reserved.
©2018 SHIN-EI ANIMATION Co., Ltd.

Wiwied Kazao sendiri adalah seorang yang memiliki “ikatan khusus” dengan One Piece. Ia adalah keponakan dari mendiang Daryono, sang “Raja Anime Indonesia” yang banyak menangani proses sulih suara berbahasa Indonesia terhadap berbagai anime-anime Jepang yang ditayangkan di sejumlah televisi Indonesia pada medio tahun 2000an, termasuk One Piece yang proses penyulihan suaranya turut digubah oleh Daryono, di bawah bendera studio Yori Yoga Argayoen.

Di One Piece sendiri, Wiwied Kazao bukan cuma berperan sebagai Jacky. Namun ia adalah seiyuu pertama dari karakter Tony Tony Choper, sebelum peran tersebut digantikan oleh Wiwiek Supadmi. Selain itu dirinya juga berperan sebagai Franky. Selain One Piece dan Crayon Shinchan, Wiwied Kazao juga sempat menjadi seiyuu dari karakter Giant dalam anime Doraemon pada tahun 2006 lalu. Dirinya juga pernah menjadi seiyuu di sejumlah serial anime seperti UFO Baby, P-Man, Kiteretsu, Chibi Maruko Chan, Captain Tsubasa, Ninku, Let’s and Go, Hamtaro, Asari-chan, Cyborg Kuro-chan, hingga serial tokusatsu seperti B Robo Kabutaku, O Ranger, Kamen Rider Kuuga, Car Ranger, Zyuranger, dan berbagai film lainnya yang telah ia perankan.

KAORI Newsline

1 KOMENTAR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.