Ulasan Anime: Gundam Build Fighters

1

GBF10-620x

Setelah Gundam AGE selesai tayang, fans Gundam pun kecewa lantaran Gundam AGE dianggap merupakan series Gundam teraneh yang pernah ada. Gundam AGE pada awalnya dibuat untuk menarik pasar anak-anak karena bekerja sama dengan Level-5 yang membuat Inazuma Eleven, tetapi eksekusi cerita di Gundam AGE sangat tidak menarik untuk penonton, baik anak-anak maupun penonton remaja dan dewasa. Gundam AGE tidak hanya gagal untuk menjadi shonen karena ceritanya terlalu berat bagi remaja, tetapi juga gagal menjadi seinen karena ceritanya terlalu ala kadarnya untuk sebuah cerita seinen. Dua tahun kemudian, Sunrise mengumumkan proyek seri TV Gundam terbaru bernama Gundam Build Fighters yang menargetkan penonton anak-anak. Hal ini memicu kekesalan para fans Gundam kalangan remaja dan dewasa karena mereka disuguhkan seri Gundam yang ditargetkan untuk anak-anak. Pada awalnya pun penonton tidak mempunyai ekspektasi apa-apa ketika menonton anime ini, namun ketika anime ini tayang, penonton dibuat kagum dengan anime ini.

Cerita di anime ini sebenarnya sederhana, pada era di mana pertarungan antara Gundam plastic model atau Gunpla sangat populer, seorang anak laki-laki bernama Sei Iori ingin mengikuti jejak bapaknya yang menjadi juara dunia Gunpla Battles Championship, namun apa daya dia tidak berpengalaman dalam hal Gunpla Battles. Tiba-tiba muncullah seorang misterius bernama Reiji yang membantu Sei dalam mewujudkan mimpinya menjadi juara dunia. Mereka berdua berkompetisi menjadi juara dunia dengan sisipan bumbu konspirasi, intrik, dan taktik di medan perang ala Gundam dan segala macam modifikasi Gunpla yang membuat pertarungan semakin seru dan semakin enak untuk dilihat.

659640470097599783

Advertisement Inline

Tipe cerita yang gampang dicerna jarang ditemukan di seri Gundam, namun Gundam Build Fighters bereksperimen dalam segi cerita dan mencoba menjadi lebih pop. Ceritanya mirip seperti anime Lets n Go, Beyblade atau Crush Gear, sehingga anime ini seru untuk usia anak-anak dan respectable untuk usia remaja dan dewasa. Tidak ada kata tidak mengerti dalam mengikuti alur cerita anime ini karena anime ini ringan untuk ditonton dan mempunyai pertarungan antar robot yang sangat seru dengan bumbu anime berjenis super robot.

Bukan hanya itu saja, Gundam Build Fighters atau GBF juga menawarkan satu kata yang menjadi kekuatan utama di anime ini yaitu nostalgia. Di dalam anime ini, penonton larut dengan nostalgia masa kecil mereka di mana mereka membeli Gunpla untuk bersenang-senang dan mencoba membayangkan kalau misalnya mereka menaiki Gunpla mereka dan bertarung secara nyata. Hal ini membuat GBF bisa menyusup ke dalam semua kalangan pecinta Gundam semua umur maupun yang bukan. Unsur nostalgia pun dimunculkan dengan munculnya beberapa Gundam lama seperti Wing Gundam, Bearguy, Exia Repair Gundam dan sebagainya dengan modifikasi sehingga terasa seperti Gundam orisinal dari seri Gundam Build Fighters. Modifikasinya pun membuat Gundam di anime ini semakin seru dan menyimpan kekuatan unik di dalamnya, sehingga penonton pun seolah mempunyai jagoan selama anime ini berlangsung.

reiji-and-iori-sei-teamwork

Pengembangan karakter di anime ini juga dieksekusi dengan baik, Sei dan Reiji seolah seperti dynamic duo yang tidak bisa dipisahkan. Kita bisa menyaksikan perjuangan mereka untuk mencapai juara Gunpla Battle Championship dari yang awalnya tidak tahu apa-apa tentang Gunpla Battle sampai bisa bersaing dan membangun pertemanan di kejuaraan Gunpla Battle.

Accessible, fun and nostalgic adalah tiga unsur yang mungkin dilupakan oleh pembuat seri Gundam dan baru direalisasikan pada Gundam Build Fighters. Seperti layaknya sebuah album pop yang catchy, gampang dicerna oleh semua kalangan dan adiktif, Gundam Build Fighters adalah salah satu seri yang paling pop sepanjang sejarah Gundam. Demi regenerasi fans baru, Gundam Build Fighters berani mencoba hal yang riskan dan tidak dicoba di seri Gundam sebelumnya. Untungnya, percobaan mereka berhasil sehingga Gundam Build Fighters dapat membentuk fans Gundam  baru dan membuat fans lama semakin dalam menekuni seri dan model kit Gundam. Gundam Build Fighters tidak hanya mampu mendongkrak penjualan model kit Gundam, tetapi juga terlihat dari larisnya penjualan Blu-Ray serta DVD seri ini.

Gundam Build Fighters memberi bukti bahwa mencoba sesuatu yang pop bukanlah suatu hal yang jelek, justru seri ini menjadi magnet orang-orang untuk mencintai Gundam dan model kit-nya.

Saat ini Gundam Build Fighters telah dibuat sekuelnya dengan judul Gundam Build Fighters Try yang bisa anda ulasan kesan pertamanya pada tautan berikut ini. Sama seperti sekuelnya, Gundam Build Fighters dapat disaksikan melalui akun Youtube GundamInfo dengan bantuan takarir berbahasa masing-masing: Inggris, Mandarin, Kanton, Thailand, dan Korea.

Skor: 8/10

KAORI Newsline | oleh Luthfi S.A. | Penulis adalah mahasiswa Sastra Jepang Universitas Padjajaran dan saat ini aktif mengasuh rubrik musik pop Jepang di situs creativedisc.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.