AnimagiC 2014: Kala Jepang Hadir Di Barat

0
Beginilah kondisi didalam area event. Ramai, namun teratur.

animagic

Event tentang Anime dan budaya Jepang ternyata tidak hanya menjamur di wilayah Asia. Di wilayah Eropa, event-event semacam ini juga banyak dilakukan, salah satunya adalah AnimagiC 2014. Event ini diadakan di Bonn, Jerman, pada 1 – 3 Agustus 2014 kemarin.

Pada AnimagiC 2014, ada tiga artiste yang ikutserta dan memberikan konser, yaitu milktub, ZWEI dan Luna Haruna. Ketiga artiste ini memberikan pelbagai pertunjukkan sepanjang tiga hari event berlangsung, masing-masing kurang lebih 1 kali pertunjukkan indoor dan 1 kali pertunjukkan outdoor. Ada satu hal yang cukup berbeda dengan Indonesia perihal konser di Jerman. Disana, seluruh penonton menyaksikan konser dengan tenang dan tertib, tidak penuh dengan sorak-sorakan layaknya yang umum terjadi di Indonesia. Baru setelah pertunjukkan berakhir, seluruh penonton memberikan apresiasinya melalui sorakan dan tepukan tangan. Para artiste juga menyempatkan diri membagikan tandatangan mereka selama 1 jam seusai tiap konser kepada pada fans mereka, tanpa undian.

Untuk bintang tamunya sendiri juga tidak kalah banyak. Ada Junya Inoue yang mengarang manga BTOOOM!, Tomonori Ochikoshi yang merupakan Produser Sword Art Online, George Wada sang produser Shingeki no Kyojin, Shinji Aramaki, Cocoa Fujiwara, Hideo Baba, dan banyak lainnya. Masing-masing dari mereka memberikan sesi tanya-jawab dan sesi tandatangan gratis kepada seluruh orang yang hadir dalam sesi tanya jawabnya.

Advertisement Inline

Banyak booth juga dibuka sepanjang event, yang berkisar dari barang original berbentuk DVD, Blu-ray, Manga dan Novel, sampai produk-produk doujin dan pernak-pernik lainnya yang dibuat dan dijual oleh para penggemar seri tersebut. Bahkan, ada satu tempat dimana perusahaan konsol membuka stand sembari menyediakan beberapa konsol yang dapat dimainkan secara gratis. Di bagian belakang area, layaknya event Jejepangan pada umumnya, terdapat sebuah maid cafe dan sebuah kelas manga untuk mereka yang ingin belajar menggambar manga.

Event kali ini juga tidak sepi cosplayer, baik itu pengunjung maupun staff AnimagiC sendiri. Namun, seperti yang dapat dilihat dari bintangtamu dan apa yang diperjualbelikan sepanjang event ini, mayoritas cosplay masih berkisar antara anime-anime populer semacam Sword Art Online, Shingeki no Kyojin, Date a Live, Naturo dan One Piece.

Anda dapat melihat suasana acara pada foto-foto di bawah ini:

This slideshow requires JavaScript.

KAORI Newsline | oleh Krisma Budianto Irawan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.