BAGIKAN

lan kelana

Sebagaimana yang telah diberitakan sebelumnya, komikus veteran Lan Kelana kembali membuat komik bertema Wayang Mahabaratha. Komik yang rencananya berceritakan mengenai asal-usul Pandawa ini rencananya akan dirilis di bulan November tahun ini. Anda bisa melihat teasernya pada gambar berikut ini:

10615494_10203068091165119_8648597130520495018_n

Advertisement Inline

Lan Kelana adalah salah satu legenda hidup komikus Indonesia. Karya-karya originalnya pernah meramaikan jagat perkomikan di indonesia, dan merupakan salah satu yang terbaik pada masannya bersanding dengan Gerdi WK, San Wilantara, Hengky, Usyah Budin, Shanty Sheeba, dll.

Salah satu karya monumentalnya adalah komik bergenre Silat dengan judul Cakung. Genre Silat sendiri menjadi salah satu genre yang menjadi ciri pada komik-komik karyanya. Saat ini dirinya tinggal di Bogor dan sempat merilis kumpulan ilustrasi dari karya-karyanya dan juga pernah aktif dalam bidang advertising.

Diadaptasi dari epos Mahabaratha (kisah keturunan Dinasti Bharata) yang merupakan salah satu epos paling terkenal sepanjang masa, Mahabharata adalah sebuah wiracarita yang tak akan lekang oleh zaman. Karya agung yang mengisahkan sebuah tragedi keluarga yang berujung pada sebuah perang besar di padang Kurusetra, yang menghadapkan dua kubu: Pandawa dan Kurawa. Dua keluarga ini menjadi sentral cerita dengan tali-temali kisah yang begitu kompleks.

Kebesaran kisah dari India yang menyeberang ke Tanah Air ini, tidak hanya terletak pada perang besar itu. Namun, ia menyimpan begitu beragam karakter tokoh, sangat kayanya konflik, dan lengkap pula dengan pergolakan batin tokoh-tokohnya. Riwayat ceritanya juga begitu panjang. Mulai dari para leluhur Pandawa sampai anak keturunan mereka. Mulai masa Prabu Santanu sampai Parikesit si penerus tahta. Mulai dari lahir sampai meninggalnya Pandawa dan juga Kurawa.

Epos Mahabaratha ini sebelumnya telah beberapakali dikomikkan dengan salah satunya yang paling monumental adalah karya mendiang RA Kosasih yang baru-baru ini diterbitkan ulang maupun dalam bentuk carangan karya Is Yuniarto bertajuk Garudayana.

Dalam waktu dekat komik Mahabaratha versi Lan Kelana ini akan segera didistribusikan.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.