World Cosplay Summit 2020 akan Diselenggarakan Secara Online

0
world cosplay summit

World Cosplay Summit 2020, pergelaran cosplay akbar yang diselenggarakan setiap tahunnya di kota Nagoya, Jepang ini telah dipastikan tidak akan digelar secara langsung pada tahun 2020. Hal ini menjadi pertamakalinya World Cosplay Summit atau WCS tidak diselenggarakan secara langsung di kota Nagoya, sejak pergelaran tersebut dihelat untuk pertama kalinya pada tahun 2003 lalu. Meskipun begitu, WCS 2020 ini akan tetap diselenggarakan secara online pada tanggal 1 dan 2 Agustus 2020 mendatang, tanggal yang sama di mana acara tersebut seharusnya akan dihelat di Nagoya seperti biasanya. Adapun informasi lebih lanjut mengenai perhelatan World Cosplay Summit 2020 Online akan diumumkan dalam presentasi yang akan diselenggarakan pada tanggal 1 Juli 2020 mendatang.

Bertempat di kota Nagoya, Perfektur Aichi, Jepang, World Cosplay Summit merupakan ajang tahunan berskala internasional dengan mengusung budaya cosplay (costume play) sebagai muatan utamanya. Acara utama dalam ajang tersebut adalah Parade, Kunjungan Resmi dan Kompetisi. Ajang World Cosplay Summit pula mendapat dukungan penuh dari pemerintah kota Nagoya dan Departemen Pariwisata Jepang. Bahkan dalam menyambut ajang World Cosplay Summit, para pejabat di Perfektur Aichi dan kota Nagoya kerapkali turut bercosplay, seperti yang dilakukan oleh Gubernur Aichi saat ini, Hideki Omura yang bercosplay menjadi Kirito dari Sword Art Online.

Ajang tahunan ini diikuti oleh berbagai negara yaitu Indonesia, Australia, Bulgaria, Costa Rica, Myanmar, Belgia, India, Swis, Kanada, Swedia, Brazil, Tiongkok, Jerman, Denmark, Spanyol, Finlandia, Prancis, Italia, Jepang, Korea Selatan, Mexico, Belanda, Russia, Singapura, HongKong, Taiwan, Filipina, Vietnam, Portugal, dan Kuwait.

Advertisement Inline

Indonesia sendiri telah turut berpartisipasi di World Cosplay Summit sejak keikutsertaannya yang pertamakali di tahun 2012, bahkan sempat meraih juara pertama di ajang World Cosplay Summit 2016 dan juara kedua di ajang World Cosplay Summit 2018. Sehingga prestasi Indonesia dalam bidang cosplay ini cukup disegani oleh dunia.

KAORI Newsline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.