Tato Abi Menjadi Seiyu Ayah Shinichi dalam Episode Terbaru Detektif Conan yang Tayang di NET

0
detektif conan
© Gosho Aoyama / Shogakukan . YTV . TMS / Photo courtesy of Asdi Suhastra

Detektif Conan, anime detektif populer asal Jepang ini sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, kini kembali tayang di stasiun televisi NET dengan 25 episode baru, yang terdiri dari episode 536-560. 25 episode baru ini ditayangkan mulai tanggal 1 Mei 2021, dan akan ditayangkan setiap hari Sabtu dan Minggu, pada pukul 06.30 WIB. Sebelumnya pada tahun 2020 lalu, anime ini telah ditayangkan NET sebanyak 20 episode, setelah sebelumnya anime ini vakum selama hampir 6 tahun lamanya setelah terakhir tayang di Indosiar pada tahun 2014 lalu.

Anime ini saat ini disulihsuarakan ke dalam bahasa Indonesia oleh studio CS Pro. Seiyu Conan terdahulu yaitu Ahmad Zulkifli Lubis tidak lagi menjadi seiyu dari karakter Conan, dan perannya digantikan oleh Leni M Tarra. Seiyu lainnya yang ikut bermain di film ini di antaranya ada Salman Borneo, Maria Cicillia, Solihin Bumi, Jumali Jindra, Tuty Pinkan, Muchus, Mohammad Frenddy Pangkey, Tato Abi, Harjayah Hermano, Ladi Carmelita, May Hartati, Siwi Dwi Iswanti, Agus Tunggono, Harry Suseno, Sofie, Nanang Niskala, Nugraha, dll. Studio CS Pro juga telah menyulih suarakan sejumlah film layar lebar maupun episode spesial Detektif Conan untuk ditayangkan di aplikasi Klikfilm, dengan jajaran seiyu yang sama. Berikut adalah beberapa jajaran seiyu berikut peran-peran mereka:

This slideshow requires JavaScript.

Satu lagi seiyu yang turut berpartisipasi dalam penyulihan suara anime Detektif Conan ke dalam bahasa Indonesia adalah Tato Abi. Tato Abi adalah seorang seiyu yang memulai debutnya sebagai seiyu di bawah naungan Sanggar Prathivi yang dikenal dengan produk-produk sandiwara radio yang digemari publik pada masanya. Karirnya sebagai seorang seiyu dimulai dari sejumlah sandiwara radio yang populer di era 80-90an seperti Mahkota Mayangkara, Kaca Benggala, Sabda Pandita Ratu, hingga Getar-Getar Manusia Pilihan. Kemudian ketika televisi swasta mulai bermunculan di kancah pertelevisian Indonesia, Tato Abi juga turut aktif menjadi seiyuu untuk program-program asing yang disulih suarakan ke dalam bahasa Indonesia. Ia pernah tergabung dalam jajaran seiyu di stasiun televisi Indosiar, dan berperan dalam sejumlah anime yang ditayangkan di Indosiar seperti Sailor Moon, Time Quest, Patlabor, hingga Born to Cook. Satu lagi perannya yang terkenal adalah sebagai Marlin, ayah dari Nemo dalam film Finding Nemo dan Finding Dory.

Dalam Detektif Conan di NET kali ini, Tato Abi berperan sebagai Yusaku Kudo, ayah dari Shinichi/Conan yang mengetahui rahasia Shinichi yang tubuhnya mengecil dan menggunakan nama samaran Conan, dan senantiasa “menjaga” Shinichi/Conan dari kejauhan. Karakter Yusaku Kudo sendiri dalam seri Detektif Conan bukanlah karakter yang sering muncul, justru cukup jarang, hanya munccul sekali-sekali saja. Karenanya dalam episode terbaru yang ditayangkan pada hari Sabtu tanggal 1 Mei 2021, ini pertamakalinya Tato Abi menyuarakan karakter Yusaku Kudo. Bahkan dalam film layar lebar Detective Conan: The Phantom of Baker Street yang ditayangkan di aplikasi Klikfilm, karakter Yusaku Kudo disuarakan oleh Salman Borneo, yang menyuarakan Shinichi di beberapa film layar lebar Detektif Conan di Klikfilm. Karenanya, jika nantinya karakter Yusaku Kudo muncul lagi di episode-episode selanjutnya, tidak jelas apakah ia akan diperankan kembali oleh Tato Abi. Meskipun begitu, ia sendiri juga banyak menyuarakan karakter-karakter yang “numpang lewat” di sejumlah episode maupun kasus. Yang menarik, tidak seperti di sejumlah film-film Detektif Conan versi awal di Klikfilm, karakter Shinichi Kudo kini tak lagi diperankan oleh Salman Borneo.

Detektif Conan, atau dalam bahasa Jepangnya dikenal sebagai Meitantei Conan adalah anime yang diangkat dari komik detektifberjudul sama karya Gosho Aoyama. Dalam komik ini dikisahkan mengenai mengenai seorang detektif SMA bernama Shinichi Kudo yang tubuhnya berubah menjadi anak kecil akibat diracun oleh sebuah komplotan misterius. Kini dengan nama samaran Conan Edogawa, Shinichi yang telah berubah menjadi anak kecil harus memecahkan berbagai kasus-kasus kejahatan sembari mengejar komplotan misterius yang telah membuat tubuhnya mengecil.

Detektif Conan pertama kali diterbitkan di Jepang melalui majalah Weekly Shonen Sunday sejak tahun 1994 dan masih berlanjut hingga kini. Di Indonesia sendiri komiknya diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo. Kesuksesan komiknya membuat Detektif Conan diadaptasi menjadi serial dan berbagai Movie Anime maupun drama seri. Animenya sendiri sebelumnya pernah ditayangkan di Indonesia melalui stasiun televisi Indosiar hingga tahun 2014.

KAORI Nusantara

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.