Tuty Pinkan Kembali Menjadi Seiyuu Ran di Detektif Conan yang Tayang di NET

0
detektif conan
© Gosho Aoyama / Shogakukan . YTV . TMS / Foto Koleksi Pribadi

Detektif Conan, anime detektif populer asal Jepang ini sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, akhirnya kembali ditayangkan di televisi Indonesia setelah vakum selama hampir 6 tahun lamanya. Adalah stasiun televisi NET yang telah menayangkan anime ini kembali di Indonesia mulai hari Sabtu tanggal 5 September 2020, dan ditayangkan setiap hari Sabtu dan Minggu pada pukul 07.30 WIB. Seperti yang sempat diberitakan sebelumnya, melalui iklan yang sempat dipublikasikan NET sebelumnya, seiyuu Conan terdahulu yaitu Ahmad Zulkifli Lubis tidak lagi menjadi seiyuu dari karakter Conan, dan perannya digantikan oleh Leni M Tarra. Seiyuu lainnya yang ikut bermain di film ini di antaranya ada Salman Borneo, Maria Cicillia, Solihin Bumi, Jumali Jindra, Juni Faif, Mohammad Frenddy Pangkey, Tato Abi, Harjayah Hermano, Ladi Carmelita, May Hartati, dan Siwi Dwi Iswanti. Sesi penyulihan suaranya sendiri dilakukan di studio CS Pro, yang juga telah menyulih suarakan sejumlah film layar lebar maupun episode spesial Detektif Conan untuk ditayangkan di aplikasi Klikfilm, dengan jajaran seiyuu yang sama.

This slideshow requires JavaScript.

Satu lagi seiyuu yang kini ikut berpartisipasi dalam penyulihan suara anime Detektif Conan ke dalam bahasa Indonesia adalah Tuty Pinkan. Tuty Pinkan adalah seorang seiyuu yang sebelumnya dikenal sebagai seiyuu dari karakter Sakura Haruno dalam serial anime Naruto. Dalam Detektif Conan kali ini, ia dipercaya untuk menjadi seiyuu dari Ran Mouri, kawan sekaligus kekasih dari Shinichi. Menariknya, ini bukan pertamakalinya ia dipercayakan untuk menjadi seiyuu Ran. Sebab pada tahun 2011 lalu, studio RCS pernah memercayainya untuk menjadi seiyuu Ran saat studio tersebut dipercayakan oleh pihak Indosiar untuk mendubbing anime Detektif Conan di tahun tersebut. Karakter Ran sendiri awalnya diperankan oleh Luh Sri Mariyani di episode-episode awal, hingga akhirnya Wan Leony Mutiarza dipercayakan untuk menjadi seiyuu Ran selama beberapa tahun lamanya hingga tahun 2011 hingga peran Ran diserahkan kepada Tuty Pinkan. Kemudian pada tahun 2014, peran Ran diserahkan kepada Nurul Ulfah. Kini ketika Detektif Conan ditayangkan kembali melalui NET, Tuty Pinkan kembali dipercayakan untuk memerankan Ran. Selain Ran, dirinya kali ini juga dipercaya untuk memerankan Mitsuhiko Tsuburaya, salah satu anggota grup detektif cilik. Mitsuhiko sendiri sebelumnya pernah diperankan oleh sejumlah seiyuu seperti Jane Leisilla Zahara dan Wiwiek Supadmi.

Detektif Conan, atau dalam bahasa Jepangnya dikenal sebagai Meitantei Conan adalah anime yang diangkat dari komik detektifberjudul sama karya Gosho Aoyama. Dalam komik ini dikisahkan mengenai mengenai seorang detektif SMA bernama Shinichi Kudo yang tubuhnya berubah menjadi anak kecil akibat diracun oleh sebuah komplotan misterius. Kini dengan nama samaran Conan Edogawa, Shinichi yang telah berubah menjadi anak kecil harus memecahkan berbagai kasus-kasus kejahatan sembari mengejar komplotan misterius yang telah membuat tubuhnya mengecil.

Detektif Conan pertama kali diterbitkan di Jepang melalui majalah Weekly Shonen Sunday sejak tahun 1994 dan masih berlanjut hingga kini. Di Indonesia sendiri komiknya diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo. Kesuksesan komiknya membuat Detektif Conan diadaptasi menjadi serial dan berbagai Movie Anime maupun drama seri. Animenya sendiri sebelumnya pernah ditayangkan di Indonesia melalui stasiun televisi Indosiar hingga tahun 2014.

KAORI Nusantara

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.