Tren streaming anime legal sedang cukup digandrungi di sebagian kalangan penggemar anime. Tumbuhnya kesadaran untuk mengonsumsi anime secara legal, bukan dari bajakan telah memicu sejumlah penggemar anime untuk mencoba menonton anime-anime kesayangan mereka untuk menontonnya melalui jalur yang resmi, baik melalui televisi, video rumahan, dan yang juga tengah naik daun di tengah semakin maraknya koneksi internet adalah media streaming film. Hal ini rupanya direspon oleh sejumlah pemangku kebijakan maupun pemilik hak siar anime untuk menyediakan akses anime yang mereka miliki melalui layanan streaming, baik itu berbayar ataupun gratisan.

Di Indonesia, sejumlah pemangku kebijakan maupun pemilik lisensi hak siar animepun juga turut merespon tren menonton melalui layanan streaming legal ini. Sebut saja Collab Asia yang menayangkan serial Beyblade Burst di youtube, Goshen Media yang menayangkan Chibi Maruko Chan di youtube, ataupun Benesse yang menayangkan anime edukasi Shimajiro di youtube. Tak lupa juga dengan Sushiroll yang menyediakan layanan streaming berbagai judul-judul anime dengan sistem langganan berbayar. Tak lupa sejumlah pemain bertaraf internasionalpun juga mulai digandrungi para pendamba anime legal di Indonesia seperti Ani-One maupun Muse yang bahkan sudah memiliki “divisi” Indonesianya tersendiri.

Satu lagi layanan yang juga turut menyediakan streaming anime secara legal adalah Klik Film. Layanan streaming milik Falcon Pictures ini sesungguhnya tidak memfokuskan pada media tayangan anime Jepang saja. Namun mereka menyediakan layanan streaming menonton berbagai film baik dari dalam negeri maupun luar negeri, dan tak lupa juga dengan film-film produksi dari Falcon Pictures sendiri. Dan di antara film-film yang mereka sediakan, rupanya mereka juga menyediakan berbagai judul-judul anime yang bisa ditonton melalui situs mereka. Kini KAORI akan mengulas mengenai kesan-kesan menonton anime melalui layanan streaming Klik Film.

Sediakan Sejumlah Film Anime

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Klik Film sendiri adalah layanan streaming yang memfokuskan diri pada film-film fitur, alias film berdurasi panjang sekitar 1 setengah jam atau lebih, biasanya adalah film layar lebar. Tentu saja berhubung Klik Film dimiliki oleh Falcon Pictures, publik bisa menonton film-film garapan Falcon Pictures seperti Mama Cake, Comic 8, Warkop Reborn, hingga Si Juki The Movie. Selain itu masih terdapat lebih banyak lagi film-film layar lebar baik buatan dalam maupun luar negeri seperti koleksi film-film Rhoma Irama hingga Benyamin S, ataupun film-film Mandarin hingga Korea Selatan.

Dengan spesifikasi seperti itu, tentu saja anime-anime yang ada di Klik Film adalah film-film layar lebar, ataupun film televisi atau TV Special berdurasi 1 setengah jam atau lebih. Dan yang menjadi “andalan” dari koleksi film-film anime di Klik Film adalah Detektif Conan dan Lupin III. Di Klik Film ini pemirsa bisa menonton sejumlah judul film layar lebar Detektif Conan maupun sejumlah judul-judul dari episode TV Special dari Lupin III. Selain itu, terdapat juga sejumlah versi film layar lebar dari sejumlah anime klasik seperti The Adventures of Gamba (Gamba no Boken), There Goes Our Hero (Ganbare!! Tabuchi-kun!!), hingga Treasure Island (Takarajima). Film-film anime klasik ini sejatinya adalah versi ringkasan dari serial animenya masing-masing (seperti film layar lebar trilogi Gundam 0079 ataupun trilogi Zeta A New Translasion). Selain itu ada juga Little Nemo yang merupakan proyek kolaborasi Jepang dan Amerika.

Hampir semua koleksi anime yang dimiliki oleh Klik Film di atas umumnya berasal dari TMS Entertainment. Namun belakangan Klik Film kembali menambah koleksi anime mereka dengan sejumlah film-film anime dari Toei. Film-film anime dari Toei terebut di antaranya adalah sejumlah film layar lebar dari One Piece, Dragon Ball, Digimon Tri, hingga Sailor Moon. Sebelumnya Klik Film juga sempat memiliki film ringkasan dari seri anime The Adventures of Robin Hood yang merupakan proyek kolaborasi Tatsunoko, NHK, dan Mondo TV (dan serinya diputar di Indonesia melalui Space Toon). Namun belakangan rupanya film Robin Hood tersebut telah ditarik dari Klik Film. Tak lupa, publik juga bisa menonton Stand By Me Doraemon maupun Lupin III The First di sini.

Ada yang Tayang Dengan Dubbing, Ada Pula yang Tayang dengan Subbing

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sejumlah seiyuu yang suaranya terdengar di anime-anime yang tayang di Klik Film

Film-film anime Klik Film umumnya ditayangkan dengan dubbing berbahasa Indonesia. Namun belakangan Klik Film juga menambahkan beberapa anime dengan bahasa Jepang dan teks berbahasa Indonesia. Yang menarik, seolah terdapat dikotomi di sini, di mana anime-anime keluaran TMS Entertainment umumnya ditayangkan dengan dubbing berbahasa Indonesia, sementara anime-anime keluaran Toei ditayangkan dengan bahasa Jepang dan teks berbahasa Indonesia. Entah ini hanyalah kebetulan, atau ada kesepakatan terendiri antara pihak Falcon dengan TMS dan Toei. Meskipun begitu, Lupin III The First yang merupakan film 3D pertama dari Lupin III ditayangkan dengan bahasa Jepang, tidak seperti film-film Lupin III lainnya. Stand By Me Doraemon juga ditayangkan dengan bahasa Jepang.

Dubbing dari anime-anime di Klik Film sendiri dikerjakan oleh studio CS Pro. CS Pro adalah studio yang sama yang menggarap dubbing dari anime Detektif Conan yang tayang di NET. Karenanya, baik seri Detektif Conan yang tayang di NET maupun film-film Detektif Conan yang tayang di KlikFilm memiliki jajaran seiyuu yang sama.

Ada Ultraman Juga

© 2020 PT Falcon

Selain anime, rupanya Klik Film juga turut merambah tokusatsu. Setidaknya ada 6 judul film layar lebar Ultraman yang bisa ditonton di sini. Semua film-film Ultraman ini sudah tersedia dengan dubbing berbahasa Indonesia. Sayangnya dibandingkan anime, koleksi tokusatsu di Klik Film ini masih agak terbengkalai dengan hanya memiliki koleksi Ultraman saja, dan hanya ada 6 film saja, entah apakah bertambah lagi atau tidak.

Tersedia di Web Browser Maupun Aplikasi HP

Klik Film bisa ditonton melalui web browser langsung di situsnya, maupun dengan mengunduh aplikasi di Playstore maupun Appstore. Meskipun begitu, perlu kehati-hatian bagi yang ingin mengunduh aplikasinya berhubung masih banyaknya keluhan seperti aplikasi yang masih mengalami bug di sana-sini, loading yang terlalu lama, hingga loading yang bermasalah. Adapun untuk web browser sendiri bisa ditonton secara normal, dan kami lebih merekomendasikan untuk menonton melalui web browser karena belum pernah menemukan masalah yang berarti. Pastikan juga koneksi internet berjalan lancar.

Sistem Langganan Berbayar

Klik Film hadir dengan sistem langganan berbayar dengan tarif langganan sebesar 10.000 rupiah untuk masa langganan selama seminggu (tidak termasuk Premium VOD). Harap diingat bahwa tarif tersebut belum termasuk tambahan administrasi, tergantung metode pembayaran apa yang digunakan. Terdapat sejumlah metode pembayaran yang bisa digunakan, baik melalui Ovo, Gopay, Telkomsel, XL, 3, Indosat Ooredoo, maupun Redeem Voucher. Harap berhati-hati juga dengan yang mencoba berlangganan melalui pulsa SMS, karena akan memakan jumlah pulsa HP anda, dan juga terkadang sejumlah keluhan sulitnya melakukan Unreg. Sejauh ini kami sudah beberapa kali berlangganan dengan melakukan pembayaran melalui Gopay, dan belum ada masalah yang berarti, meskipun di awal-awal Gopay sempat kesulitan melacak barcode yang tersedia. Untungnya untuk sejumlah permasalahan ini, media sosial Klik Film sendiri cukup responsif dalam merespon keluhan publik. Terdapat juga email cs-klikfilm@falcon.co.id yang bisa dihubungi.

Begitulah sejumlah kesan-kesan KAORI menonton anime melalui layanan streaming Klik Film. Tertarik untuk menonton anime di sini? Langsung saja kunjungi situsnya.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.