BAGIKAN

1B8A8144-771x514

Toko yang menjual berbagai pernik (merchandise) khas dari seri anime dan manga, di Indonesia, terutama di Jakarta tentu sudah tidak asing lagi keberadaannya. Beberapa toko khusus yang menjual pernik anime dan manga di Jakarta dapat dengan mudah ditemui bahkan di pusat perbelanjaan sekalipun. Tidak hanya toko fisik, banyak juga toko-toko online yang menjual berbagai pernik khas anime dan manga di Indonesia. Namun apa jadinya jika sebuah toko pernik anime dibuka di Timur Tengah? Qatar baru saja membuka toko pernik anime pertamanya.

Toko khusus anime dan manga yang bernama Hobby Chan ini merupakan toko yang menjual pernik khas anime dan manga yang pertama dibuka di Qatar. Menariknya, toko ini dibuka oleh sepasang suami istri yang belum lama melangsungkan pernikahan, yakni Fatma Al Jassim serta Jassim Al Mass.

Advertisement Inline

Dalam toko yang dimiliki oleh pasangan berusia 26 tahun ini tidak jauh berbeda seperti toko khas anime dan manga yang ada di Indonesia maupun di tempat lain. Dalam toko ini dijajakan pernik berupa figur, boneka custom (dolfie), serta berbagai pernik seperti gantungan kunci, dan pernik lainnya.

Bagi pasangan ini, dibukanya toko anime dan manga ini merupakan bentuk dari bangkitnya subkultur anime di Qatar. Bangkitnya subkultur anime ini ditopang dengan ditayangkannya berbagai macam seri anime pada  stasiun TV lokal negara tersebut.

“Bagi saya, ini adalah sebuah karya seni” ujar Al Jassim ketika ditanya mengenai apa arti koleksi figur bagi dirinya. “Kita tumbuh dengan menonton berbagai seri anime dalam bahasa Arab. Sejak dahulu, Jepang telah menjadi bagian dari masa kecil kami. Bagi saya ada sebuah keajaiban dalam dunia anime dan berbagai produk yang dihasilkannya.”

1B8A8120-771x514

Toko yang dibuka di wilayah Bin Omran ini merupakan bentuk dari buah hasil perencanaan dan kerja keras dari pasangan tersebut. “Kami termotivasi untuk membuka toko ini setelah pulang dari bulan madu kami di Jepang pada Oktober lalu. Dari penyusunan konsep sampai branding dan membuka toko ini merupakan proses yang kami lalui selama tujuh tahun. Kami sangat merasa beruntung bisa bertemu dengan Danny Choo dalam kunjungannya ke Comic Con Dubai tahun lalu, berkat dirinya pula kami dikenalkan oleh para vendor dan supplier dari pernik-pernik ini.” ujar Al Mass.

Pertemuannya dengan Danny Choo tidak hanya sekedar diperkenalkan dengan berbagai vendor. Sang pemilik situs Culture Japan ini juga memberikan izin penjualan produk boneka miliknya di toko ini. Menurut Al Mass, jika boneka smart doll milik Danny Choo sudah dikirimkan, maka pihaknya akan segera menjualnya di toko.

1B8A8119-336x224

Sejak dibuka pada 16 Oktober lalu, toko ini sudah diramaikan oleh kunjungan para penggemar anime dan manga di Qatar, bahkan akun instagram resmi toko ini sudah memiliki 1000 pengikut di media sosial tersebut. Ramainya kunjungan di toko ini bahkan bisa membuat antrian disaat toko belum dibuka.

Bagi Al Jassim, ramainya pengunjung di toko ini merupakan bukti bahwa kebudayaan anime dan manga dari Jepang telah menjadi subkultur bagi remaja Qatar. “Kami sadar bahwa kami punya basis massa yang kuat disini, namun kami tidak menyangka toko ini akan seramai ini. Bahkan saya sampai tidak bisa keluar dari meja kasir!” ujar Al-Jassim.

Seorang pengunjung yang bernama Asma Al Binali menyatakan bahwa ia sangat senang bisa mengunjungi toko seperti ini. Baginya hal ini merupakan impian yang menjadi kenyataan, karena akhirnya ia bisa membeli berbagai pernik dari berbagai seri anime yang sudah dicintai sejak ia masih kanak-kanak. Al Binali merupakan salah satu anggota dari grup AnimeQtr, grup penggemar anime wilayah Qatar. Grup penggemar anime di Qatar ini memiliki anggota yang berusia 16 hingga 25 tahun dengan 1100 pengikut di Instagram dan 400 pengikut di Facebook.

1B8A8117-771x514

Untuk membuka toko Hobby Chan ini, pasangan ini harus menyisihkan uang sebesar 200.000 QR (sekitar 700 juta Rupiah) dengan harapan dapat menyebarluaskan hobi anime dan manga ini keseluruh negeri dan membuat subkultur ini menjadi diakui.

Al Mass mengakui salah satu tantangan dalam memulai bisnis ini adalah pandangan mengenai mainan yang hanya diperuntukkan bagi anak-anak. Dengan dibukanya toko ini ia berharap bahwa masyarakat dapat mulai memandang bahwa hobi anime dan manga tidak hanya untuk anak-anak semata.

Saat ini toko tersebut menjual berbagai pernik dari seri manga, anime dan games Jepang seperti One Piece, Naruto, Fairy Tail, Gintama, Attack on Titan, Sailor Moon dan masih banyak lagi. Harga pernik di toko Hobby Chan ini berkisar antara 300 hingga 700 QR (sekitar 1 juta Rupiah hingga 2,5 juta Rupiah) untuk figur, sedangkan pernik kecil lainnya seperti handuk, dan gantungan kunci dijual dengan harga 100 QR (sekitar 350.000 Rupiah). Toko ini dibuka dari jam 9 pagi hingga 9 malam untuk hari Sabtu hingga Kamis, dan pada hari Jum’at toko ini dibuka pada pukul 4 sore hingga 9 malam waktu setempat.

KAORI Newsline

40 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.