Adang Sudarto Kembali Aktif di Industri Dubbing

0
agus nurhasan
Adang Sudarto (kiri) bersama Agus Nurhasan (kanan) Koleksi foto Agus Nurhasan

Adang Sudarto merupakan salah seorang seiyu yang cukup legendaris dalam industri dubbing Indonesia. Banyak generasi yang pernah hidup di era tahun 1990an mengenal namanya ketika mendubbing sosok Kotaro Minami alias Satria Baja Hitam/Kamen Rider Black/Masked Rider Black. Sayangnya belakangan, seiyu yang juga turut mendubbing Hyoga dalam serial anime Saint Seiya ini seakan menghilang dari belantika industri dubbing, setelah ditarik menjadi produser di sebuah saluran televisi swasta.

Kini di penghujung tahun 2021, Adang Sudarto dikabarkan kembali lagi ke industri dubbing yang sempat melambungkan namanya di masa lalu. Hal ini dilaporkan oleh rekannya sesama seiyu Agus Nurhasan, yang sempat menunjukkan fotonya yang tengah berdua bersama rekan lamanya tersebut dalam postingan di akun Facebooknya. Menurut Agus Nurhasan, Adang Sudarto kini kembali aktif di industri dubbing, sebagai seorang sutradara dubbing atau pengarah dialog. Film-film yang ditanganinya kebanyakan adalah film-film yang ditayangkan melalui saluran TV kabel hingga layanan streaming online.

Yang menarik, baik Adang maupun Agus, keduanya memang sama-sama seiyu yang turut mendubbing seri tokusatsu Satria Baja Hitam bertahun-tahun yang lalu. Bila Adang mendubbing Satria Baja Hitam, maka Agus mendubbing monster-monsternya. Satria Baja Hitam sendiri dahulu merupakan seri tokusatsu yang proses dubbingnya pada masa itu digarap oleh Viva Production di mana Adang Sudarto dan Agus Nurhasan dahulu turut bergabung di dalamnya, bekerjasama dengan Visi Lambang Persada. Agus Nurhasan juga menyebutkan di fotonya bahwa ini adalah pertama kalinya ia bertemu kembali dengan Adang Sudarto setelah lebih dari seperempat abad tidak pernah saling bertemu.

KAORI Newsline | Courtesy of Agus Nurhasan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.