Rasanya kesuksesan Pui Pui Molcar benar-benar melebihi ekspektasi semua orang. Setelah tayang di awal tahun ini dan mendapat respons yang baik, popularitasnya semakin meninggi. Kini penonton dari seluruh dunia dapat menonton Molcar di Netflix (kecuali untuk beberapa wilayah di Asia di mana Molcar dapat ditonton di kanal YouTube Muse Asia & Muse Indonesia), dan bahkan muncul di artikel daftar rekomendasi tontonan oleh New York Times. Dari semua anime menarik yang tayang pada Musim Dingin 2021, siapa yang mengira kalau yang bisa melakukan itu adalah anime tentang mobil marmot yang karakter utamanya bernama Potato?

Molcar Anti Bosan

Pui Pui Molcar benar-benar menjadi serial yang secara konsisten terus menyajikan tontonan dua setengah menit yang menghangatkan hati tiap minggunya (bahkan salah satu episodenya dibintangi oleh marmot asli). Tiap episode Molcar menampilkan animasi stop motion yang dibuat dengan sangat baik. Tapi tidak hanya lucu saja, saya cukup terhibur dengan banyaknya referensi ke film-film layar lebar, seperti parodi film zombi, AKIRA, dan Back to the Future.

Tapi episode-episode favorit saya justru yang tidak memarodikan hal tertentu, melainkan episode-episode di mana para Molcar dapat tampil sebagai diri mereka sendiri. Terkadang orang bisa sayang terhadap motor atau mobil mereka layaknya peliharaan atau anak sendiri, dan para Molcar sebagai “mobil hidup” yang menggemaskan dapat menangkap sentimen tersebut. Terlebih lagi karena Molcar tidak memiliki dialog sama sekali, rasanya anime ini dapat dimengerti dan dinikmati oleh penonton dari semua umur di seluruh dunia.

Saya Juga Suka!

Uniknya, aspek yang menarik untuk dilihat pada Molcar bukan hanya acaranya sendiri, tetapi juga respons dari semua orang terhadap anime ini yang begitu hangatnya. Dari tidak memiliki merchandise sama sekali, hingga kemudian perlahan-lahan dibanjiri oleh berbagai merchandise yang ada untuk dapat dibeli oleh para penggemarnya. Berbagai fanart pun bermunculan, seperti halnya berbagai fan remix dari lagu temanya yang catchy. Bahkan, perusahaan manufaktur mobil Daihatsu ikut membuat parodi Molcar untuk postingan April Mop-nya. Tidak dapat diragukan lagi kalau Molcar kini sudah populer, paling tidak di Jepang.

Makanya, Tonton Molcar!

Mungkin hal yang paling menggembirakan dari kesuksesan Molcar adalah bagaimana hal tersebut seakan jadi selebrasi hal-hal yang terkadang kurang diminati oleh penggemar anime pada umumnya: anime pendek, anime stop-motion, dan cerita orisinil yang bukan diadaptasi dari media lain. Rasanya, dunia anime akan jadi lebih berwarna bila ada semakin banyak hal-hal seperti itu. Ngomong-ngomong, sutradara Pui Pui MolcarTomoki Misato baru-baru ini diberitakan menjadi kepala divisi animasi stop-motion baru WIT STUDIO, jadi siapa tahu? Mungkin tidak perlu menunggu lama lagi untuk mendapat tontontan pendek dan ringan seperti Pui Pui Molcar, yang rasanya sangat cocok untuk ditonton dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini.

Jadi, selamat ya, Molcar! Kamu benar-benar membuktikan kalau anime pendek pun bisa meraih kesuksesan!

Positif

  • Para karakter Molcar yang menggemaskan
  • Musik dan efek suara yang lucu dan menyenangkan untuk didengar
  • Animasi stop-motion dan props boneka yang berkualitas tinggi
  • Cerita dan humor yang mudah dimengerti bahkan tanpa adanya dialog

Negatif

  • Sangat pendek, hanya dibawah tiga menit
  • Sudah berakhir dan belum ada episode Molcar baru

KAORI Newsline | Oleh Caesar E.S.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.