Rabu (14/12), PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) melaksanakan uji coba dinamis pada rangkaian kereta rel listrik (KRL) terbaru miliknya yang diimpor dari Jepang yaitu KRL seri 6000 rangkaian 6131F. Uji coba ini dilaksanakan setelah dilakukan perakitan serta penyesuaian sejumlah aspek di Dipo Depok, Jawa Barat. Rangkaian ini sendiri merupakan rangkaian KRL terakhir dari total 6 rangkaian yang diimpor oleh KCJ untuk tahun 2016.

KCJ sebagai operator KRL di Jabodetabek dengan cepat mempersiapkan rangkaian 6131F ini agar dapat beroperasi segera. Untuk keperluan uji coba ini, KCJ mempersiapkan perjalanan kereta api luar biasa (KLB) dengan relasi Depok – Manggarai – Bogor – Depok. KLB tersebut berangkat dari Stasiun Depok pada pukul 14.36 dan tiba di Manggarai sekitar pukul 15.25, setelah melakukan segenap pemeriksaan terkait kereta ini KLB tersebut kembali berangkat menuju Bogor.

KLB uji coba dinamis melintas langsung Stasiun Duren Kalibata menuju Bogor | Foto: Farouq Adhari
KLB uji coba dinamis melintas langsung Stasiun Duren Kalibata menuju Bogor | Foto: Farouq Adhari

Uji coba dinamis KRL ini wajib dilakukan untuk mengetahui kondisi rangkaian KRL, apakah siap berdinas atau ada kekurangan yang harus diperbaiki. Dalam perjalanannya, KLB KRL percobaan harus melakukan serangkaian uji fungsi secara lengkap dan cermat seperti uji coba kecepatan tinggi, uji pengereman dan pengukuran jarak pengereman, hingga uji coba fungsi deadman pedal dan emergency brake sebagai perangkat keamanan dalam perjalanan.

Advertisement Inline

Sedikitnya ada dua uji coba yang akan dilewati oleh KRL baru ini, yang pertama adalah uji dinamis internal yang dilakukan oleh KCJ, kedua adalah uji coba untuk keperluan sertifikasi untuk mendapatkan sertifikat kelayakan operasi sarana perkeretaapian dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI).

Sama seperti KRL seri 6000 pengiriman sebelumnya yang tiba tahun ini, KRL ini menggunakan sistem propulsi Variable Voltage Variable Frequency (VVVF) dengan teknologi Insulated Gate Bipolar Transistor (IGBT). Khusus rangkaian 6131F ini, VVVF-IGBT yang digunakan adalah VVVF yang lebih modern ketimbang KRL seri 6000 sebelumnya.

Rangkaian KRL baru ini diharapkan dapat segera dioperasikan oleh KCJ untuk melayani penumpang di Jabodetabek.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.