Makanan Indonesia Berpeluang di Pasar Jepang

0

makanan indonesia

Produk makanan olahan Indonesia berpeluang besar mendapat tempat di pasar Jepang. Bukan hanya dikarenakan faktor daya beli masyarakat yang tinggi, melainkan perpaduan antara kebiasaan masyarakatJepang untuk mencoba sesuatu yang baru dan cita rasa makanan Indonesia yang memang cenderung cocok di lidah Jepang menjadi dua faktor yang penting dalam membuka peluang tersebut.

Dilansir dari Tribun News, hal di atas disampaikan Dubes RI untuk Jepang, Yusron Ihza Mahendra, di sela-sela acara Japan Food Expo 2015 yang dibuka di Makuhari Messe, Perfektur Chiba, Jepang pada hari Selasa 3 Maret 2015 lalu. Hadirnya puluhan stand Indonesia dalam Food Expo yang telah digelar untuk ke-40 kalinya, kali ini diiukti oleh 2700 exhibitor dari 83 negara, menurut Yusron, merupakan hal yang menggembirakan.

dubes-yusron4_20150304_104910

Dubes RI untuk Jepang, Yusron Ihza Mahendra, saat menghadiri acara Japan Food Expo 2015

“Kita merupakan salah satu negara besar, minimal di Asia. Karena itu kita harus selalu hadir dalam acara-acara besar seperti ini. Tahun lalu saya juga di tempat ini untuk acara serupa dan sekarang ini saya kembali di tempat ini beserta para peserta Indonesia. Ini berarti kita melakukan promosi secara rutin dan kontinyu, ujar Dubes Yusron yang sebelumnya pernah menetap selama 13 tahun di Jepang.

Menurut Yusron, ada beberapa cara untuk dapat lebih masuk ke pasarJepang. Di antaranya, adalah standarisasi produk, kontinyuitas suplai, link dan promosi. Thailand yang sejak beberapa dekade terakhir mendapat dukungan penuh pemerintahnya, termasuk promosi kuliner Thailand di luar negeri, ujar Yusron, telah menikmati hasil jerih payahnya. Karena itu, ia berharap Indonesia tidak lengah jika memang serius untuk ikut sebagai pemain.

Menyinggung produk-produk Indonesia di pasar Jepang, termasuk produk makanan kesehatan Indonesia (di Jepang disebut sebagai “kenkou shokuhing”) yang dipamerkan, Yusron mengungkap fenomena menarik tentang kesehatan dan juga makanan-makanan sehat di Jepang.

Di Jepang, kata Yusron, ada ungkapan bahwa demi sehat, mati pun bukan masalah. “Melihat kegandrungan seperti ini, kita tentu harus manfaatkan peluang-peluang seperti ini, tambah dia.

Dari data tentang kesanggupan memenuhi kebutuhan pangan, saat ini kemampuan Jepang hanyalah sekitar 60% saja. Ini berarti 40 persen kebutuhan pangan Jepang adalah produk impor. Tema politik ketahanan pangan Jepang selama beberapa dekade terakhir ini, menurut Yusron, adalah diversifikasi ketergantungan sumber pasokan pangan dari luar negeri.

“Ini tentu merupakan isyarat penting tentang peluang yang terbuka lebar bagi pasar produk makanan Indonesia di Jepang,” Yusron memastikan.

KAORI Newsline

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses