eill Membuktikan Kemungkinannya Yang Tak Terbatas di Cover Lagu ‘PLASTIC LOVE’

0
plastic love
© 2019 eill ALL Rights Reserved.

PLASTIC LOVE‘, single digital ke-4 oleh eill, yang dirilis pada 8 September 2021 lalu mendapat ulasan yang sangat bagus. Lagu ini berasal dari album “VARIETY” karya Mariya Takeuchi yang dirilis pertama kali pada tahun 1984. Lagu cover ini tersedia untuk didengarkan melalui layanan streaming musik utama. Aransemennya dibuat oleh produser Yaffle, yang merupakan salah satu tokoh terkemuka di dunia musik Tokyo. Tempo lagunya sedikit lebih lambat dari lagu aslinya dan aransemennya sempurna – tidak terlalu berlebihan atau tidak kurang. Penggunaan efek digital cukup menarik dan memiliki efek yang luar biasa pada vokal. Yang terpenting, suara eill yang lembut tidak dapat dilupakan begitu Anda mendengarnya dan nyanyiannya sangat halus, menimbulkan kesan yang luar biasa yang akan tetap bersama Anda.

Lirik dan melodi lagu aslinya yang dirilis pertama kali pada tahun 1984, masih segar. Tentu saja aransemen oleh Tatsuro Yamashita sangat bagus tetapi pada saat yang sama ‘PLASTIC LOVE’ versi eill memiliki keseimbangan yang brilian sebagai lagu pop pada tahun 2021.

Pertama-tama, kombinasi eill dan lagu ‘PLASTIC LOVE’ memang menarik. Seperti yang telah disebutkan oleh banyak media, kebangkitan musik “city pop” Jepang telah viral di banyak negara baru-baru ini, dan ‘PLASTIC LOVE’ oleh Mariya Takeuchi adalah salah satu lagu yang memulai tren ini.

Mari saya jelaskan apa itu musik “city pop”. Pertama, genre “city pop” tidak memiliki definisi yang jelas, tetapi ada beberapa poin seperti di bawah ini.

  • ”city pop” adalah kategori musik pop Jepang yang muncul dan dirilis pada akhir 1970-an dan 1980-an.
  • Mereka direkam dengan performa yang sangat terampil dan dimainkan dengan alur yang cukup presisi. Mereka diciptakan dengan pengaruh musik barat yang populer saat itu, antara lain soul, disco, urban kontemporer, funk dan crossover.
  • Selain itu, melodinya memiliki pengaruh dari lagu-lagu pop lokal khas Jepang dan liriknya menunjukkan adegan kesepian dan kesedihan di Tokyo setelah pertumbuhan ekonomi yang pesat.
  • Dengan semua yang telah saya jelaskan ini,“city pop”dapat dikatakan sebagai musik pop yang dimainkan dengan suara mellow dengan nuansa suasana kota urban yang sangat canggih.

Seperti yang ditunjukkan Wikipedia Jepang, kata “city pop” terkadang menggambarkan genrenya dan di lain waktu hanya menunjukkan suasana lagu. Happy End, Eiichi Ohtaki, Sugar Babe, Tatsuro Yamashita, Mariya Takeuchi (Yamashita dan Takeuchi menikah tahun 1982), Minako Yoshida, Yumi Arai (Yumi Matsutoya), Taeko Ohnuki, itulah daftar artis dan band yang terkait dengan genre musik city pop. Dan mereka adalah seniman-seniman yang semuanya sangat inovatif dan trendi saat itu.

Setelah tahun 2000-an musik mereka secara bertahap dikenal pendengar di seluruh dunia melalui internet. Elemen terbesar mengapa musik “city pop” menyebar dengan cepat adalah “Vaporwave” yang terjadi sekitar tahun 2010. “Vaporwave” adalah gerakan di mana orang-orang menata ulang konten Lofi seperti musik lama, game, dan video komersial lama.

Dengan latar belakang booming tersebut, musik “city pop” telah direkomendasikan oleh semua jenis influencer termasuk banyak DJ dan kreator di seluruh dunia. Salah satu lagu yang mendapat perhatian besar adalah “PLASTIC LOVE” oleh Mariya Takeuchi. Lagu tersebut menjadi viral pada tahun 2017. Pada Juli 2017, video musik tidak resmi ‘PLASTIC LOVE’ telah ditonton lebih dari 24 juta kali. Dan ada begitu banyak komentar dalam bahasa Inggris dan banyak bahasa lainnya. Dengan popularitas ini label Mariya Takeuchi merilis video musik resmi (yang dapat Anda tonton sekarang) dan juga banyak komentar dari seluruh dunia.

Sekarang izinkan saya berbicara tentang penyanyi eill. Dia adalah artis berusia 23 tahun yang baru saja melakukan debut majornya pada bulan April ini dengan lagu ‘Koko de Iki wo Shite’. Lagu ‘Koko de Iki wo Shite’ merupakan lagu penutup dari anime “Tokyo Revengers”. Itu peringkat di 10 besar di 50 negara di peringkat J-POP Apple Music.

Karena terkait dengan anime populer, lagu tersebut telah ditonton lebih dari 30 juta kali dan 40 persen penontonnya berasal dari luar negeri. Artis eill menulis lirik lagunya sendiri dan pesona terbesarnya adalah suaranya.

Pada program radio reguler Tatsuro Yamashita pada tanggal 22 Agustus, yang berjudul “Tatsuro Yamashita mempersembahkan Rakuten Card SUNDAY SONG BOOK”, ia memainkan lagu cover ‘PLASTIC LOVE’ oleh eill. Itu disiarkan selama program tahunan khusus yang disebut “conversation of couples over cooling off during the summertime”. Baik Tatsuro Yamashita dan Mariya Takeuchi telah menyebutkan tentang eill. Takeuchi mengatakan ‘Dia memiliki suara yang bagus. Yamashita mengatakan ‘Dia milik generasi baru. Dari kami berdua, dia seperti cucu kami.” Dia termasuk didalam label yang sama dan bekerja untuk kantor manajemen yang sama. Tetapi mereka tidak memujinya hanya karena mereka bekerja di perusahaan yang sama. Dua legenda seperti mereka tidak akan memanjakannya karena mereka serius dengan musiknya.

Selanjutnya, dalam program TV yang disebut “Sokai joho variety Sukkiri!” di Nippon Television, eill diperkenalkan hanya di bagian khusus dari program pada tanggal 27 September.

Wawancaranya diperkenalkan dan ada banyak komentar positif tentang dia dari SKY-HI dan Kan Sano, yang bekerja dalam kolaborasi dengan eill dan juga memproduseri untuknya. Mereka berdua menyebutkan betapa indah suaranya dan betapa istimewanya gaya bernyanyinya. Jelas bahwa banyak pencipta dan artis tertarik dengan suaranya.

Musiknya sebenarnya tidak memiliki genre. Dia menciptakan musik dari banyak pengaruh musik yang berbeda termasuk K-POP. Pada saat yang sama, dia menjadi populer sebagai ikon mode. Dia tampak seperti simbol Generasi Z.

Untuk memperjelas, figur eill tidak bisa disebut “artis neo-city pop”, tetapi artis yang dikategorikan sebagai musik “city pop” pastilah figur hip tahun 70-an dan 80-an di Jepang. Saatnya masyarakat diharapkan untuk lebih kooperatif dan mengikuti aturan lebih kuat dibandingkan sekarang. Tetapi para seniman itu memutuskan untuk menjadi diri mereka sendiri dan mereka mengembangkan keunikan mereka. Mereka adalah seniman ‘keren’. Dan artis-artis keren itu berinteraksi satu sama lain.

Di acara radio yang saya sebutkan sebelumnya, pasangan Yamashita dan Takeuchi menyelesaikan percakapan dengan komentar tersebut. Yamashita berkata, “Sebenarnya ada begitu banyak lagu cover ‘PLASTIC LOVE’.”

Takeuchi menjawabnya, “Saya sangat bersyukur bahwa lagu ini telah diapresiasi oleh banyak orang bahkan sampai sekarang. Lagu ini dibuat sekitar 37 tahun yang lalu. Itu bagus, kami melakukan yang terbaik, bukan?”

Artis ‘keren’ terbaru seperti eill mengumpulkan bakat ‘keren’ di sekitarnya dan mengcover lagu musik “city pop” yang pernah dimainkan oleh legenda ‘keren’. Kita dapat mengatakan bahwa rangkaian peristiwa menarik itu hampir mirip dengan Atavisme.

Video musik resmi YouTube ‘PLASTIC LOVE’ oleh eill telah ditonton lebih dari 770.000 kali (per 2 Oktober 2021). Banyak komentar telah ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa lain, termasuk bahasa Korea daripada bahasa Jepang.

Akhir tahun lalu, lagu ‘Mayonaka no Door- Stay With Me’ karya Miki Matsubara tiba-tiba menjadi viral di seluruh dunia. Lagu tersebut menduduki peringkat di Apple Music J-Pop dan Spotify Global chart viral. Berita ini membuktikan bahwa pendengar di seluruh dunia masih menemukan kembali lagu-lagu baru dari genre “city pop” dan tidak akan berhenti dalam waktu dekat. Seperti perhatian pendengar dan suaranya yang atraktif, serta empati kepada generasi, ‘PLASTIC LOVE’ oleh eill memiliki banyak alasan untuk menjadi atraktif. Saya yakin lagu ini akan mendapatkan lebih banyak pendengar di dunia. Dengan pertumbuhan artis eill, kita dapat mengharapkan popularitas lebih lanjut dari lagu spesial ini.

▷PLASTIC LOVE

https://lnk.to/Plastic_LovePR

▷Koko de Iki wo Shite

https://lnk.to/KokodeikiwoshitePR

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.