Aplikasi RPG Maker MZ Akan Dirilis Musim Panas 2020!

0
Rpg maker mz
© KADOKAWA CORPORATION/YOJI OJIMA 2020

Pada Kamis (11/6), melalui akun media sosial Twitter-nya @tkool_dev mengumumkan bahwa versi terbaru  seri aplikasi pengembangan gim RPG Maker yang dibuat oleh KADOKAWA dan Yoji Ojima akan segera hadir. Versi terbaru yang diberi nama RPG Maker MZ ini nantinya direncanakan akan dirilis pada musim panas 2020 mendatang. Aplikasi ini akan menghadirkan beragam fitur baru serta lebih memudahkan pengguna dalam mengembangkan gim RPG.

Berikut merupakan pengumuman melalui media sosial Twitter pengembang:

“[Pengumuman Terbaru] Seri RPG Maker untuk PC akan mendapatkan versi terbaru berjudul RPG Maker MZ, yang akan hadir pada musim panas 2020! Aplikasi ini akan dibekali dengan fitur baru yang tidak ada pada seri sebelumnya yang dikembangkan untuk mempermudah pembuatan gim. Silahkan tunggu lebih lanjut informasi baru ke depannya untuk fitur terbaru dan lainnya!

Advertisement Inline

Bersamaan dengan pengumuman tersebut, situs resmi aplikasi RPG Maker MZ juga telah dibuka. Namun semenjak penulisan artikel ini, belum ada informasi tambahan mengenai fitur baru selain cuplikan bahwa aplikasi ini nantinya akan menghadirkan beragam fitur baru yang tidak tersedia  pada versi sebelumnya. Pada perilisannya, nantinya aplikasi ini akan tersedia juga dalam bahasa Inggris. Melalui halaman Steamhalaman Steam RPG Maker MZ, diketahui beberapa fitur dari versi sebelumnya juga masih dibawa pada seri terbaru ini. Beberapa fitur tersebut dia

  • Map Editor, RPG Maker MZ nantinya akan menghadirkan map editor yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Pengguna dapat membuat berbagai macam kota hingga dungeon dengan jumlah yang tidak terhingga.
  • Character Generation. Seperti seri sebelumnya, pengguna dapat membuat karakter orisinal sendiri dengan menggabungkan berbagai macam aset untuk mendesain karakter yang diinginkan.
  • Database. Fitur ini memungkinkan untuk menyimpan informasi dalam database sehingga pengguna dapat mengatur informasi karakter, musuh, lokasi, hingga perlengkapan dan juga keseimbangan gim tersendiri.
  • Events. Pengguna tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman ketika membuat sebuah adegan yang diinginkannya, karena kini pengguna dapat membuat adegan tersebut dengan mudah hanya memasukan informasi dasar saja dan adegan tersebut dapat juga di copy-paste demi kemudahan
  • Animation. Terdapat bergam aset animasi dan efek yang dapat digunakan selama pertarungan ataupun diluar pertarungan.
  • Plug-ins. Pengguna juga dapat memasukan fungsi baru untuk menyesuaikan kebutuhan gim yang sedang dikembangkannya.
  • Test Play. Hasil dari gim RPG yang telah dibuat oleh pengguna dapat langsung di uji coba terlebih dahulu.

Seri RPG Maker tersendiri merupakan aplikasi pengembangan gim RPG terpopuler yang telah dikembangkan sejak tahun 1992. Seri ini telah lama membantu beragam pengembang gim RPG baru ataupun senior dengan kemudahannya dalam pembuatan narasi cerita sistem dan RPG. Para pengguna dapat membuat gim RPG tersendiri tanpa memerlukan pemahaman pemrograman sama sekali. Pengguna dapat langsung membangun latar yang mereka inginkan melalui tile set yang tersedia pada fitur map editor. Selain itu pengguna juga dapat membangun narasi yang sederhana ataupun bercabang hanya seperti menulis cerita pada biasanya. Seluruh sistem dasar  permainan seperti pertarungan, pergerakan pemain, hingga logika gim sudah tersedia pada aplikasinya, sehingga pengguna tidak perlu repot dalam membangun sistem RPG baru dari nol.

Jika #Kaoreaders tertarik pada versi terbaru RPG Maker MZ, beberapa spesifikasi komputer yang harus dimiliki minimal adalah sebagai berikut:

Sistem OperasiMicrosoft Windows 8.1/10 (64-bit)

Mac OS 10.13 atau lebih baru

ProsesorIntel Core i3-4340 atau lebih baru
Memori8 GB RAM
GrafisOpenGL yang kompatibel / VRAM 1GB atau lebih besar
Alokasi Penyimpanan4GB penyimpanan kosong yang tersedia
Catatan TambahanDisarankan digunakan pada resolusi 1280×768 atau lebih tinggi

 

KAORI Newsline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.