Kenalan Dengan Maria Cicillia: Seiyuu Terbaru Ai Haibara di Detektif Conan yang Tayang di NET

0
detektif conan
© Gosho Aoyama / Shogakukan . YTV . TMS / Photo Courtesy of Ajidarma Susanto

Detektif Conan, anime detektif populer asal Jepang ini sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, akhirnya kembali ditayangkan di televisi Indonesia setelah vakum selama hampir 6 tahun lamanya. Adalah stasiun televisi NET yang telah menayangkan anime ini kembali di Indonesia mulai hari Sabtu tanggal 5 September 2020, dan akan ditayangkan setiap hari Sabtu dan Minggu pada pukul 07.30 WIB. Seperti yang sempat diberitakan sebelumnya, melalui iklan yang sempat dipublikasikan NET sebelumnya, seiyuu Conan terdahulu yaitu Ahmad Zulkifli Lubis tidak lagi menjadi seiyuu dari karakter Conan, dan perannya digantikan oleh Leni M Tarra. Seiyuu lainnya yang ikut bermain di film ini di antaranya ada Salman Borneo, Jumali Jindra, Solihin Bumi, Juni Faif, Mohammad Frenddy Pangkey, Tato Abi, Harjayah Hermano, Tuty Pinkan, Ladi Carmelita, may Hartati, dan Siwi Dwi Iswanti. Sesi penyulihan suaranya sendiri dilakukan di studio CS Pro, yang juga telah menyulih suarakan sejumlah film layar lebar maupun episode spesial Detektif Conan untuk ditayangkan di aplikasi Klikfilm, dengan jajaran seiyuu yang sama.

This slideshow requires JavaScript.

Satu lagi seiyuu yang kini ikut berpartisipasi dalam penyulihan suara anime Detektif Conan ke dalam bahasa Indonesia adalah Maria Cicillia. Nama Maria Cicillia sendiri saat ini mungkin belum terlalu dikenal di kalangan penggemar anime Jepang di Indonesia. Namun dia sendiri sebenarnya adalah seorang seiyuu yang telah memulai karirnya sejak usia muda. Awal karirnya dimulai saat dirinya turut bermain dalam Operet Dufan, hingga ia diajak untuk menjadi seiyuu oleh mendiang Muhammad Abud pada tahun 1999, di mana saat itu Maria Cicillia masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Awal karir seiyuu yang akrab dipanggil sebagai Macil ini sendiri adalah ketika dirinya bermain dalam serial Walt Disney Studios, Hercules. Sejak itu, ia sering sekali terlibat dalam penyulihan suara film-film karya Walt Disney Studios ke dalam bahasa Indonesia. Ia bahkan juga dipercaya memerankan Upin dan Ipin dalam serial Upin & Ipin versi bahasa Indonesia yang tayang di Disney Channel. Adapun untuk di Detektif Conan sendiri, Maria Cicillia kini dipercayakan untuk menyuarakan karakter Ai Haibara, sang ilmuwan yang tubuhnya mengecil dan kini menjadi sekutu Conan untuk melawan komplotan jubah hitam. Karakter Ai Haibara sendiri di masa lalu telah disuarakan oleh sejumlah seiyuu seperti Sofie, Ridawati, Wan Leony Mutiarza, hingga Ika Zidane. Berikut adalah karakter-karakter yang pernah diperankan oleh Maria Cicillia selama berkarir sebagai seiyuu:

Detektif Conan (NET) sebagai Ai Haibara
Sticth sebagai Yuuna
Phineas & Ferb sebagai Candice
Upin & Ipin sebagai Upin & Ipin
Lloyd in Space sebagai Francine Nebulon
Teamo Supremo sebagai Hector Felipé Corrio
Teamo Supremo sebagai Brenda
Little Mermaid 3 sebagai Ariel
Wreck-it Ralph sebagai Vanellope von Schweetz
Camp Rock  sebagai Mitchie Torres
Wizards of Waverly Place sebagai Alex Russo
Sofia the First sebagai Putri Amber

Photo courtesy of Ajidarma Susanto, Ridawati, Yeni Ariati, & Koleksi pribadi

Sejumlah seiyuu yang pernah menyuarakan Ai Haibara di masa lalu, dari kiri ke kanan: Sofie, Ridawati, Wan Leony Mutiarza, & Ika Zidane

Detektif Conan, atau dalam bahasa Jepangnya dikenal sebagai Meitantei Conan adalah anime yang diangkat dari komik detektifberjudul sama karya Gosho Aoyama. Dalam komik ini dikisahkan mengenai mengenai seorang detektif SMA bernama Shinichi Kudo yang tubuhnya berubah menjadi anak kecil akibat diracun oleh sebuah komplotan misterius. Kini dengan nama samaran Conan Edogawa, Shinichi yang telah berubah menjadi anak kecil harus memecahkan berbagai kasus-kasus kejahatan sembari mengejar komplotan misterius yang telah membuat tubuhnya mengecil.

Detektif Conan pertama kali diterbitkan di Jepang melalui majalah Weekly Shonen Sunday sejak tahun 1994 dan masih berlanjut hingga kini. Di Indonesia sendiri komiknya diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo. Kesuksesan komiknya membuat Detektif Conan diadaptasi menjadi serial dan berbagai Movie Anime maupun drama seri. Animenya sendiri sebelumnya pernah ditayangkan di Indonesia melalui stasiun televisi Indosiar hingga tahun 2014.

KAORI Nusantara

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.