Nurhasanah Sang Seiyuu Doraemon Telah Tutup Usia

0
doraemon
@ Fujiko Pro/Shin-Ei Animation/Asatsu-DK/Dokumentasi Pribadi

Nurhasanah Iskandar, atau lebih dikenal sebagai Nurhasanah, jurnalis dan pembaca berita senior RRI yang juga adalah seiyuu dari sosok Doraemon dalam serial anime Doraemon dilaporkan telah tutup usia. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh para koleganya sesama tim seiyuu Doraemon seperti Agus Nurhasan (Suneo 2006 – 2008) maupun Bima Sakti (Giant). Almarhumah menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 12 Juli 2020 setelah bergulat dengan penyakit sejak tahun 2017 lalu.

Almarhumah Nurhasanah awalnya adalah seorang pegawai senior RRI di mana dirinya juga aktif dalam produksi sandiwara radio. Almarhumah memulai debutnya sebagai seorang seiyuu bersama Sang Legenda Maria Oentoe Tinangon pada sebuah drama kolosal dari India. Almarhumah sendiri bukanlah seiyuu Doraemon pertama di Indonesia. Namun dirinya menjadi seiyuu Doraemon terlama di Indonesia setelah menggantikan Anita Riyadi, sang seiyuu Doraemon pertama di Indonesia yang tidak terlalu lama berperan sebagai Doraemon. Sempat pensiun dari Doraemon pada tahun 2006 dan digantikan oleh Selvy Hosizah. Namun, tak lama kemudian ia kembali untuk menghidupkan karakter yang sudah dihidupkan olehnya hingga pada tahun 2017 dikarenakan kondisi kesehatannya semakin menurun, almarhumah Nurhasanah mulai mundur dari perannya sebagai Doraemon. Kini perannya sebagai Doraemon dilanjutkan oleh putranya, Dana Robbyansyah. Simak wawancara KAORI bersama almarhumah Nurhasanah.

Almarhumah bersama Dana Robbyansyah, sang putra yang juga meneruskan jejaknya sebagai seiyuu Doraemon

Advertisement Inline

KAORI Nusantara turut berbelasungkawa atas kepergian Almarhumah Nurhasanah Iskandar. Semoga segala amalnya dapat diterima di sisinya, diampuni dosa-dosanya, dan diberikan ketabahan bagi yang ditinggalkan.

Sang seiyuu Doraemon yang begitu melegenda ini telah pergi menyusul seiyuu pertama Giant dan Suneo, Is Andersa dan Hamdani Hasni, juga seiyuu Shizuka pertama, Prabawati Sukarta. Selamat jalan Doraemon!

Baca juga:

Selain Doraemon, Inilah Sejumlah Karakter Anime yang Pernah Diperankan Nurhasanah

KAORI Newsline | Video Courtesy of Aji Darma Susanto & Kevin Wilyan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.