BAGIKAN

Kurang dari 12 hari menjelang Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2015, ada kejutan yang menyenangkan bagi pengguna kereta rel listrik (KRL) Commuter Jabodetabek. Bila kemarin KAORI sudah memberitakan penambahan jadwal KRL lintas Bekasi, kali ini sumber yang dekat dengan KAORI di KCJ menginformasikan penambahan jumlah KRL lintas Serpong sampai dengan Parung Panjang dan Maja.

krl-serpong

Pada saat ini, lintas Serpong hanya dilayani 8 loop (rangkaian kereta) dengan total sebanyak 104 perjalanan. Mulai Gapeka 2015, jumlah loop lintas Serpong bertambah menjadi 10 loop.  Penambahan 2 loop ini tidak hanya menambah jumlah rangkaian yang berdinas di lintas Serpong, namun juga menambah jumlah perjalanannya. Nantinya akan ada 149 perjalanan rute Maja – Parung Panjang – Serpong – Tanah Abang pp.

Advertisement Inline

Hal ini tentunya semakin memudahkan pengguna KRL lintas barat yang selama ini direpotkan dengan penuhnya KRL, khususnya bagi pengguna yang naik dari Maja dan Parung Panjang. Dengan bertambah banyaknya jumlah rangkaian KRL yang melayani lintas tersebut, tentunya akan menambah kapasitas angkut juga jumlah perjalanan KRL di lintas tersebut.

Meskipun demikian, jadwal perjalanan di lintas Serpong masih belum bisa dipadatkan dengan perjalanan KRL seperti di lintas Bogor, mengingat jalur yang berbagi dengan kereta api (KA) penumpang lokal dan KA jarak jauh serta sistem persinyalan yang masih menggunakan Sistem Blok Tertutup, mengakibatkan satu petak jalan antar stasiun hanya dapat dilalui satu rangkaian kereta saja dengan arah yang sama.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.