BAGIKAN

mahabharata

Penerbit Anjaya Books akan menerbitkan kembali komik Mahabharata mahakarya mendiang RA Kosasih.  Jika tidak ada halangan, maka komik ini akan mulai kembali beredar di pasaran pada akhir bulan Desember 2014.

Diadaptasi dari epos Mahabharata (kisah keturunan Dinasti Bharata) yang merupakan salah satu epos paling terkenal sepanjang masa, Mahabharata adalah sebuah wiracarita yang tak akan lekang oleh zaman. Karya agung yang mengisahkan sebuah tragedi keluarga yang berujung pada sebuah perang besar di padang Kurusetra, yang menghadapkan dua kubu: Pandawa dan Kurawa. Dua keluarga ini menjadi sentral cerita dengan tali-temali kisah yang begitu kompleks.

Advertisement Inline

mahabrata

Kebesaran kisah dari India yang menyeberang ke Tanah Air ini, tidak hanya terletak pada perang besar itu. Namun, ia menyimpan begitu beragam karakter tokoh, sangat kayanya konflik, dan lengkap pula dengan pergolakan batin tokoh-tokohnya. Riwayat ceritanya juga begitu panjang. Mulai dari para leluhur Pandawa sampai anak keturunan mereka. Mulai masa Prabu Santanu sampai Parikesit si penerus tahta. Mulai dari lahir sampai meninggalnya Pandawa dan juga Kurawa.

ra-kosasih-mahabharata

Babakan cerita dalam komik ini memuat beragam karakter tokoh yang mewakili karakter manusia di  mayapada. Tidak mengherankan bila orang menyebut cerita ini menjadi semacam cermin kehidupan manusia. Cerita bermetamorfosa dalam bermacam ekpresi seni, mulai dari wayang (baik orang maupun kulit), koreografi, sampai komik. Lewat medium komik wayang, sang legenda RA Kosasih membawa kisah Mahabharata yang sudah menjadi bagian budaya negeri ini,  menjadi lebih dekat lagi dengan masyarakat. Inilah komik biografi nyaris lengkap dari kisah besar: Pandawa dan Kurawa.

komikinside_full

RA Kosasih pertamakali menerbitkan komik Mahabharata pada tahun 1955 melalui Penerbit Melodie. Lewat goresan tangannya, RA Kosasih telah membawa kisah pewayangan yang sebelumnya selalu identik dengan budaya Jawa menjadi semakin populer di seluruh Indonesia dengan komiknya yang berbahasa Indonesia. Komik ini sendiri telah mengalami beberapakali penerbitan ulang dan kini akan diterbitkan sekali lagi oleh Anjaya Books dengan terdiri dari 40 jilid dengan total lebih dari 1600 halaman dikemas dalam 3 bundel hardcover dilengkapi dengan 40 sampul berwarna dan ukuran isi buku 16 cm X 24 cm hasil kerjasama UP. Melodie, RA. Kosasih, dan Anjaya Books.

KAORI Newsline | Courtesy of Andy Wijaya, Anjaya Books, Komik Gratisan, Komik Nostalgia, & Areamagz

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.