erhrhnjrtkjdyj

Masih pakai Intel Atom atau Pentium 4, fakir memori komputer, dan terpaksa setia pada peramban versi lama karena versi baru sangat rakus memori? Boleh jadi Light akan menjadi kabar gembira bagi Anda.

Light adalah peramban internet (internet browser) yang dibangun dari Firefox versi terkini, dengan menghilangkan beberapa modul yang tidak maupun jarang digunakan oleh pengguna pada umumnya. Modul yang dihilangkan misalnya Developer Tools, fungsi pencetakan, webrtc, dan webgl. Namun jangan khawatir, bagi Anda yang biasa memakai Firefox di berbagai komputer, Light juga tersedia dengan dukungan fasilitas sinkronisasi Firefox Sync. Dengan menghilangnya beberapa komponen, Light seharusnya menjadi lebih enteng dari Firefox.

Advertisement Inline

Satu hal yang patut dicatat adalah Light dikompilasi untuk sistem dengan prosesor yang mendukung SSE2 ke atas saja. Ini berarti komputer dengan prosesor “antik” seperti Pentium III dan Athlon XP tidak bisa menggunakan Light.

Jadi, seperti apa kinerjanya? Tes dilakukan dengan dua sistem: sistem (1) dengan prosesor Intel Core i5-3330 dan memori 8GB untuk merefleksikan kinerja heavy user dan sistem (2) dengan prosesor Intel Celeron 877 dan memori 4GB untuk merefleksikan kinerja pengguna biasa.

Dalam percobaan subjektif yang dilakukan pada sistem (1), Light tetap stabil bertahan dalam penggunaan memori di kisaran 900+ megabita setelah menjalankan skrip berat (mengunggah 250 foto ke akun Facebook). Dengan Firefox atau Google Chrome, cukup 50 sampai 100 foto saja dan seluruh sistem akan terasa melambat bahkan sebelum unggahannya selesai dilakukan. Tentu pada kondisi seperti ini, umumnya pemakaian memori Firefox atau Chrome sudah melonjak mendekati 2 gigabita. Jumlah tab yang dibuka mencapai kira-kira 180 tab dan sejumlah kecil situs merupakan situs kaya Javascript seperti Facebook, Twitter, dan KAORI Nusantara.

Pada sistem (2), percobaan dilakukan dengan membuka 15 tab dari situs Kompas, Detik.com, Merdeka.com, Youtube, dan Facebook. Penggunaan memori stabil di angka 400-450MB dan setelah tiga jam dibuka, sistem tidak terasa melambat. Sistem ini sebelumnya menggunakan Opera 12.15 yang meski konsumsi memorinya relatif sama, namun lebih lambat merespon saat harus me-render Facebook dan situs padat Javascript lain.

Cepatnya kinerja ini bukan tanpa kendala. Ekstensi Flashblock yang berfungsi memblok autoplay video tidak berfungsi dengan baik di Light. Namun pengaya lain (Adblock Plus, IDM, Adobe Flash, dan Java) tetap berfungsi dengan baik dan langsung didukung oleh Light.

Masalah lain terjadi saat harus membuka situs perbankan. Dengan Light, mengakses klikBCA akan memunculkan pesan sertifikat tidak dikenal. Solusinya adalah dengan mengkopi berkas nssckbi.dll dari folder instalasi Firefox ke folder instalasi Light.

Hal lain yang kelihatan sepele namun penting, Light tidak mendukung pemutakhiran otomatis. Anda harus mengecek situs resminya secara berkala untuk memperoleh versi terbaru.

Secara umum, Light cocok dipergunakan sehari-hari khususnya untuk keperluan meramban biasa. Kecepatannya terasa bermanfaat baik pada sistem (1) dengan spek bagus maupun pada sistem (2) yang umumnya ada pada netbook dan laptop. Namun bila Anda (terkadang) memerlukan kenyamanan penuh Firefox versi penuh, Light bisa dipasang berdampingan bersama Firefox dan bisa disinkronkan bersama pula dengan Firefox Sync.

KAORI Newsline | unduh Light versi terbaru di sini | diskusi di forum mozillazine

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.