Captain Tsubasa adalah salah satu anime sepak bola yang sangat populer di banyak negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan sejak tahun 2002, animenya kerap kali ditayangkan di Indonesia setiap momen Piala Dunia. Kini dalam rangka momen Euro 2020, stasiun televisi MNCTV juga tengah menayangkan anime versi keluaran tahun 2018 yang sebelumnya pernah ditayangkan oleh RCTI pada tahun 2019 lalu.

Dalam sejarahnya, serial komik karya Yoichi Takahashi ini telah berkali-kali diadaptasi menjadi anime, yakni pada tahun 1983, 1994, 2001, dan yang terbaru adalah 2018. Yang menarik, semua versi anime tersebut telah ditayangkan di Indonesia. Dan dari semua penayangan tersebut, sejumlah seiyu pernah tercatat mendubbing sang karakter utama, Tsubasa Ozora ke dalam bahasa Indonesia. Inilah sejumlah seiyu yang pernah mendubbing sang Kapten Tsubasa ke dalam bahasa Indonesia:

Hanis

seiyu captain tsubasa

Mendiang Hanis adalah seiyu pertama yang mendubbing Tsubasa ke dalam bahasa Indonesia, saat anime Captain Tsubasa versi klasik keluaran tahun 1983 ditayangkan untuk pertama kalinya oleh TV7 (kini TRANS7) pada tahun 2002 lalu. Meskipun begitu, entah kenapa karirnya sebagai seiyu Tsubasa tidak bertahan lama, dan hanya 2 episode saja. Setelah ia mendubbing Tsubasa di 2 episode pertama animenya, ia pun hengkang tanpa sebab yang jelas. Hanis telah tutup usia pada 12 Desember 2004.

Amir Cholili

Setelah Hanis hengkang, Amir Cholili sempat memerankan Tsubasa. Sejak kapan dan sampai kapan seiyu yang dikenal sebagai Gon dalam anime Hunter X Hunter maupun Chinmi dalam anime Kungfu Boy memerankan Tsubasa ini tidak terlalu jelas, karena kiprahnya terkesan “terlupakan” karena dibayang-bayangi oleh nama Ade Basuki. Keberadaan Amir Cholili sendiri saat ini tidak jelas, bahkan rekan-rekannya sesama seiyu sudah tak lagi tahu di mana ia sekarang.

Ade Basuki

seiyu captain tsubasa

Ade Basuki boleh jadi merupakan seiyu yang namanya paling identik dengan Kapten Tsubasa. Ia mendubbing anime Captain Tsubasa versi klasik hingga anime Road to 2002 saat kedua anime tersebut ditayangkan oleh TV7, dan menjadi seiyu Captain Tsubasa yang paling terkenal. Bukan cuma itu saja, Ade Basuki juga menyanyikan lagu tema anime Captain Tsubasa Road to 2002 yang berjudul Dragon Screamer ke dalam bahasa Indonesia. Beberapa waktu yang lalu, ia bahkan sempat menyanyikan kembali lagu tersebut dengan berkolaborasi bersama SAY Record.

Mohammad Romli

Kiprah Mohammad Romli sebagai seiyu Tsubasa tidak terlalu menonjol. Hal ini dikarenakan ia hanya mendubbing Tsubasa di versi film layar lebar yang hanya tayang sebentar saja di RCTI. Yang menarik, ini bukanlah terakhir kalinya seiyu dari Kenshin di anime samurai X yang tayang di SCTV ini mendubbing anime Captain Tsubasa. Ketika Captain Tsubasa 2018 ditayangkan oleh RCTI dan kini MNCTV menayangkannya kembali, ia kembali lagi, dan menjadi seiyu dari Wakabayashi.

Mahindra Yudha Permana

Beberapa tahun yang lalu, ANTV sempat menayangkan Captain Tsubasa Road to 2002 sekitar tahun 2008 dan 2014. Untuk penayangan versi ANTV ini Tsubasa didubbing oleh Mahindra Yudha Permana. Mahindra Yudha Permana sendiri dikenal sebagai seiyu dari Deku di anime My Hero Academia yang ditayangkan di RTV.

Leni M Tarra

Seiyu terbaru dan terkini dari Tsubasa Ozora adalah Leni M Tarra. Ia mulai mendubbing Tsubasa saat Global TV menayangkan Captain Tsubasa Road to 2002 pada tahun 2017 lalu, dan sempat ditayangkan ulang oleh NET beberapa waktu yang lalu. Leni M Tarra juga adalah seiyu Tsubasa dalam Captain Tsubasa 2018 yang tayang di RCTI, dan sedang tayang lagi di MNCTV. Saat ini Leni M Tarra sendiri juga aktif menjadi seiyu Conan dalam anime Detective Conan yang tayang di NET.

Captain Tsubasa J?

 

Satu yang cukup terlupakan dalam sejarah Kapten Tsubasa di Indonesia adalah bahwa pada tahun 2006, stasiun televisi Lativi (kini tvOne) pernah menayangkan anime Captain Tsubasa J. Penayangan ini pada saat itu dilakukan dalam rangka momen Piala Dunia 2006. Saat itu Lativi memiliki program bertajuk Karbol (Kartun Bola di Lativikids) yang menayangkan sejumlah anime bertema sepak bola, di antaranya adalah Aoki Densetsu Shoot (yang pernah ditayangkan di TV7 sekitar tahun 2002) dan Captain Tsubasa J yang merupakan anime keluaran tahun 1994. Sayangnya siapa seiyu Tsubasa di anime versi ini masih belum teridentifikasi dengan jelas hingga sekarang.

Captain Tsubasa adalah komik tentang sepakbola karya Yoichi Takahashi dan diterbitkan oleh Shueisha. Dalam komik ini dikisahkan mengenai Tsubasa Ozora adalah seorang pemuda yang bercita-cita tinggi menjadi seorang pemain sepak bola hebat dan menjadi pemain Tim Nasional Jepang. Kecintaannya kepada sepak bola membuatnya bertemu banyak teman, rival dan menghadapi berbagai tantangan menjadi pemain sepakbola nomor 1, dengan slogan legendaris “Bola adalah teman.”

Serial komik sepakbola yang satu ini memang cukup legendaris dan begitu digemari oleh banyak orang. Karena ketenarannya tersebut, komik ini bahkan sampai berkali-kali diadaptasi menjadi anime, pada tahun 1983, 1994, 2001, dan yang terbaru adalah 2018. Itu belum termasuk dengan film-film layar lebar dan juga OVAnya. Seolah tak mau ketinggalan, Captain Tsubasa juga cukup populer di Indonesia, bahkan selain komiknya yang telah diterbitkan oleh Elex Media, seri-seri animenya, baik tahun 1983, 1994, dan 2001 semuanya juga sudah ditayangkan di Indonesia, di sejumlah stasiun televisi, baik itu TV7 (sekarang TRANS7), RCTI, LATIVI (sekarang TV ONE), Space Toon, ANTV, dan Global TV (sekarang GTV), hingga NET.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.