Rindu Naik Kereta? Dengarkan Suara Motor Traksi KRL Chopper dan VVVF Ini!

0

Salah satu kereta dengan bunyi terbaik adalah kereta-kereta dengan traksi motor PMSM (permanent magnet synchronous motor). Tetapi tidak semua kereta bermotor PMSM diciptakan sama. Hanya kereta dengan motor buatan Toshiba seri tertentu yang memiliki suara dengungan dan piiipp yang unik. Motor ini hanya ada di seri 1000, 16000, dan seri 02 yang sebentar lagi akan segera pensiun.

Kereta VVVF-GTO sudah semakin langka. Ada dua versi yang menarik didengarkan, di antaranya adalah VVVF-GTO dari Mitsubishi yang ada di seri 209 ini. Rangkaian ini berjalan di jalur Chuo Rapid.

GTO yang lain ada di Tokyo Metro seri 9000 jalur Namboku, yang sayangnya akan segera hilang dan digantikan dengan IGBT.

Yang saat ini sudah hampir punah yaitu kereta dengan GTO dari Siemens. Kereta dengan traksi ini mengeluarkan melodi seperti lagu dan dikenal dengan nama 歌う電車 (utau densha, singing train). Kali ini, seri 1000 dari Keikyu.

Sayangnya, di luar itu, suara VVVF yang lain cukup boring. Salah satu yang pasaran adalah VVVF Toyo Denki yang banyak dipakai, salah satunya di seri 2020 dari Tokyu ini.

Dan, menyambut kedatangan seri E217 yang kemungkinan akan datang akhir 2020 ini ke Jakarta, nikmati suara Mitsubishi IGBT ini sebelum mendengarnya sendiri di Jakarta.

Suara motor traksi dari seri KRL apakah yang Anda suka?

KAORI Newsline | oleh Kevin W

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.