The Voice of Your Heart, atau dalam bahasa Jepangnya yang berjudul Fureru to Kikoeru ini dikarang dan digambar sendiri oleh Wakou Honna, yang sebelumnya juga membuat serial Nozoki Ana, dan Nozo x Kimi. Komik ini juga telah dirilis di Indonesia oleh penerbit M&C pada tahun 2018 lalu. Lalu bagaimana kisah So yang mendapatkan kekuatan untuk mendengar isi hati orang lain? 

Baca Juga: Bincang-Bincang Internal KAORI – Sing “Yesterday” For Me Episode 11

Sinopsis

Sou Izumisawa adalah seorang siswa SMA sekaligus penggemar basket. Suatu hari ia memiliki kemampuan mendengar suara hati orang lain bila bersentuhan kulit dengan orang tersebut. Penyebabnya adalah Satori Osanaga, murid pindahan yang bergaya nyentrik. Kemudian So menggunakan kemampuannya untuk mengetahui perasaan gadis yang ia sukai, Mio Yuikawa. Tetapi naas, perasaannya bertepuk sebelah tangan setelah mengetahui pria yang Mio sukai adalah sahabat mereka sendiri, Takumi Shirase. Seperti apakah perjalanan kisah cinta Sou yang menyesakkan dada, lalu bagaimana ia mempertahankan ikatan persahabatannya dengan Mio dan Takumi. Bagaimana nasib Satori yang menjadi penyebab Sou bisa mendengarkan suara hati orang lain?

© 2015/Honna Wakou, M&C

Cerita Ringan untuk Menambah Teman Bacaan.

Layaknya seri romcom lainnya, cerita di komik The Voice of Your Heart dibungkus tidak terlalu berat, sehingga kita masih bisa mengerti dengan pembawaan ceritanya Misteri dari kemampuan sang protagonis pun terungkap seiring cerita berjalan. Tapi sangat disayangkan. Jika ditelaah lebih dalam penulis cerita ini terlihat tergesa-gesa ketika ingin menyelesaikan akhir dari cerita ini, padahal komik Furueru to Kikoeru ini bisa saja menjadi serial panjang layaknya seri romcom lainnya. Cerita di komik ini harus berakhir di volume keempat. Walaupun begitu, itu sudah menjadi keputusan yang tepat untuk mengakhiri seri ini agar jalan ceritanya tidak ngalor ngidul. Untuk eksekusi endingnya sendiri bisa dibilang cukup mencengangkan para pembaca, dan mungkin Anda akan terkejut setelah mengetahui bagaimana akhir dari cerita ini bisa terselesaikan.

Advertisement Inline
© 2015/Honna Wakou, M&C

Netorare? Tidak, Ini Hanya Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Mungkin orang lain beranggapan kalau seri ini mengandung rasa netorare keras, tetapi tidak begitu yang terjadi di sini. Sebenarnya komik The Voice of Your Heart hanya menceritakan kisah cinta bertepuk sebelah tangan. Bahkan protagonisnya pun memang belum mengungkapkan perasaannya terhadap gadis yang ia suka setelah tahu bahwa sang gadis menyukai teman baiknya melalui kemampuan mendengarkan suara hati. Dari sini hati para pembaca seolah dimainkan di setiap chapternya sehingga tidak heran banyak yang tidak kuat untuk melanjutkan chapter demi chapter. Maka dari itu perlu kesabaran yang tinggi ketika membaca serial ini karena di setiap chapter-nya pasti akan mengiris hati Anda perlahan-lahan. Walaupun begitu kita harus mengapresiasi usaha sang protagonis karena telah bersikukuh sampai akhir cerita untuk menyampaikan perasaannya.

© 2015/Honna Wakou, M&C

Heroine Sejati Sekaligus Mood Booster

Kita juga diperkenalkan dengan heroine utama sekaligus juga masalah utama dari komik The Voice of Your Heart, Satori Osanaga sang gadis polos yang sering dimiripkan dengan patung Jizo. Alasan mengapa dia berpakaian nyentrik serba tertutup itu karena kemampuannya. Sifat Satori yang lugu nan pemalu, imut, juga sangat canggung ketika berinteraksi dengan orang lain. Hal itu yang membuatnya terkesan imut. Selain itu juga ia sering menyemangati So untuk tidak menyerah dalam memperjuangkan cintanya. Namun, sangat sedih jika dilihat Satori hanya sebagai tempat pelarian dari So ketika ia mulai kalah dengan tekadnya. Di sisi lain juga sangat menyenangkan untuk melihat perilaku Satori di setiap chapter-nya seperti mencairkan suasana hati yang goyah ketika membaca komik ini.

Fureru to Kikoeru The Voice of Your Heart
© 2015/Honna Wakou, M&C

Karakter Tambahan yang Setengah-setengah

Karakter pendukung yang muncul di pertengahan cerita, seperti Akane Kiyomiya dan Shingo Tsukasa, serasa dimunculkan dengan sia-sia. Mula-mula dari Akane Kiyomiya, gadis yang pertama kali diselamatkan oleh Sou berkat kemampuannya. Mungkin bisa saja ia menjadi gadis pilihan kedua setelah Mio. Tetapi sayang screen time dari karakter tersebut hanya sebentar, tidak lain hanyalah karakter numpang lewat karena ia tidak akan terlihat lagi di chapter selanjutnya. Shingo Tsukasa, karakter yang diduga sebagai antagonis utama dari komik Fureru to Kikoeru pun tidak terlalu menonjol. Selain kemunculannya hanya pada volume terakhir, motif untuk melawan protagonis pun juga tidak terlalu kuat sehingga ia hanya terlihat seperti menggertak saja.

© 2015/Honna Wakou, M&C

Kesimpulan

Dengan alur cerita yang cukup ringan dan tidak terlalu panjang, seri komik The Voice of Your Heart (Fureru to Kikoeru) dapat dinikmati oleh semua orang. Selain itu juga, seri ini menawarkan sesuatu hal yang berbeda. Jika kebanyakan seri romcom lainnya mengusung banyak heroine untuk bersaing demi mendapatkan hati protagonis, lain hal dengan komik ini karena sepanjang ceritanya kita hanya melihat protagonis berjuang untuk mendapatkan hati dari gadis yang ia sukai, walau sudah tahu kalau gadis yang ia sukai itu ternyata malah menyukai sahabat baiknya. Dengan premis cinta segitiga ini, sang protagonis dihadapkan untuk memilih antara persahabatan atau perasaannya. Jika sudah cukup lelah dengan cerita romcom “Perang Waifu”, komik ini bisa menjadi pilihan bacaan kalian.

KAORI Newsline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.